in

4 Fakta Tentang ‘Susahnya’ Puasa di Negeri Orang

4. Nggak Happening

Di Indonesia puasa dirayakan dengan nuansa yang happening banget. Mulai dari ramainya masjid, banyaknya orang berjualan di sore hari hingga aktivitas yang seperti nggak ada habisnya. Ramadan emang bikin kehidupan orang-orang di Indonesia lebih lively.

Nggak bakal ada hunting takjil di luar negeri [Image Source]
Nggak bakal ada hunting takjil di luar negeri [Image Source]
Namun sayangnya hal tersebut nggak bakal kamu temui di luar sana. Semuanya bakal sama seperti hari biasa. Nggak ada yang berbeda sedikitpun. Mungkin ada sih beberapa perkumpulan komunitas yang bikin Ramadan makin hype. Tapi, sama sekali nggak bisa dibandingkan dengan Indonesia. So, hal-hal seperti ini udah sepatutnya disyukurin, guys!

Baca Juga : 7 Hal Ini Bikin Puasa Hari Pertama Jadi Lancar

Nah, ternyata cukup banyak ya nikmatnya puasa di Indonesia. Nggak harus menahan lapar lama-lama atau menemui cuaca ekstrim. Nuansanya juga mendukung banget, hal-hal yang membatalkan puasa juga seakan lenyap. Pokoknya asik banget! Mungkin para muslim di luar negeri sana tidak selalu bisa merasakan hal-hal semacam ini.

Tapi balik lagi, setiap kondisi berpuasa kalau dijalani dengan iman, insya Allah akan berkah. Jadi, nggak ada alasan nih buat ngeluh puasa, karena di luar sana masih banyak orang yang perjuangannya jauh lebih greget.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

10 Penemu yang Tewas Karena Temuannya Sendiri

Guru Asal China Jadi Pahlawan Untuk Anak-Anak Miskin