in

Pengen Jadi CIA? Ini Lho Syarat-Syarat yang Harus Kamu Penuhi

Menurutmu apa sih pekerjaan paling keren di dunia ini? Dokter? Tentara? Atau presiden? Semua pekerjaan itu keren, tapi tidak bisa dipungkiri ketika kita menonton film James Bond atau Da Vinci Code, kita melihat agen rahasia sebagai pekerjaan paling keren di dunia.

Sekali saja seumur hidup, kita pasti pernah membayangkan diri sebagai agen rahasia. Faktanya, pekerjaan itu bukan fiksi, lho. CIA selalu membuka lowongan bagi yang ingin menjadi agennya. Lalu, apa saja yang butuh kamu persiapkan sebelum melamar pekerjaan sebagai agen elit Amerika tersebut?

Fasih Berbahasa Asing

Fasih berbahasa asing [Image Source]
Buat jadi seorang agen CIA, kemampuan bahasa Inggris saja sih masih seujung kuku. Wajib hukumnya menguasai beberapa bahasa internasional lagi. Mungkin Bahasa Prancis dan Spanyol karena dua bahasa itu juga termasuk bahasa Internasional. Atau mungkin Mandarin supaya kamu lebih mudah akrab dengan etnis Tionghoa saat berurusan dengan mereka.

Tubuh dan Mental Fit

Tubuh dan mental harus fit [Image Source]
Kerjaan agen CIA tidak hanya duduk di depan komputer atau rapat di sana sini, tapi juga menguntit dan mengejar buruan. Untuk itu dibutuhkan tubuh yang fit dan cekatan. Kamu bisa latih tubuhmu dengan rajin berolahraga. Kalau kamu malas berolahraga, yaa lupakan saja pekerjaan sebagai agen CIA. Oh iya, nggak cuma tubuh saja yang harus fit, mental kamu juga harus fit. Dibentak, dibenci seseorang, atau berpisah lama dengan keluarga harus menjadi sesuatu yang biasa buat kamu. Jangan sampai berkecil hati hanya karena urusan-urusan kecil.

Logika dan Analisis

Jago logika dan analisis [Image Source]
Kalau kamu pandai matematika dan komputer, apalagi mampu menge-hack database, maka kamu punya kemampuan yang dicari oleh CIA! Sebagai agen CIA, kamu harus memiliki kemampuan logika dan analisis yang tinggi.

IPK Tinggi

Ilustrasi pinter [Image Source]
Apa yang menjadi pertimbangan CIA untuk memperkerjakan mereka yang memiliki IPK tingi bukan karena itu menunjukkan tingkat kecerdasan, tapi menunjukkan ketekunan dan seberapa fokus orang tersebut pada pekerjaannya. IPK bukanlah satu-satunya pertimbangan CIA untuk merekrut seseorang. Meski dia memiliki IPK tinggi, tapi punya skill bahasa yang luar biasa, ia masih memiliki kesempatan.

Bisa Menjaga Rahasia

Bisa menjaga rahasia [Image Source]
Pekerjaan CIA tidak pernah diceritakan ke publik. Semuanya bersifat rahasia. Kalau kamu punya mulut ember, mending nggak usah berharap bisa jadi agen CIA karena proyek kamu bakal gagal semua. Untuk kerja di CIA tidak hanya harus pandai menjaga rahasia, tapi juga harus bisa mengorek rahasia. Menantang banget, ya!

Kemampuan Akting

Kemampuan akting [Image Source]
Untuk mengorek informasi, kamu nggak bisa menyebut kamu agen CIA begitu saja. Kamu harus berpura-pura menjadi wisatawan atau pelanggan sebuah toko. Untuk itu dibutuhkan kemampuan akting supaya identitas aslimu nggak ketahuan.

Berkepribadian Menarik

Kepribadian menarik [Image Source]
Apa yang kamu lakukan nantinya selalu berhubungan dengan manusia sehingga penting banget untuk memiliki kepribadian yang menarik. Paling tidak kamu ramah dan fleksibel supaya banyak orang yang suka dan percaya padamu. Kamu juga nggak bisa melihat sesuatu sebagai wilayah hitam dan putih. Jangan pernah berpikir  ‘dia salah, aku yang benar’. Selalu ada wilayah abu-abu di antaranya dan kamu harus bisa melihat itu kalau kamu ingin jadi bagian dari CIA.

Kewarganegaraan Amerika

Kewarganegaraan Amerika [Image Source]
Sayangnya, untuk bisa jadi agen CIA, kamu harus jadi warga negara Amerika Serikat terlebih dahulu. Kalau memang kamu berminat banget untuk bekerja di CIA, pastikan kamu mengubah kewarganegaraanmu dari Indonesia menjadi Amerika Serikat. Tentunya, tempat tinggalmu juga harus pindah ke Amerika.

Itulah kriteria-kriteria yang harus kamu penuhi untuk menjadi agen CIA. Susah-susah gampang, ya. Buat kamu yang sekiranya punya kemampuan-kemampuan di atas, jangan ragu-ragu, langsung saja kirimkan lamaran kerja kamu ke CIA!

Written by Aisyah Putri

Leave a Reply

Penjara Venezuela

La Sabaneta, Penjara Suram di Venezuela yang Jadi Mimpi Buruk Napi

Iskandar Zulkarnain, Raja Bijaksana yang Mampu Membendung Kiamat