in

Suami Puan Maharani Happy Hapsoro yang Jarang Muncul di Publik, Ternyata Pebisnis Handal

Nama Puan Maharani kerap mencuat di media sosial maupun pemberitaan, terutama akhir-akhir ini. Tidak heran, sebab Puan adalah ketua DPR RI yang menjabat sejak Oktober 2019. Namun, bukan karena prestasi, tidak jarang Puan disorot karena kontroversi. Salah satunya adalah Puan pernah mematikan mikrofon anggota DPR RI Fraksi Demokrat Irwan Fecho. Irwan kala itu mengajukan interupsi terkait penolakan pengesahan RUU Cipta Kerja.

Melihat Puan yang kerap disorot kamera, warganet menjadi penasaran dengan sosok suami Puan Maharani yang dinilai jarang terekspos. Hapsoro Sukmonohadi, suami Puan, atau lebih dikenal sebagai Happy Hapsoro merupakan seorang pebisnis yang cukup diperhitungkan. Siapa sebenarnya Happy Hapsoro dan berbisnis di bidang apa? Simak ulasan Boombastis.com berikut ini.

Pernikahan dengan Puan Maharani

Foto pernikahan Puan Maharani dengan Happy Hapsoro. [Sumber Gambar]
Foto pernikahan Puan Maharani dengan Happy Hapsoro. [Sumber Gambar]
Keluarga Happy Hapsoro dapat dikatakan sebagai pebisnis. Sang ayah, Bambang Sukmonohadi, merupakan bos properti dan jasa forwarding. Terkait pernikahan Happy Hapsoro dengan Puan Maharani, tidak banyak yang mengetahui tanggal berlangsungnya pernikahan mereka. Dari pernikahan tersebut, Puan dan Happy dikaruniai dua orang anak bernama Prabawa Diwangkara Caraka Putra Soma dan juga Diah Pikatan Orissa Putri.

Pemegang saham perusahaan migas

Ilustrasi pipa minyak bumi. [Sumber Gambar]
Ilustrasi pipa minyak bumi. [Sumber Gambar]
Happy Hapsoro sempat menjadi komisaris utama PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) pada Juni 2010-Juni 2014. Kini, ia merupakan pemegang saham terbesar RAJA dengan memiliki 32,6% saham RAJA. Perusahaan ini bergerak di bidang minyak dan gas dengan menyediakan infrastruktur gas, perdagangan gas, pembangkit listrik, dan hulu energi. Perusahaan ini berawal dari bisnis properti pada 1993, sampai akhirnya beralih menjadi perusahaan migas pada 2010.

Menjabat sebagai komisaris di berbagai perusahaan

Hapsoro Sukmonohadi atau Happy Hapsoro, suami Puan Maharani. [Sumber Gambar]
Hapsoro Sukmonohadi atau Happy Hapsoro, suami Puan Maharani. [Sumber Gambar]
Selain pernah menjadi komisaris utama di RAJA, Happy pun sempat menjabat sebagai petinggi di beberapa perusahaan. Ia pernah menjadi komisaris operator jaringan hotel Red Planet, PT Red Planet Indonesia Tbk, dan PT Pusako Tarinka Tbk. Selain itu, ia pernah menjabat sebagai komisaris di PT Prima Utama Mandiri, PT Meteor Mitra Mandiri, PT Triguna Internusa Pratama (anak perusahaan RAJA), dan Odira Energy Persada.

Menangani beragam proyek

Happy Hapsoro menangani berbagai proyek, salah satunya adalah ketika ia masih bergelut di bidang properti. Happy diketahui membangun Blossom Residence, sebuah kondominium di area bekas Bandara Kemayoran, Jakarta Pusat. Saat mengelola perusahaan migas, ia melalui RAJA mendapatkan proyek pemasangan pipa minyak bumi dengan nilai investasi sekitar Rp4 triliun dari PT Pertamina Gas (Pertagas).

Puan Maharani, ketua DPR RI. [Sumber Gambar]
Puan Maharani, ketua DPR RI. [Sumber Gambar]
Pendanaan proyek tersebut dibagi 75:25. Sebesar 75 persen didanai oleh Pertagas, sedangkan 25 persen didanai oleh RAJA. Sehingga kalau dihitung, RAJA menginvestasi sekitar Rp1 triliun. Pemasangan pipa minyak bumi tersebut dilakukan dari Lapangan Duri di Blok Rokan, Riau sampai ke tank farm di Dumai. Total panjang pipa minyak bumi sekitar 353 kilometer.

BACA JUGA: Matikan Mikrofon hingga Air Mata di era SBY, Ini 5 Momen Puan Maharani yang jadi Sorotan Rakyat

Itulah sosok Hapsoro Sukmonohadi atau Happy Hapsoro, suami Puan Maharani yang jarang disorot kamera publik. Ternyata merupakan seorang penguasa minyak dan gas yang terpandang.

Written by H

Disebut Tol Paling Angker, Ini 5 Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang

Diduga Ada Residu Pestisida, Ini Fakta Mie Sedaap Ditolak Masuk Taiwan