Suku Saweng, Pelaut Tangguh dari Tanah Bangka Belitung

oleh VeBee
07:59 AM on Apr 24, 2016

Ada banyak suku yang tersebar di berbagai daerah di negeri kita tercinta ini. Suku-suku ini punya tradisi dan kearifan lokal masing-masing yang patut kita lestarikan.

Salah satu yang unik dan jarang dikenal oleh kita adalah suku Sawang. Mungkin bagi kamu yang pernah membaca karya-karya Anrea Hirata seperti Laskar Pelangi dan 3 seri lainnya, pasti sudah tak asing lagi dengan nama ini. Karena memang, keberadaan suku ini tak jauh dari tempat tinggal Andrea.

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

Nah, kali ini kita akan mengenal sekilas tentang kehidupan, tradisi, dan seperti apa suku Sawang ini di sini.

1. Tak Suka Tinggal Menetap dan Laut jadi Tujuan

Suku Sawang merupakan suku yang telah lama mendiami daerah pedalaman Belitung. Orang-orang yang sebagian besar adalah pendatang dari Riau ini, diperkirakan telah ada di Belitung sejak masa penjajahan Jepang di Indonesia.¬†Dulu sekali, suku ini terkenal hidup secara nomaden (berpindah-pindah tempat) dengan menggunakan perahu sebagai tempat tinggal mereka. Tak salah jika orang Sawang disebut sebgaia “penjaga” laut Belitung.

1. Laut belitung
Laut belitung [ Image Source ]
Saat ini orang-orang Sawang lebih memilih tinggal di laut atau di pesisir pantai, bukan lagi di perahu seperti pendahulu mereka. Orang-orang Sawang seperti tak bisa hidup tanpa laut. Bukan hanya tempat tinggal mereka saja yang di laut, mata pencaharian mereka juga berada di laut. Orang-orang Sawang terkenal sebagai nelayan yang tangguh dan mahir dalam membuat perahu.

2. Tradisi yang Masih Eksis Dilakukan

Keunikan suku Sawang bukan hanya pada hobi mereka yang tak lepas dari laut, tapi juga tradisi. Ya, orang Sawang punya tradisi yang masih terjaga hingga sekarang yaitu Buang Jung. Dalam tradisi ini kita akan melihat perahu-perahu mini yang terbuat dari kayu jeruk antu dan berisi aneka kue, terapung-apung di tengah lautan.

2.Tradisi Buang Jung
Tradisi Buang Jung [ Image Source ]
Buang Jung adalah puncak dari acara-acara yang telah digelar selama sepekan. Setelah upacara ini digelar, maka selama 3 hari masyarakat dilarang untuk ke laut. Buang Jung diadakan sebagai wujud syukur mereka pada Tuhan, sekaligus memohon keselamatan untuk mereka saat melaut dan mencari nafkah.

Saat ini suku Sawang yang mendiami Belitung hanya tersisa 50 kepala keluarga. Mereka bertahan tinggal di Desa Selinsing, kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, atau 10 Km dari pusat kota Manggar. Budaya orang Sawang saat ini juga mulai terkikis oleh modernisasi. Hanya 30% orang Sawang yang menggunakan bahasa Sawang. Generasi penerus mereka juga sudah banyak yang tak melaut. Suku ini di ambang kepunahan.

Sudah semestinya, kita sebagai warga Indonesia, melestarikan suku dan budaya dari negeri sendiri. Seperti suku Sawang yang saat ini jumlahnya sudah mulai berkurang dan tradisinya yang mulai terkikis modernisasi.

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA