5  Start Up Terbaik Buatan Lokal ini Jadi Bukti Indonesia Bukan Cuma Negara Pengekor

oleh Rizal
07:00 AM on Mar 19, 2016

Masyarakat Indonesia adalah salah satu pasar konsumen terbesar di dunia. Dalam hal apa pun termasuk pelanggan dari start-up-start-up yang ada di dunia. Sangat disayangkan sebenarnya, kita memperkaya bisnis orang lain padahal potensi jutaan konsumen ini bisa lho bikin Indonesia makmur. Nah, ketika banyak orang Indonesia hanya mau sebagai pengguna saja, ada orang-orang yang tak mau jadi pengekor.

Inilah orang-orang cerdas Indonesia yang kemudian bikin start-up sendiri dan sukses luar biasa. Produk bisnis mereka sangat oke dengan ide-ide yang unik serta bermanfaat besar. Bahkan beberapa juga menonjolkan fitur-fitur yang merangkul masyarakat lokal alias Indonesia banget.

Baca Juga
Cowo Wajib Tau: 4 Langkah Jitu Ini Wajib Kamu Lakukan Biar Hasil Vlogmu Keren Kayak Para Vlogger Terkenal
Cowo Wajib Tau: Ini Lho 4 Smartphone Kece yang Nggak Kalah dari iPhone 8

Lalu, seperti apa sih deretan start-up kebanggaan ini? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Kakatu, Aplikasi Monitoring Anak Biar Tetap Bisa Dikontrol

Internet dan gadget memang bermanfaat bagi anak, tapi itu juga bisa jadi bumerang. Percaya atau tidak, 8 dari 10 anak di Indonesia pernah mengakses konten dewasa dan juga hal-hal yang berbau kekerasan. Kenapa bisa begitu? Salah satu faktor utamanya adalah tidak adanya kontrol dari orangtua mengenai penggunaan gadget dan internet. Dengan berbekal alasan ini, kemudian sebuah start up asal Bandung membuat sebuah aplikasi bernama Kakatu.

Kakatu [Image Source]
Kakatu [Image Source]
Apps ini berfungsi untuk mengontrol gadget dan internet yang digunakan oleh anak. Lebih dalam, aplikasi ini akan memblokir aplikasi atau games yang berpotensi memberikan bahaya. Selain itu, Kakatu bisa dipakai sebagai timer penggunaan gadget. Fitur lainnya, orangtua bisa melihat aktivitas terakhir si anak. Soal keamanan, apps ini dilengkapi PIN sehingga tidak bisa diakses oleh anak. Apps gratis ini sudah diunduh lebih dari 500 ribu user. Keren!

2. X-Igent, Apps yang Bisa Bikin Kita Selalu Aman

Kejahatan bisa terjadi kapan pun termasuk pada waktu yang sama sekali tidak kita duga. Makanya, kita harus selalu siap sedia dalam kondisi apa pun. Tak hanya dengan bekal beladiri saja, tapi lengkapi juga dengan apps security satu ini. X-Igent, apps ini akan membuat kita selalu aman.

Aplikasi X-Igent [Image Source]
Aplikasi X-Igent [Image Source]
Secara konsep, X-Igent adalah apps message broadcasting darurat yang bisa dikirim ke kontak yang kita masukkan. Jadi, ketika terjadi sesuatu yang membahayakan, lalu kita kirim SOS, maka orang-orang akan tahu jika terjadi hal-hal yang berbahaya terhadap kita. Uniknya, trigger-nya bisa di-customize hanya dengan menekan kombinasi tombol-tombol fisik smartphone. Sehingga pesan SOS bisa tersampaikan dengan cepat. Apps ini juga terintegrasi dengan Bandung Command Center.

3. Modegi, Smart Home System Buatan Lokal yang Oke Punya

Pernah lihat rumahnya Tony Stark si Iron Man? Keren ya kalau punya yang seperti itu. Lampu-lampu menyala otomatis, AC berhembus dengan sendirinya, dan lain sebagainya. Percaya atau tidak, ada lho developer asal Indonesia yang bisa membuat hal yang seperti itu. Namanya adalah Modegi.

Modegi [Image Source]
Modegi [Image Source]
Ini adalah semacam smart home system yang bisa mengautomasi apa pun perangkat rumah. Mulai lampu, AC, pintu dan sebagainya. Uniknya, sistem ini bisa dikontrol hanya lewat smartphone saja. Memang sudah banyak, system smart home di dunia. Tapi, yang benar-benar rasa asli Indonesia ya cuma Modegi.

4. DecaDeco, Situs Penjualan Furniture yang Keren

Memang sudah banyak situs penjualan di Indonesia, tapi yang menjual barang-barang khusus masih sangat jarang. Berangkat dari ini kemudian terciptalah DecaDeco, sebuah situs penjualan furnitur pertama dan paling lengkap di Indonesia. Segala macam barang penghias rumah bisa kita temukan di sini, tentu saja dengan harga-harga yang terjangkau plus kualitas yang mumpuni.

Antar muka DecaDeco [Image Source]
Antar muka DecaDeco [Image Source]
Mekanisme pembeliannya pun sama seperti yang lain. Kita pilih-pilih barangnya lalu transfer uangnya dan barang akan segera dikirim ke alamat tujuan. Kadang kita juga bisa mendapatkan potongan-potongan pada momen dan barang tertentu. Sekarang tak perlu capek lagi ke tukang kayu atau mebel, tinggal tengok saja di DecaDeco.

5. Mari Perkaya Diri Dengan Sasbuzz

Bukan, Sasbuzz bukanlah aplikasi downloader saldo rekening, melainkan sebuah apps online marketing yang paling dicari saat ini. Makanya, apps ini bisa bikin kita kaya. Dalam jual beli barang atau jasa, marketing adalah bagian paling penting. Sasbuzz mewadahi hal tersebut dengan cara yang sangat keren dan kekinian yakni lewat media sosial Twitter.

Sasbuzz [Image Source]
Sasbuzz [Image Source]
Kita hanya perlu memasukkan keyword lokasi, maka Sasbuzz akan mendeteksi pengguna Twitter aktif di daerah tersebut. Lalu, kita tinggal memasarkan barang atau jasa via Twitter. Cara ini terbukti ampuh dan sudah banyak pengguna Sasbuzz yang benar-benar puas akan kerja aplikasi ini. Ke depannya, Sasbuzz yang dikembangkan dua founder asal ITB ini akan merambah ke Facebook.

Apps yang sangat keren ini semuanya adalah buatan anak-anak Indonesia. Secara kualitas, konsep dan eksekusinya sama baiknya seperti start-up di luar negeri sana. Kabar baiknya, di perkirakan di tahun-tahun mendatang akan makin banyak start-up keren yang akan bermunculan di Indonesia. Yuk, bangga pakai start-up dalam negeri!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA