Inilah 3 Alasan Kenapa Smartphone Malah Menjadi Masalah Bagi Manusia Abad 21

oleh Tetalogi
10:00 AM on Dec 22, 2015

Kita semua tahu smartphone memberikan manusia begitu banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan teknologinya, kita bisa terhubung dengan siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Hiburan berupa video, musik, games, internet, dan lainnya menjauhkan manusia dari rasa bosan.

Ironisnya, yang jauh jadi dekat, yang dekat malah jadi jauh. Jika perusahaan komunikasi menekankan apa yang bisa dilakukan dengan teknologi smartphone, apa yang dilakukan Ogilvy Communications justru sangat berbeda. Mereka menunjukkan betapa smartphone sudah mengubah manusia dan menjadi sebagian dari masalah hidup mereka.

Baca Juga
5 Fakta Gedung BEI, Bangunan Megah yang Kemewahannya Bukan Hanya Hisapan Jempol
5 Fakta Sri Wahyuni Manalip, Si Bupati Cantik Asal Talaud yang Terancam ‘Lepas Seragam’

1. Smartphone Membentengi Orang Tua Masa Kini dengan Anak

Smartphone saat bersama anak [Image Source]
Smartphone saat bersama anak [Image Source]
Kebanyakan orang berpikir bahwa saat anak bermain mereka bisa ditinggalkan bermain sendirian. Sementara itu orang tua bisa mengasuh sambil sibuk dengan smartphone mereka mulai dari browsing, belanja, chatting, dan sejenisnya. Padahal justru saat anak bermain, ada baiknya orang tua ikut menemani dan bermain bersama mereka untuk mempererat hubungan orangtua dan anak.

Anak mulai suka gadget di usia dini? Coba lihat bagaimana orang tuanya.

2. Smartphone di Meja Makan

Smarphone di meja makan [Image Source]
Smartphone di meja makan [Image Source]
Meja makan seharusnya bersuasana hangat dan ceria. Di tempat inilah seharusnya keluarga berkumpul sambil makan bersama dan saling bertukar cerita tentang pengalaman masing-masing anggota keluarga. Lewat acara makan bersama inilah, keluarga tetap bisa terhubung setiap hari meski di jam lain mereka sibuk dengan pekerjaan atau sekolah. Namun hal ini akan terhalang jika salah satu terlalu sibuk dengan gadget mereka.

Ini nggak hanya terjadi di meja makan keluarga, bahkan sekarang duduk satu meja di cafe bersama sekumpulan teman yang janjian hangoutpun, jadi sibuk dengan gadgetnya sendiri-sendiri. Luar biasa.

3. Siapa yang Kau Tatap Sebelum Tidur? Wajahku atau Smartphonemu?

Smartphone di tempat tidur [Image Source]
Smartphone di tempat tidur [Image Source]
Sebelum tidur harusnya menjadi momen yang hangat dan dekat pada sebuah pasangan. Sebelum tidur, pasangan bisa bercerita, sekedar ngobrol, atau curhat tentang masalah yang tadi dialami. Tapi jika sibuk dengan smartphone, justru kita bisa kehilangan momen kehangatan dan keakraban bersama pasangan.

Dulu matamu enggan terpejam karena mau melihatku terus sampai ketiduran. Kini, matamu enggan terpejam karena main smartphone terus sampai ketiduran. 

Smartphone memang seharusnya bisa bertujuan untuk membantu manusia. Tapi jika digunakan terlalu berlebihan, maka kita  sendiri yang akan kehilangan hal yang seharusnya lebih baik. Dengan slogan “The more you connect, the less you connect” (semakin kamu terhubung, maka kamu semakin tidak terhubung), kita benar-benar diajak berpikir tentang hubungan kita dengan orang lain. (Atau hubungan kita dengan smartphone yang tak terpisahkan)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 7 Sosok Pria Paling Aneh Dengan Keunikan yang Mencengangkan di Dunia 4 Surga Dunia yang Tersembunyi di Indonesia Ini Bakal Bikin Negara Tetangga Sirik! 4 Fakta Caddy, Wanita Cantik di Lapangan Golf yang Buat Dengkul Para Pria Lemes 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia 5 Kata yang Punya Arti Beda Jika Kamu Ucapkan di Medan Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Kocaknya 10 Meme ‘Salah Gue Apa’ Ini Dijamin Bikin Kamu Ketawa Sampe Mules
BACA JUGA