5 Kehancuran ini Akan Terjadi Jika Suhu Bumi Terus Meningkat Tak Terkendali

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Dec 17, 2015

Pemanasan global adalah isu yang sangat besar sejak beberapa tahun silam. Bumi tempat kita hidup ini lambat laun mengalami peningkatan suhu yang sangat signifikan. Mungkin bagi manusia, perbedaan suhu beberapa derajat tidak akan terasa. Namun bagi bumi yang sudah kian rusak ini, satu derajat saja bisa menghancurkan banyak hal.

Inilah lima kehancuran yang akan terjadi (beberapa sudah terjadi) jika suhu di bumi terus meningkat. Mari kita simak bersama-sama agar paham dan mau untuk menanggulanginya bersama-sama. Jika bumi hancur maka manusia juga pasti hancur, kan?

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Naik 1-2 Derajat Celcius

Bagi orang yang ada di sekitar khatulistiwa, kenaikan 1-2 derajat mungkin tidak akan berpengaruh besar. Namun bagi mereka yang hidup di area pesisir akan menderita. 1-2 poin pada termometer saja bisa membuat suhu udara di area pantai atau pesisir menjadi semakin panas. Akibatnya saat musim panas akan banyak orang mengalami dehidrasi akut hingga kematian kerap terjadi pada anak dan orang tua.

Naik 1-2 Derajat Celcius (Terjadi Gelombang panas yang mematikan) [image source]
Naik 1-2 Derajat Celcius (Terjadi Gelombang panas yang mematikan) [image source]
Selain itu, kenaikan dua derajatĀ  akan membuat lapisan es yang ada di gunung mencair dan membuat cadangan air lenyap. Seiring berjalannya waktu jika sampai 2050 pertambahan suhu hingga dua derajat tetap terjadi maka banyak sekali spesies hewan dan tumbuhan akan punah. Persentase untuk menghindari ini sebenarnya lebih dari 90% namun peluang ini bisa menurun jadi 60% ketika efek rumah kaca bekerja selama 10 tahun.

2. Naik 2-3 Derajat Celcius

Saat suhu naik antara 2 hingga 3 derajat Celcius, air laut akan semakin susah menyerap kandungan karbondioksida di udara. Bahkan mereka cenderung melepas karbon ke udara. Begitu pula dengan tanah. Sebelumnya tanah sangat mudah menyimpan unsur karbon. Namun saat suhu udara naik secara signifikan. Tanah pun terpaksa melepaskan karbon ke udara.

Naik 2-3 Derajat Celcius (Es Arktik akan mencair) [image source]
Naik 2-3 Derajat Celcius (Es Arktik akan mencair) [image source]
Akibatnya suhu udara di bumi kian meningkat. Efek rumah kaca semakin tinggi hingga 80% es di laut Arktik akan meleleh dan membuat permukaan air laut dunia meningkat. Belanda akan banjir bandang dan seluruh permukaan negaranya hanyut. Lalu pulau-pulau kecil akan lenyap dalam hitungan tahun termasuk yang ada di Indonesia. Jika sudah pada fase ini maka kesempatan menghindar akan kecil.

3. Naik 3-4 Derajat Celcius

Saat suhu bumi naik hingga 4 derajat artinya permukaan air laut sudah naik sekitar 50 meter. Jika ini terjadi maka seluruh kota pesisir di seluruh dunia akan lenyap termasuk Jakarta. Kenaikan ini akan membuat laut memasuki wilayah kota dengan cepat dan membuat semua orang yang ada di dalamnya terpaksa mengungsi. Secara finansial kerugian juga tak bisa dihitung lagi dengan pasti.

Naik 3-4 Derajat Celcius (Banjir di Jakarta bisa lebih parah dari ini) [image source]
Naik 3-4 Derajat Celcius (Banjir di Jakarta bisa lebih parah dari ini) [image source]
Saat suhu naik dengan sangat hebat seperti ini, maka Amazon akan kehilangan sebagian besar hutannya. Sumatera, Kalimantan, dan hutan lainnya juga akan binasa tanpa harus dibakar terlebih dahulu. Karbon di udara semakin meningkat dan manusia hanya bisa di dalam ruangan jika ingin hidup dengan nyaman. Keluar rumah akan membuat anda terbakar matahari dan keracunan karbon.

4. Naik 4-5 Derajat Celcius

Saat suhu udara di dunia naik hingga 4-5 derajat, seluruh es di kedua kutub akan mencair dengan cepat. Selain itu, semua hutan dan tanaman di dunia dipastikan akan banyak mengalami kematian, hingga menyebabkan manusia kehilangan sumber oksigennya. Jika ini terjadi, maka udara di bumi akan sama dengan udara bumi di 55 juta tahun yang lalu.

Naik 4-5 Derajat Celcius (Hutan Amazon akan lenyap) [image source]
Naik 4-5 Derajat Celcius (Hutan Amazon akan lenyap) [image source]
Bisa dibayangkan seperti apa kekacauan yang ada di bumi ini kan? Saat udara naik dengan sangat signifikan. Maka manusia akan mengalami bencana maha dahsyat. Pengungsi akan berdatangan dari daerah kering ke daerah yang berfasilitas banyak. Perang bisa saja terjadi untuk memperebutkan wilayah yang masih memiliki sumber daya alam. Jika sudah di fase ini, maka manusia tidak akan bisa menanggulanginya.

5. Naik 5-6 Derajat Celcius

Ilmuwan mengatakan jika kenaikan suhu 6 derajat pada bumi akan membawa makhluk hidup pada kepunahan. Artinya manusia kemungkinan besar akan binasa. Udara yang ada di bumi akan kembali ke 144 juta tahun yang lalu. Saat itu dinosaurus lenyap tak bersisa dan bumi menjadi wilayah yang tak memiliki kehidupan apa pun.

Naik 5-6 Derajat Celcius (kembali ke zaman dinosaurus) [image source]
Naik 5-6 Derajat Celcius (kembali ke zaman dinosaurus) [image source]
Jika suhu di bumi sudah naik 6 derajat, maka kiamat sudah dipastikan datang. Permukaan udara sudah dipenuhi oleh gas karbondioksida dan apa saja yang ada di udara akan terbakar. Oksigen dan ozon yang melindungi makhluk hidup dari sengatan UV telah lenyap. Semua makhluk yang ada di bumi akan jadi fosil yang terpanggang.

Itulah lima kehancuran yang akan terjadi jika suhu di bumi terus naik tak terkendali. Dari uraian di atas, sudah seharusnya kita semua manusia mulai menjaga bumi ini dengan baik. Karena jika bumi sudah rusak tak ada cara hebat untuk memperbaikinya menjadi seperti sedia kala.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis
BACA JUGA