Gara-gara Orang Ini, Banyak SPAM Bertebaran di Dunia Maya

oleh Tetalogi
07:00 AM on Feb 18, 2016

Yang hobi berselancar di dunia maya pasti ngerti apa itu SPAM. Buat yang nggak ngerti, SPAM bisa dikatakan sebagai pesan bisa berupa email atau postingan di manapun yang dikirim dalam jumlah begitu banyak dan disebarkan kepada siapa saja di dunia maya.

Kamu pasti pernah kan mendapatkan email dengan isi yang nggak jelas, atau komentar facebook yang meminta mengunjungi ke website tertentu dengan iming-iming menawari pekerjaan, hadiah, game seru dan sejenisnya? Nah, yang seperti ini biasanya juga termasuk spam, apalagi kalau isinya memang sama semua. Tapi, tahukah kamu siapa sih sebenarnya yang membuat SPAM pertama kali?

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Pria yang Pertama Kali Mengirimkan SPAM

Orang yang pertama kali mengirimkan SPAM adalah Gary Thuerk, seorang Marketing Manager perusahaan komputer asal Amerika. Yang namanya manajer bidang marketing, Gary harus pintar-pintar mencari cara untuk memasarkan produk perusahaan tempat ia bekerja.

Gary Thuerk [Image Source]
Gary Thuerk [Image Source]
1 Mei 1978, Gary Thuerk mengirimkan e-mail SPAM massal pertama dalam sejarah yang dikirim ke 400 orang. Tapi tentu saja, saat itu ia cuma menganggapnya sebagai e-marketing saja karena ingin bisa menjangkau orang sebanyak mungkin tentang produk komputer terbaru perusahaannya.

Taktik yang Membuatnya Diprotes

Yang namanya e-mail SPAM, e-mail tersebut dikirim kepada sembarang orang apapun latar belakangnya. Nah, e-mail seperti itu juga biasanya juga tidak diharapkan oleh kebanyakan orang yang menerimanya. Gara-gara tindakannya itulah, ia kebanjiran banyak protes.

Ilustrasi spam [Image Source]
Ilustrasi spam [Image Source]
Salah satu protes yang paling epic disampaikan oleh seorang pria dari Universitas Utah. Menurutnya, begitu ia tiba di kantor pagi hari, komputernya tidak bisa digunakan gara-gara email spam tersebut memenuhi kapasitas disk komputernya. Gary Thuerk dipanggil atasannya dan langsung dimarahi habis-habisan. Ia juga diminta berjanji agar tidak lagi mengirimkan SPAM.

Meski Banyak Protes Ternyata Berhasil

Meskipun mendapatkan banyak protes dari berbagai pihak, ternyata taktik yang dilakukan Gary Thuerk itu berhasil. Sebagian orang yang menerima email tersebut ternyata kemudian benar-benar membeli produk yang ia jual.┬áBerkat SPAM tersebut, penjualan komputer perusahaan tempat Gary bekerja bisaa menjual hingga senilai 13 sampai 14 juta dollar. Mungkin karena itu juga, taktik yang dibilang “menyebalkan” ini kemudian diteruskan oleh para e-marketer lainnya.

SPAM [Image Source]
SPAM [Image Source]
Karena “inovasi”-nya ini, Gary Thuerk kemudian dianggap sebagai bapak SPAM. Meski begitu, ia sendiri lebih suka disebut sebagai seorang e-marketer dan ia juga tidak tahu bahwa cara yang ia gunakan tersebut akhirnya ditiru banyak orang. Bahkan menurut sebuah survey yang dilakukan oleh Progressive Policy Institute pada Juni 2007, 90 persen e-mail yang dikirim di seluruh dunia saat ini adalah SPAM.

Hmmm… SPAM sekarang ini memang nggak cuma email saja. Tapi bisa juga lewat komentar di postingan sosial media. Kita bisa mengurangi SPAM ini dengan melaporkan akun-akun yang melakukan hal tersebut. Tapi jika ingin lebih efektif, kamu bisa mencoba membuat akunmu menjadi privat dan hanya menerima rikues pertemanan dengan orang yang kamu kenal saja.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Dibangun Mewah Berjuta-juta, TKW Ini Robohkan Rumah Barunya dengan Alasan yang Ngelus Dada Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia
BACA JUGA