Kalau kita kulik-kulik lagi, perang yang terjadi di Indonesia sesungguhnya tidak kalah kolosal dengan perang di luar negeri. Pada zaman kerajaan, perang besar pernah berkecamuk dengan sangat mengagumkan. Bahkan meski tanpa tank, pesawat tempur, atau senjata canggih lainnya, kedashyatannya tidak bisa ditampik lagi.

Salah satu perang paling bersejarah pada era kerajaan Nusantara adalah Perang Jawa. Pemberontakan Pangeran Diponegoro pada keraton yang memihak kompeni berlangsung dengan sangat epik. Setidaknya selama lima tahun saja sejak tahun 1825, Belanda harus mengalami banyak kehilangan pasukan dan juga kerugian yang sangat besar.

Meski akhirnya perang dimenangkan oleh Belanda dan Pangeran Diponegoro dibuang ke Sulawesi, kehebatan strategi perang sang pangeran menjadi inspirasi banyak orang. Di era modern inspirasi dari perang dan pangeran akhirnya terlahir dalam bentuk game dengan nama Struggle of Indonesia. Berikut kisah tentang game yang sangat seru ini.

Game Simulasi dan Strategi Berdasarkan Sejarah

Sebenarnya Struggle of Indonesia bukanlah game rilisan resmi yang dibuat oleh perusahaan besar. Game ini adalah modifikasi pengembang dalam negeri yang ingin memasukkan elemen Indonesia dalam game bertema sejarah ini. Dirilis beberapa hari lalu, game modifikasi ini langsung menjadi serbuan banyak orang penggila Age of Empire III.

Game Simulasi dan Strategi Berdasarkan Sejarah [image source]
Struggle of Indonesia bisa dimainkan pada game Age of Empire III. Dengan modifikasi yang ada. Game yang seharusnya hanya berisi peradaban India, Jepang, dan Tiongkok ini memasukkan salah satu unsur penting dari Indonesia. Game ini menyajikan Perang Jawa atau Diponegoro dengan lebih menarik sehingga bisa dimainkan oleh siapa saja.

Memasukkan Unsur Indonesia yang Kental

Game simulasi real-time ini tidak hanya menyajikan storyline yang menarik untuk diikuti saja. Lebih dari itu, game ini juga menyajikan cukup banyak unsur Indonesia terutama Jawa yang sangat kental. Musik yang digunakan sebagai latar belakang menggunakan gamelan Jawa yang dimainkan dengan sangat merdu. Dengan memainkan game ini, kamu bisa dibawa masuk ke peradaban Jawa zaman Mataram Islam yang akhirnya pecah menjadi Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta.

Memasukkan Unsur Indonesia yang Kental [image source]
Oh ya, selain hadirnya musik Jawa berupa gamelan, pengguna game ini juga mengatakan kalau fitur perintah menggunakan Bahasa Jawa. Apa yang ada di sana benar-benar cerminan apa yang terjadi di masa itu mulai dari budaya, bahasa, hingga musik gamelan yang kental dan bisa membuat siapa saja lebih enjoy memainkannya.

Game Lokal yang Patut Dihargai dan Dikembangkan

Meski dikembangkan oleh orang Indonesia, modifikasi dari game Age of Empire III ini sangat mengagumkan. Semua sistem yang ada menggunakan apa yang ada di Indonesia. Misal saat perang, senjata yang digunakan adalah bambu runcing, pedang, tombak, atau panah. Oh ya, selain senjata, game simulasi ini juga memasukkan unsur menanam di sawah, menambang, dan memancing.

Game Lokal yang Patut Dihargai [image source]
Saat ini game yang dikembangkan oleh orang Indonesia ini masih modifikasi. Namun, bukan tidak mungkin di tahun-tahun mendatang akan ada game besar buatan dalam negeri dengan seting lokal yang mendunia. Indonesia terlalu cantik untuk tidak dibeberkan ke dunia dalam bentuk wisata dan game tentu saja.

Inilah sekilas ulasan tentang game Struggle of Indonesia yang dibuat oleh anak negeri. Semoga kreativitas anak Indonesia terus menanjak tinggi dan apa yang mereka dilakukan dihargai oleh bangsanya sendiri. Kalau kita tidak menghargainya, bagaimana dengan orang di negara lain? Iya, tidak?