in

5 Suku Hebat di Indonesia ini Dikenal Sebagai Penjelajah Samudra yang Perkasa

Sejak zaman dahulu kala, Indonesia memiliki banyak sekali suku yang kondang sebagai raja lautan. Mereka suka sekali melakukan penjelajahan laut dari dari pulau ke pulau lainnya. Bahkan ada yang menyebutkan jika suku-suku yang ada di Indonesia sudah sampai ke negara lain sebelum bangsa Eropa datang dan akhirnya menguasai Nusantara.

BACA JUGA: 5 Fakta Kegeniusan Nabi Muhammad Saat Perang ini Akan Membuatmu Bangga Jadi Umatnya

Dari ribuan suku bangsa yang ada di Indonesia. Ada lima suku yang sejak lama dikenal sebagai raja lautan. Mereka adalah simbol kemaritiman Indonesia hingga kita bisa dengan sangat bangga menyanyikan lagu “nenek moyangku seorang pelaut”. Inilah lima suku hebat asli Indonesia itu.

1. Suku Bugis

Pernah mendengar kapal Pinisi yang dikenal hebat di lautan? Yaph, benar! Kapal itu adalah kapal andalan dari Suku Bugis yang telah ada sejak dahulu kala. Melalui kapal itu, orang Bugis banyak sekali melakukan hubungan dagang dengan banyak bangsa di seluruh dunia.

Kapal Pinisi
Kapal Pinisi [image source]
Kehebatan Suku Bugis dalam hal kemaritiman bisa terlihat dari beberapa bukti sejarah seperti La Galigo. Oh ya, La Galigo adalah karya sastra klasik paling tebal di dunia. Buku ini berisi kisah orang Bugis di masa lalu lengkap dengan sejarah, kebudayaan hingga dongeng-dongeng.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

4 Fakta Seni Ronggeng, Tarian Tradisional Indonesia yang Fenomenal

5 Fakta Kegeniusan Nabi Muhammad Saat Perang ini Akan Membuatmu Bangga Jadi Umatnya