Gempa dan tsunami yang mendera Palu beberapa waktu lalu membuat seluruh Indonesia berbondong-bondong untuk memberikan bantuan. Mulai dari rakyat biasa hingga para pejabat penting. Salah satunya adalah Calon Wakil Presiden Nomor urut satu yang bernama Ma’ruf Amin.

Di acara Konser Nasyid dan Salawat yang diadakan di Istora Senayan tersebut, suami dari Wury Estu ini memberikan bantuan untuk korban dari gempa dan tsunami di Palu. Namun caranya cukup unik, ia melelang sorban miliknya kepada para peserta yang menghadiri acara tersebut. Siapa yang menawar dengan harga tertinggi, sorban akan diberikan secara langsung olehnya.

Sorban Ma’ruf Amin [Sumber Gambar]
Pertama-tama, sorban tersebut dibuka dengan harga awal yaitu Rp30 juta. Banyak dari peserta yang menginginkan sorban tersebut sehingga penawaran berlangsung begitu lama. Tapi akhirnya, lelang benda kesayangan dari Ma’ruf Amin ini ditutup dengan harga Rp125 juta dan berhasil dimiliki oleh Nasyith Majid. Pria tersebut bukan tanpa alasan menawar sorban dengan harga yang cukup tinggi. Menurutnya sorban tersebut bisa dijadikan identitas dan ada berkahnya dari Ma’ruf Amin. Sehingga ia juga berharap kalau kain penutup kepala tersebut bisa membawa berkah bagi Bangsa Indonesia.

Nah, berbicara tentang sorban, banyak netizen bertanya mengapa benda tersebut yang dilelang. Ya alasannya karena seluruh warga Indonesia tahu kalau sorban itu adalah benda kesayangan dari Ma’ruf Amin. Akhirnya, Ma’ruf Amin mengemukakan alasannya di hadapan para wartawan.

Penyerahan sorban [Sumber Gambar]
Ayah dari Siti Haniatunnisa ini mengungkapkan jika sorban ini pernah ia pakai ketika menjadi saksi persidangan. Pada waktu itu, beliau tidak menjelaskan sidang apa yang dimaksud. Tapi menurut penelusuran, ternyata Ma’ruf Amin pernah menggunakan kain tersebut ketika menghadiri persidangan penistaan agama dari Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Selanjutnya, ia juga menyebutkan jika sorban ini sudah menemaninya selama bertahun-tahun. Bahkan di beberapa acara penting, Ma’ruf Amin juga menggunakan benda kesayangannya ini. Misalnya saja bertemu dengan presiden dan wakilnya dan juga ulama-ulama luar negeri. Bisa dibilang, sorban ini juga menjadi saksi dari perjalanan politik mantan Ketua MUI tersebut.

Pemilik sorban [Sumber Gambar]
Jadi, sorban yang telah dilelang ratusan juta tersebut ternyata memiliki makna. Bahkan, benda penutup kepala itu menjadi teman setia dari Ma’ruf Amin. Sehingga meskipun dilelang dengan harga di atas Rp125 juta pun rasanya tidak masalah karena sejarahnya ini. Selain itu, uangnya pun juga tidak untuk diri sendiri, tapi guna membantu korban dari bencana yang ada di Palu dan sekitarnya. Semoga berkah ya uangnya..