in

Inilah 4 Hal yang Membuat Iri Setengah Mati Malaysia Pada Supporter Indonesia

Menjadi seorang supporter bola ternyata punya manfaat sendiri. Selain bisa menjadi sebuah hobi, ketika melihat kemenangan tim yang didukung, rasanya luar biasa senangnya. Jadi bukan hal yang aneh kalau banyak supporter yang rela mengecat badannya atau memakai atribut nyeleneh demi menyemangati tim andalan.

Masih soal supporter, Indonesia terkenal dengan totalitas dari para penggemar bolanya. Sudah banyak negara yang mengaku salut dengan keseriusan fans Indonesia saat mendukung tim andalan. Salah satunya adalah negara tetangga jiran kita. Sampai-sampai mereka “nyontek” beberapa hal yang dilakukan oleh supporter Indonesia. Lalu hal apa saja yang membuat fans bola Malaysia itu kagum? Simak ulasan berikut.

Banyak loh yel-yel tim di Malaysia yang “nyontek” milik Indonesia

Percaya atau tidak beberapa yel-yel dan nyanyian untuk pendukung kesebelasan Malaysia banyak yang menyontek Indonesia. Bukan hanya timnasnya bahkan untuk tim-tim di liga mereka seperti di Selangor dan lain-lain pun banyak ditemukan. Namun seperti biasa, mereka enggan untuk mengakui hal tersebut dan mengklaim itu adalah chant milik mereka.

Malaysia [image source]
Dengan dalih bahwa nyanyian atau yel-yel bersifat universal dan dapat digunakan siapa saja, para supporter Malaysia tidak mau mengalah. Uniknya, ketika chant tersebut dipakai oleh beberapa tim di Thailand, para supporter negeri Jiran itu mengaku bahwa nyanyian penyemangat tim mereka telah dijiplak oleh negara lain. Kalau begini kita orang Indonesia jadi bingung sendiri dibuatnya.

Sportivitas supporter Indonesia yang bikin ngiri

Seperti yang diketahui saat pertandingan piasal AFF tahun 2010 lalu, kelakuan supporter Malaysia benar-benar bikin malu. Masih sangat jelas di ingatan kita mengenai penggunaan laser yang digunakan untuk mengganggu konsentrasi para pemain Indonesia.

pakai laser [image source]
Hal ini jelas benar-benar disayangkan mengingat ini adalah laga antar negara. Akibatnya para supporter Malaysia dinobatkan sebagai pendukung paling buruk yang dalam piala AFF tahun itu. Hal ini jelas berbeda dengan para suporter Indonesia, kalah atau menang adalah sebuah resiko yang biasa. Yang penting mereka dapat mendukung tim kesayangannya.

Banyak orang Malaysia iri dengan meriahnya match di Indonesia

Bukan hanya saat ada laga besar para fans datang ke stadion, untuk pertandingan biasa pun seolah tempat duduk sudah dipesan semua. Bahkan dalam pertandingan persahabatan pun, meriahnya sama seperti saat laga besar. Hal itulah yang tidak ditemui di Malaysia.

Indonesia [image source]
Di sana, untuk pertandingan kecil atau persahabatan, para supporternya lebih memilih untuk melihat dari youtube ketimbang tandang ke stadion. Bagi mereka hal itu tidak penting dan buang-buang waktu. Baru kalau ada pertandingan besar bakal banyak supporter yang hadir. Hal ini pastinya sangat berkebalikan dengan Indonesia, pertandingan kecil ataupun besar, wajib bagi supporter mengawal tim kesayangannya.

Supporter Indonesia dinilai lebih punya rekor baik

Ketimbang negeri jiran, para supporter Indonesia dikenal ramah baik di tandang atau kandang. Hal itu terbukti dari beberapa pertandingan yang dilakukan dengan negara asing, satu sama lain saling menghormati. Berbeda dengan yang terjadi di Malaysia, di negara itu malah banyak catatan buruk dari para fansnya. Selain laser, ternyata banyak pula kegaduhan yang dilakukan oleh supporter negeri jiran itu.

Menggunakan Flare [image source]
Seperti pada pertandingan 2015 saat berlaga dengan Arab, supporter Malaysia menggunakan petasan yang diledakan di lapangan hijau. Akibat ulah nakal para fans ini pertandingan harus dihentikan sementara. Selain itu supporter Malaysia juga kerap kali melakukan perselisihan dengan peggemar tim lain, seperti Vietnam dan Thailand.

Menjadi fans sebuah tim memang punya kesenangan tersendiri, namun demikian jangan sampai berbuat sesuatu yang buruk. Pasalnya nama baik tim yang kita dukung pun bakal ikut tercoreng. Indonesia sudah terkenal dengan supportivitasnya, wajar kalau Malaysia ngiri, kini tugas kita untuk tetap menjaganya.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Bikin Kagum! 4 Driver Ojek Online Usia Senja Ini Lebih Milih Kerja Daripada Minta-Minta

Tampilan Boleh Gimbal, Tapi Suara Pria Ini Ketika Jadi Imam Bakal Bikin Kamu Nangis