in

7 Sup Dengan Bahan Paling Aneh, Berani Makan?

Tiet Cahn (c) listverse
Tiet Cahn (c) listverse

Di musim penghujan seperti ini memang sangat pas untuk membuat makanan yang hangat dan berkuah. Dan mungkin masakan sup bisa menjadi pilihan menu untuk dihidangkan. Selama bertahun-tahun sup telah dipilih sebagai makanan bergizi yang mudah dibuat.

Namun ternyata di beberapa negara di dunia ini terdapat berbagai macam sup yang mungkin akan membuatmu gerah untuk mencicipinya. Meski dijamin memiliki rasa yang enak tapi sup ini memilih bahan-bahan aneh untuk membuatnya. Dan berikut Boombastis rangkum 7 sup enak berbahan aneh di seluruh dunia.

1. Tiet Cahn (Sup Darah Vietnam)

Dan sup aneh pertama datang dari negara Vietnam. Mungkin kalian akan bergidik mendengar bahan dari sup ini. Tiet Cahn adalah sup tradisional yang terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapat yaitu darah mentah. Cukup mudah didapat memang tapi mendengarnya saja mungkin kalian sudah merasa mual.

Tiet Cahn (c) listverse
Tiet Cahn (c) listverse

Darah mentah ini biasanya didapat dari bebek yang kemudian dicampur dengan bahan lain seperti empedal dan ditaburi dengan kacang serta rempah-rempah. Sup ini didinginkan sehingga darah akan menggumpal dan bisa dinikmati setelah membentuk puding. Darah yang menggumpal harus segera disantap sebelum darah kembali larut dalam sup.

Pamor sup ini sempat menurun saat wabah flu burung merebak di Asia. Namun Tiet Cahn masih memiliki banyak peminat. Beberapa orang masih ragu untuk mengonsumsi makanan ini karena khawatir dengan darah mentah yang digunakan sebagai bahan masakan. Ya! Selain itu mungkin beberapa orang terlalu mual untuk mencoba makan ini ya.

2. Sup Dari Kelamin Harimau

Penjuru dunia memang dipenuhi oleh banyak makanan aneh, dan sup satu ini masuk ke dalamnya. Sup ini termasuk dalam sup yang cukup mahal dan langka karena terbuat dari kelamin harimau jantan. Sup ini telah ada selama berabad-abad dalam budaya Asia, dikenal sebagai obat penguat semacam viagra oleh orang-orang jaman dulu.

Sup Penis Harimau (c) listverse
Sup Penis Harimau (c) listverse

Alat vital harimau ini direndam selama 24 jam dengan rempah-rempah, obat khusus serta tulang harimau. Satu mangkuk sup ini bisa dikenakan biaya sampai $400 lho. Harga yang cukup fantastis memang, mengingat harimau adalah hewan langka yang kini hampir punah. Namun uniknya spesies ini masih bisa ditemukan di pasar-pasar Asia. Sebuah survey dari New York, Chinatown mengungkapkan bahwa 60% dari toko-toko mengaku menjual bagian tubuh harimau ini. Namun kalian harus berhati-hati saat membelinya karena beberapa toko ternyata ada yang mengganti kemaluan harimau dengan sapi atau rusa bertanduk untuk dijual.

3. Sup Shirako (Sup Sperma)

Di Amerika sup ini diberi nama sup susu ikan kod dan di Jepang dinamai sup Shirako. Berbahan sama yaitu kantung sperma ikan kod berjenis kelamin laki-laki. Shirako ini disajikan mentah atau dicampurkan dalam sup. Kantung sperma ini dimasak sampai tercampur di dalam sup krim dan menjadi cremy hampir seperti puding.

Sup Shirako (c) listverse
Sup Shirako (c) listverse

Shirako memiliki arti sebagai ‘anak putih’ dan biasanya makanan ini tersaji saat musim dingin. Seperti makanan Asia lainnya yang memiliki khasiat, Shirako juga dipercaya membawa stamina khususnya untuk para pria. Hidangan ini cukup populer di Amerika. Sebuah restoran bahkan mengkhususkan untuk membuat menu ini.

4. Sup Plasenta Rusa

Di negara Cina khususnya di Shanghai kalian bisa mencicipi sup plasenta rusa yang dijamin akan membuatmu nyenyak untuk tidur malam. Tidak hanya itu sup plasenta ini dipercaya juga berkhasiat untuk kesehatan kulit, ginjal dan vitalitas pria. Sup plasenta rusa cukup menjadi tren di negara asalnya. Terbuat dari campuran jamur, bunga, ayam hitam dengan testis yang berwarna hitam juga dan tendon rusa yang kemudian direbus bersamaan sampai matang.

