Sebagai pemimpin sebuah negara seorang presiden kerap diguncang dengan berbagai isu negatif yang menyudutkannya. Namun beberapa presiden Amerika berikut memiliki masalah pribadi yang membuat namanya tercoreng.

Beberapa presiden Amerika berikut ini pernah terungkap melakukan skandal perselingkuhan mulai dari selingkuh dengan sekretaris, mantan pacar hingga dengan wanita penghibur. Dilansir dari laman Listverse, inilah 6 skandal perselingkuhan presiden Amerika yang terlupakan.

1. George H.W. Bush – Dikabarkan Selingkuh dengan Ajudan Politiknya

George Herbert Walker Bush, atau lebih dikenal dengan sebutan Bush Senior untuk membedakan dengan anaknya yang juga menjadi presiden, merupakan pemimpin Amerika ke-41 yang berkuasa mulai dari 1989-1993. Sebelumnya ia juga menjadi wakil presiden pada masa kepemimpinan Ronald Reagan.

Presiden Bush pernah terbelit skandal perselingkuhan yang melibatkan dirinya dengan ajudan politiknya sendiri. Washington Post pernah secara tajam mencatat bahwa ajudan politik Bush, Jennifer Fitzgerald telah melayaninya dalam berbagai posisi. Meski rumor telah santer terdengar di kalangan wartawan, namun tidak ada yang sampai terpublish ke mayarakat hingga tahun 1988, sebuah surat kabar LA Weekly memuat berita yang mengklaim bahwa Fitzgerald memberikan pengakuan tentang hubungannya dengan Bush.

George H.W. Bush (c) Listverse
George H.W. Bush (c) Listverse

Skandal ini kian memanas tatkala tabloid New York Post memunculkan tuduhan kembali dalam beritanya tahun 1992 dan langsung diikuti banyak media lain di Amerika. Dalam bukunya The Power House, wartawan Susan Trento mengklaim bahwa duta besar AS untuk Swiss, Louis Fields pernah bersekongkol dengan Bush untuk menyiapkan sebuah rumah tamu untuk dia dan Fitzgerald.

Tuduhan yang dilayangkan kepada Bush nyatanya tidak pernah terbukti secara meyakinkan dan keluarga Bush juga bersikeras membantah tuduhan para jurnalis. Namun ketika reporter Mary Tillotson meminta Bush untuk mengklarifikasi hubungannya dengan ajudannya dalam sebuah acara konferensi pers, staf kepresidenan malah mengusirnya dan mengancam Tillotson tidak akan pernah mendapatkan pekerjaan.

Selanjutnya: George Washington – CLBK dengan Mantan

2. George Washington – CLBK dengan Mantan

Skandal perselingkuhan yang menimpa para presiden Amerika sudah terjadi sejak era kepemimpinan presiden pertama, George Washington. Sebelum menjadi presiden ia telah menikahi seorang janda muda bernama Martha Custis yang tidak lain adalah wanita terkaya di Virginia. Mereka akhirnya memutuskan untuk menikah pada Januari 1759.

Jauh setelah presiden meninggal tahun 1877, surat kabar New York Herald membuka kembali aib lama dengan menerbitkan sebuah berita di halaman depan yang menunjukkan sebuah surat cinta Washington pada mantan kekasihnya, Sally Fairfax. Pada saat surat cinta itu dikirimkan, Sally dalam kondisi sudah bersuami. Ia menikah dengan teman dekat Washington. Meski keduanya tidak mengakui skandal ini namun berita tersebut telah beredar luas di media-media.

George Washington (c) Listverse
George Washington (c) Listverse

Bahkan Inggris sempat melakukan upaya untuk mendiskreditkan dia dengan membuat surat palsu yang mengungkapkan perselingkuhannya dengan sang mantan kekasih. Namun lagi-lagi tidak ada bukti yang menyakinkan bahwa Washington tidak setia pada isterinya, Martha selama pernikahan mereka.

Selanjutnya: Franklin Roosevelt – Sama-sama Selingkuh

3. Franklin Delano Roosevelt dan Eleanor Roosevelt – Sama-sama Selingkuh

Kisah asmara presiden Amerika ke-32 ini lebih rumit lagi karena tidak hanya dirinya saja yang selingkuh namun melibatkan sang isteri juga. Kisah perselingkuhan Franklin Roosevelt adalah yang paling populer, namun pernikahannya dengan Eleanor Roosevelt jauh lebih rumit dibanding masalah perselingkuhan itu sendiri.

Roosevelt disinyalir berselingkuh dengan sekretaris isterinya, Lucy Mercer. Perselingkuhan itu segera merebah di kalangan elit Washington. Roosevelt mengakui kedekatannya dengan Mercer dan ingin menikahi perempuan itu. Sontak Eleanor meminta cerai setelah mengetahui hubungan mereka.

Franklin Delano Roosevelt dan Eleanor Roosevelt (c) Listverse
Franklin Delano Roosevelt dan Eleanor Roosevelt (c) Listverse

Sebenarnya permintaan itu akan dikabulkan oleh Roosevelt namun ia diancam sang ibu jika ia menceraikan Eleanor dan menikahi Mercer, maka ibunya akan menarik dukungan finansial. Akhirnya pernikahan pun batal dan perceraian juga urung dilakukan.

