Di antara para saudaranya, Kaesang Pangarep merupakan putra presiden Jokowi yang paling sering dibicarakan oleh netizen. Belum lama ini ia kembali diperbincangkan karena banyak netizen yang membandingkannya dengan Pangeran Mateen, putra ke-10 Sultan Brunei Darussalam.

Menanggapi hal ini, Kaesang enggak marah, ia malah memberikan respon santai. Kalau mau dilihat dari riwayat kesuksesan dan pribadinya, meski anak presiden, Kaesang tampak berbeda. Karena ia masih bergaul dengan para YouTuber dan kerap merespon guyonan-guyonan netizen di media sosialnya.

Merintis bisnis dari awal dan tak menyerah promosi

Kaesang Pangarep [sumber gambar]
Kaesang bisa disebut sebagai salah satu pengusaha yang cukup sukses di usianya yang masih muda. Ia bahkan punya banyak jenis bisnis yang ia rintis dari awal. Bisnisnya juga ia promosikan sendiri di media sosial yang ia punya. Meski sering menjadi sasaran bully, namun Kaesang tak ambil pusing. Hal tersebut malah bisa menjadi jalan ninja untuk menaikkan brandingnya. Hingga sekarang, sudah kurang lebih 6 bisnis yang ia pegang, dari Sang Pisang, Yang Ayam, Ternak Kopi, Mangkokku, biskin Ikan Lele, bahkan ada juga aplikasi Madhang.

Bergaul dengan banyak konten kreator

Selain berbisnis, Kaesang juga aktif dalam membuat konten. Melalui kanal YouTube pribadinya, Kaesang sering mengunggah konten seputar gaming, kuliner, bahkan ada pula aktivitasnya bersama dengan Pak Jokowi. Kaesang juga beberapa kali terlibat berkolaborasi dengan sesama konten kreator, mulai dari Chandra Liow, Chef Arnold, Majelis Lucu Indonesia, sampai Rans Entertainment.

Enggak gampang baper meski sering dibully

Pak Jokowi pun mengakui kalau Kaesang adalah sosok yang sering menjadi objek bully. Hal tersebut terbukti juga di Twitter miliknya, Kaesang kerap menjadi bulan-bulanan netizen. Bahkan, yang terbaru warganet membandingkan ia dengan Pangeran Mateen Brunei. Menanggapi hal ini ia santai saja, bahkan tweet tersebut dibalas dengan lucu. Jauh sebelum disandingkan dengan Pangeran Mateen, Kaesang memang sering mendapatkan hujatan. Uniknya, ia malah membalas dengan guyonan-guyonan tanpa baper akan hal itu.

Tetap ambil peran dalam film walaupun hanya tokoh figuran

Keunikan dari Kaesang Pangarep ini memang mau-mau saja menjadi sosok minor. Aktif sebagai konten kreator, Kaesang beberapa kali tampil dalam film layar lebar. Bukan sebagai tokoh utama atau teman yang dekat dengan tokoh utama, tapi sebagai figuran dan aktor yang hanya numpang lewat saja, seperti jadi supir taksi dalam film Cek Tokoh Sebelah. Namun, 2018 lalu, ia berpartisipasi sebagai salah satu tokoh utama di film Knight Kris, bersama dengan Deddy Corbuzier dan Stella Cornelia, dan beberapa aktor lain.

BACA JUGA: Sejahterakan UKM, Putera Jokowi Bikin Aplikasi yang Sanggup Angkat Harga Diri Rakyat Kecil

Entah karena memang senang dibully atau memang karena tak gampang baper, setiap kali ada warganet yang melemparkan hujatan, Kaesang selalu menanggapinya dengan guyonan. Tapi apa pun itu, diakui atau tidak ia adalah salah satu sosok yang bisa jadi inspirasi bagi anak-anak muda yang ingin membangun bisnis.