Sup Plasenta Rusa (c) listverse
Sup Plasenta Rusa (c) listverse

Seperti sup lainnya, makanan dari plasenta rusa ini kelihatannya cukup lezat untuk dinikmati. Apalagi plasenta rusa yang kenyal pasti membuat sup ini makin lezat. Sedikit informasi plasenta sendiri adalah organ atau kantung yang menempel di embrio untuk wadah janin selama kehamilan pada mamalia. Darah akan mengalir dari ibu ke janin melalui plasenta, ini juga membantu janin mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup. Jadi bisa dibilang plasenta adalah limbah yang keluar setelah proses melahirkan.

5. Sup Testis Ayam

Sup yang satu ini cukup mirip dengan sup ayam tradisional biasanya. Memiliki aroma kaldu ayam yang kuat dan lezat. Namun yang menjadi pembeda sup ini hanya memakai testis ayam, bukan daging ayam. Sup ini hanya terbuat dari organ tersebut dan sayuran yang dimasak dalam kaldu sampai empuk. Organ ayam jantan itu akan terasa creamy di dalam dan lembut di luar, hampir mirip dengan tekstur tahu hanya saja dengan luar yang sedikit kenyal seperti sosis.

Sup Testis Ayam (c) listverse
Sup Testis Ayam (c) listverse

Beberapa masyarakat ada yang memadukannya dengan telur yang dimasak sampai membentuk konsistensi seperti puding. Namun tetap saja yang menjadi bintang di sup ini adalah testisnya, dan benar bahan ini ternyata memiliki khasiat yang diincar banyak orang. Diantaranya bagus untuk kesehatan kulit bagi perempuan dan meningkatkan stamina bagi para pria. Bagi kalian yang berminat ada varian organ vital hitam dan putih dalam sup ini. Mau mencobanya?

6. Sup Supu

Makanan dinilai enak memang tergantung dari selera masing-masing dan begitupun untuk makanan yang satu ini, Sup Supu. Sup dari Tanzania ini berbahan dari banyak bagian tubuh kambing yang telah disembelih. Sup supu sangat kaya akan bahan, atau bisa kita sebut sebagai pemborosan bahan. Karena dalam satu sup memakai bagian paru-paru, jantung, hati, kepala, perut sapi, usus dan lidah kambing.

Sup Supu (c) listverse
Sup Supu (c) listverse

Mungkin terdengar biasa bagi orang Indonesia, tapi kalian mungkin akan terkejut jika sampai menemukan kuku ataupun bagian ekor. Mungkin sedikit akan mengganggu selera makan kalian. Kuku kambing ini juga ikut dimasak dalam kuali supu yang mendidih. Dengan campuran aneka bahan yang dipakai kalian bisa mendapat banyak variasi organ yang ingin kalian makan. Sup ini biasa dimakan sebagai menu sarapan dan dipercaya mampu menyembuhkan mabuk. Meski enak tapi tampilan dari sup ini benar-benar tidak menarik selera ya.

7. Sup Kelelawar

Sup berikutnya mungkin tidak terlalu buruk karena untuk pengolahannya, melarang bulu kelelawar ikut dimasak. Yap! Seperti namanya sup ini berbahan kelelawar. Makanan yang berasal dari Pulau Palau ini menjadi kelezatan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Sup Kelelawar (c) listverse
Sup Kelelawar (c) listverse

Pulau ini memiliki dua jenis kelelawar, yaitu pemakan serangga dan pemakan buah. Dan untuk sup ini kelelawar pemakan buah dipilih. Kelelawar yang selesai dibersihkan dimasak bersama santan, jahe, rempah-rempah dan direbus selama berjam-jam. Dibeberapa restoran pelanggan bisa memilih kelelawar yang akan langsung dimasak dalam air mendidih. Banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau ini penasaran dengan rasanya dan akhirnya mau mencoba sup ini. Meski berbahan aneh tapi makanan ini dinilai sangat lezat dan membuat nagih. Hanya saja akan sedikit mengganggu melihat sebuah kepala menatap mata kalian di mangkok sup.

Nah itu tadi 7 sup enak dengan bahan aneh yang ada di beberapa negara di dunia. Sup tersebut memang terdengar menjijikan dan sedikit asing bagi kita namun khasiat yang dimilikinya ternyata memang ada. Jika kalian penasaran silahkan mencoba? Tapi kuatkan perut kalian dulu sebelum mual saat menyantap sup enak ini.

Written by titi

Leave a Reply

Backgroundnya Butuh Setting Ulang (c) oddee

5 Foto Hasil Editan Photoshop, Tapi GAGAL!

5 Cara Penyajian Makanan Khas Indonesia Yang Bikin Nikmat Berlipat