5 Hal Receh yang Sering Dibagikan di Sosmed Ini Ternyata Bisa Mengancam Keamananmu

Sepele sih, tapi kalau dilakukan berlebihan berbahaya juga

oleh Sastranagari
08:00 AM on Jun 30, 2017

Bermain sosial media menjadi kegiatan yang mengasyikkan. Ada sensasi tersendiri ketika apa yang kita bagikan di sosmed mendapat reaksi dari banyak orang. Entah itu dalam bentuk like, komen, atau sekedar dilihat banyak orang saja.

Reaksi tersebut membuat kita menginginkan hal yang lebih. Kita akan semakin rajin membagikan apa saja yang kita lakukan, demi mendapat reaksi dari teman-teman di dunia maya. Sampai-sampai hal yang kita lakukan berlebihan, seperti misalnya mengunggah tiket perjalanan. Kalau nggak hati-hati data yang ada di tiket tersebut disalahgunakan oleh orang yang nggak bertanggung jawab. Selain itu, apa lagi sih hal remeh yang bisa merugikan kita kalau sampai diposting di sosmed?

Baca Juga
Missileers, Serdadu “Emak-emak” Amerika yang Bisa Bikin Dunia Kiamat Dalam Sekejap
Rochy Putiray, Pesepak Bola Indonesia yang Pernah Bikin AC Milan Ampun-ampunan

1. Mengunggah Tiket Pesawat Ke Sosial Media

Saat liburan, kita nggak sabar ingin memamerkan kegiatan kita di sosial media. Segala macam hal mengenai keberangkatan, kita posting di sosial media. Mulai dari persiapan, packing, hingga tiket pesawat kita posting. Eits, tunggu dulu!

Posting tiket di sosial media [image source]
Memposting tiket pesawat ke sosmed bisa merugikanmu lho. Di tiket tersebut terdapat kode booking yang bisa diretas oleh pihak yang nggak bertanggung jawab. Kalau berhasil diretas, mereka ini bisa mengubah tiketmu sekehendak hati. Parahnya lagi, mereka bisa tahu data pribadimu seperti kartu kredit, alamat lengkap, dan nomor telepon. Bahaya banget kan?

2. Berbagi Lokasi di Sosial Media

Membagikan lokasi di sosial media dianggap perbuatan yang sepele. Sharing lokasi tersebut juga bisa membuat prestisemu meningkat. Namun, lain kali perlu kamu pikir masak-masak saat ingin berbagi lokasi di sosial media.

Share location [image source]
Dengan membagikan lokasi, celah privasimu terbuka lebar. Orang lain jadi tahu di mana kamu berada. Ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang nggak suka denganmu. Selain itu, kamu juga memberi tahu banyak orang kalau kamu sedang nggak berada di rumah. Informasi ini akan berbahaya jika jatuh ke tangan orang jahat.

3. Membagikan Foto Identitas Pribadi di Sosial Media

Passport [image source]
Punya KTP, paspor, SIM baru pasti rasanya sangat menyenangkan. Siapa sih yang nggak suka menunjukkan barang baru? Sedikit banyak pasti kita ingin orang lain tahu dong ya. Namun, kalau ingin berbagi kartu identitas baru ada baiknya dipikir berulang kali. Membagikan identitas pribadi di dunia maya sangat berbahaya. Identitas yang kamu bagi bisa disalahgunakan orang lain untuk melakukan kejahatan.

4. Mengunggah Foto Anak

Bagi pasangan muda, memiliki anak adalah sebuah anugerah yang tak terkira. Hal membahagiakan tentunya layak dong untuk dibagi ke teman di jejaring sosial. Tanpa pikir panjang lagi foto anak lah yang akhirnya menghiasi linimasa.

Share foto anak [image source]
Mengunggah foto anak sebaiknya nggak dilakukan sering-sering, karena akibatnya bisa fatal. Anak bisa menjadi korban penculikan atau pemerkosaan. Sudah banyak kasus yang menimpa anak selebriti yang menjadi korbannya, salah satunya Ruben Onsu.

5. Menuliskan Nomor Telepon di Sosial Media

Nomer telepon [image source]
Nomor telepon pribadi adalah hal yang sensitif. Kalau sampai banyak orang mengetahui nomor telepon kita, maka bahaya bisa mengintai. Saat ini sering sekali orang tak bertanggung jawab yang menggunakan nomor telepon kita untuk keuntungan mereka. Mereka berpura-pura menjadi anggota keluarga kita yang kecelakaan dan meminta transfer sejumlah uang. Modus lainnya penipuan lewat nomor telepon ini banyak sekali. Jadi, kita harus berhati-hati.

Nggak ada salahnya bermain sosial media, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar keselamatan kita terjaga. Jangan sampai kita rela melakukan apa saja hanya demi dilihat dan disukai banyak orang. Ingat, yang namanya dunia maya tak semuanya nyata.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren! Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa
BACA JUGA