Kabar perselingkuhan presiden ini bukanlah satu-satunya skandal di gedung putih. Dalam kurun beberapa waktu terungkap bahwa ibu negara juga memiliki kedekatan dengan reporter wanita Lorena Hickock. Bahkan saat Roosevelt terpilih kembali sebagai presiden, ia mengundang Hickock untuk tinggal di Gedung Putih.

Selanjutnya: Warren G. Harding – Hobi Selingkuh

4. Warren G. Harding – Berulang Kali Selingkuh

Skandal perselingkuhan yang lebih parah dilakukan oleh presiden Amerika ke-29, Warren G. Harding. Ia terkenal sebagai presiden yang sangat miskin namun tangguh sebagai seorang pemimpin. Mungkin satu-satunya kelemahan yang dia miliki adalah wanita.

Skandal perselingkuhannya yang paling terkenal adalah dengan Carrie Phillips yang mulai terjalin pada tahun 1905. Yang membuat perselingkuhan itu menjadi sangat heboh adalah fakta yang menyebutkan mereka berdua sudah sama-sama memiliki keluarga, terlebih Harding berteman baik dengan suami Carrie.

Romentisme keduanya terungkap dalam surat cinta yang dibuka ke publik tahun 2014 lalu. Bahkan fakta mengungkapkan jika selama pemilihan presiden 1920, Komite Nasional Partai Republik menyuap Carrie dan suaminya untuk pergi sejauh mungkin agar tidak terlihat media. Mereka mengirim Carrie liburan gratis ke Asia dan memberi pesangon sebesar 20.000 dollar.

Tidak hanya satu wanita saja yang menjadi selingkuhan Harding, ia juga pernah selingkuh dengan Nan Britton, seorang relawan kampanye yang umurnya 30 tahun lebih muda darinya. Bahkan hubungan keduanya sempat melahirkan seorang anak perempuan di tahun 1919. Selain itu ada juga nama-nama seperti Miss Allicott seorang karyawan Washington Post dan gadis paduan suara yang bernama Maize Haywood and Blossom Jones yang juga mengaku memiliki anak dari hubungan gelapnya dengan Harding.

Selanjutnya: Dwight D. Eisenhower – Berselingkuh dengan Sekretaris

5. Dwight D. Eisenhower – Berselingkuh dengan Sekretaris

Dwight David Eisenhower merupakan presiden Amerika yang ke-34. Sebelumnya ia juga dikenal sebagai salah satu pemimpin militer Amerika yang paling sukses, menjabat sebagai Panglima Tertinggi invasi Sekutu Eropa selama Perang Dunia II.

Tugas militer tersebut tentu memiliki konsekwensi tersendiri berupa kenyataan bahwa ia harus terpisah dengan isteri dalam waktu yang sangat lama. Maka muncullah gosip yang tak sedap saat kepulangannya ke Washington.

Dwight D. Eisenhower (c) Wikipedia
Dwight D. Eisenhower (c) Wikipedia

Foto Eisenhower sering menunjukkan dirinya selalu didampingi sekretaris cantik sekaligus sopir pribadinya bernama Kay Summersby. Mereka diyakini telah menikmati persintaan mereka selama musim semi tahun 1944. Summersby juga mengaku bahwa Eisenhower pernah bercerita jika pernikahannya telah membunuh sesuatu dalam dirinya.

Ketika perang berakhir, Eisenhower mengirimkan permintaan resmi kepada atasannya, Jenderal Marshall untuk dibebaskan dari tugas sehingga ia bisa menceraikan Mamie dan menikah Kay. Namun permintaan itu ditolak oleh Marshall.

Selanjutnya: James Garfield – Memiliki Gairah Tinggi

6. James Garfield – Memiliki Gairah Tinggi

James Garfield memiliki gairah yang tinggi dengan hal-hal yang berhubungan dengan seksualitas sejak di bangku sekolah. Hingga akhirnya presiden Amerika ke-20 ini memutuskan untuk menikah dengan Lucretia “Kreta” Rudolph, seorang wanita yang ia kenal sejak sekolah yang pada saat itu bekerja sebagai petugas kebersihan di Eclectic Institute di Hiram, Ohio.

James Garfield (c) Listverse
James Garfield (c) Listverse

Hubungan mereka tidak mulus karena Garfield kerap tersandung masalah perselingkuhan. Ia tercatat sebagai presiden yang paling produktif mengencani wanita. Pada tahun 1862 ia memiliki hubungan asmara dengan wartawan 18 tahun yang bekerja untuk New York Tribune bernama Lucia Gilbert Calhoun. Selain itu ia juga pernah mengencani mahasiswa Eclectic Institute bernama Almeda Booth.

Akhirnya masalah selingkuh juga yang menjatuhkan karir politiknya setelah pada pemilihan presiden tahun 1880 ia diguncang dengan tuduhan bahwa Garfield telah mengunjungi pelacur New Orleans.

Itulah para presiden Amerika yang pernah tersandung skandal perselingkuhan. Bagaimana pendapatmu tentang hal tersebut?

Baca Juga: 8 Bandara dengan Nama Paling Nyeleneh di Dunia