Indonesia mungkin memang hanya peringkat 14 dunia dalam hal militer, tapi bukan berarti kita lemah. Indonesia punya begitu banyak potensi untuk menjadi hebat, terutama jika dilihat dari tentaranya. Seperti yang kamu tahu, Indonesia tak hanya memiliki tentara dengan jumlah yang lumayan (peringkat 10 dunia), tapi juga kualitasnya yang oke. Termasuk di dalam sana adalah para pasukan elit kita yang super gahar itu.

Artikel Lainnya
Ciptakan Warna Tersendiri, 10 Potret Gadis Tribune Ini Membuat Piala Dunia Lebih Menarik
Waspada! 4 Penyakit Kronis Ini Akan Muncul Jika Makan Daging Ayam yang Masih Ada Darahnya

Berbicara soal pasukan elit, Indonesia sangat ditakuti dunia. Tercatat hampir semua pasukan elit kita pernah bikin tercengang. Apalagi Denjaka yang tak karuan itu.  Pasukan satu ini begitu luar biasa dengan kualitasnya yang sungguh tidak main-main. Navy SEAL pun mungkin bisa dikatakan masih di bawah mereka untuk kualitas. Denjaka hebat, tapi bukan satu-satunya di dunia yang paling jemawa. Ada satu lagi pasukan elit yang tak banyak diceritakan tapi juga tak kalah gahar. Namanya adalah Special Services Group alias SSG. Pasukan ini berasal dari Pakistan.

Tidak begitu terkenal, tapi pasukan satu ini sungguh luar biasa. Soal kualitas, mereka sangat mumpuni dan berada di level tertinggi. Dan tak hanya itu, mereka ini punya begitu banyak kelebihan yang bikin negara lain was-was. Lebih jauh soal SSG, berikut adalah fakta-fakta pasukan elit gahar tersebut.

Pasukan Elit Dengan Anggota yang Membludak

Adalah hal yang lazim kalau sebuah pasukan elit itu jumlahnya sedikit. Alasannya tentu karena proses seleksi yang luar biasa ketat. Hampir semua satuan elit di dunia seperti ini alias beranggotakan sedikit orang, tapi hal tersebut tidak terjadi di SSG. Diketahui pasukan elit ini jumlah anggotanya sangat banyak.

Pasukan elit dengan jumlah anggota membludak [Image Source]
Pasukan elit dengan jumlah anggota membludak [Image Source]
Jumlah anggota SSG itu ada sekitar 8 batalion yang masing-masingnya berisi sekitar 700an orang. Jadi, total keseluruhan adalah 5.600 orang. Pasukan elit dengan jumlah sebanyak ini setara dengan sekitar 10-20 ribu tentara biasa. Ya, tentara elit itu hitungannya beda, karena satu orang sama dengan beberapa pasukan pasukan standar.

Susahnya Masuk Menjadi Anggota SSG

Meskipun didiami oleh begitu banyak orang, namun bukan berarti masuk SSG sama seperti melamar ke kesatuan biasa. Ada serangkaian tes untuk itu dan rumor mengatakan ujian masuk SSG adalah hal yang benar-benar susah. Cakap, sehat, punya skill tinggi pun tidak mesti bakal bisa diterima di sini.

Tidak mudah untuk masuk SSG [Image Source]
Tidak mudah untuk masuk SSG [Image Source]
Untuk bisa bangga memakai seragam SSG, seseorang harus melewati banyak hal. Mulai dari tes dasar, fisik, intelijen dan lain sebagainya. Tesnya sendiri tidak hanya satu atau dua kali tapi ada banyak dan bertahap. SSG membutuhkan tentara elit dengan kemampuan yang benar-benar luar biasa. Makanya, dari sekian banyak peserta, mungkin hanya lima persen saja yang bakal diterima karena memang layak.

Latihan Neraka Ala SSG

Sama seperti pasukan elit lainnya, SSG memiliki menu latihan yang cukup ekstrem bahkan untuk level tentara elit sekalipun. Untuk latihan umum yang berfokus pada fisik, mereka biasanya melakukan march alias perjalanan jauh. Umumnya,  para march ini mereka akan melakukannya selama 12 jam penuh. Untuk selingan, biasanya para SSG latihan lari 20 menit dengan membawa perlengkapan penuh. Mulai senjata sampai ransel dan sebagainya.

Latihan neraka SSG [Image Source]
Latihan neraka SSG [Image Source]
Untuk latihan khususnya, biasanya SSG menjalani beberapa tipe training. Misalnya latihan terbang di SSG Airborne School atau kursus bela diri di Pakistan Military Academy. Soal porsi tentu saja punya mereka lebih berat dari tentara biasa. Tak hanya fisik, mereka juga digembleng untuk cakap dalam hal-hal yang berhubungan dengan inteligensi.

Kemampuan Dewa Para SSG

Dengan kualifikasi dan latihan macam itu, tentu tidak heran kalau SSG pada akhirnya jadi pasukan elit yang luar biasa hebat. Mereka ini ibaratnya seperti pasukan elitnya tentara khusus di mana kemampuannya sungguh mematikan dan ada semacam garansi tidak gagal. Makanya, kemudian hal ini membuat mereka disandingkan di tempat tertinggi ketika dikomparasikan dengan pasukan elit lainnya.

Kemampuan hebat SSG [Image Source]
Kemampuan hebat SSG [Image Source]
Businessinsider pernah menuliskan pasukan elit paling gahar di seluruh dunia. Seperti yang kamu duga, dalam daftar tersebut terpancang nama-nama beken macam Navy SEAL Amerika, GIGN-nya Prancis, sampai SAS Inggris. Uniknya, pemuncak dari daftar ini bukan satu di antara tiga pasukan elit itu, melainkan SSG. Hal ini jadi salah satu bukti jika pasukan khas Pakistan ini sungguh luar biasa.

Dibekali dengan Persenjataan Super Canggih

Meskipun jarang dibicarakan apalagi dipuji, namun diam-diam militer Pakistan adalah salah satu yang paling hebat di dunia. Mereka unggul satu peringkat dengan Indonesia dengan berada di posisi 13. Soal militer Pakistan memang tak pernah main-main, makanya kemudian tak mengherankan kalau SSG begitu dimanjakan dengan berbagai peralatan.

Dibekali senjata perlengkapan maut [Image Source]
Dibekali senjata perlengkapan maut [Image Source]
Dari sisi senjata, SSG dibekali dengan begitu banyak senjata mematikan. Sebut saja saja M4 Carbine untuk senapan serbunya, lalu Steyr AUG untuk misi counter teroris dan Barrett M82 yang dipakai oleh sniper mereka. Semua senjata ini begitu maut dan tidak main-main. Selain senjata, mereka juga didukung dengan banyak gear mumpuni dari atas sampai bawah.

SSG, pasukan ini memang luar biasa. Meskipun tidak banyak dikenal, tapi sungguh memiliki kemampuan yang sangat menakutkan. India yang saat ini sedang panas dengan Pakistan, sebaiknya waspada dengan SSG. Pasalnya, dengan kemampuannya yang luar biasa pasukan ini mungkin saja menghajar habis-habisan negara Bollywood itu.