Gelaran Jakarta Great Online Sale 2018 memang telah usai pada 30 Agustus silam. Ajang pesta diskon besar-besaran itu, cukup banyak menyedot animo masyarakat untuk berbelanja secara online. Secara keseluruhan, JGOS memang berhasil menjembatani para pecinta shopping untuk menemukan barang-barang yang diinginkan secara mudah. Selain itu, event ini juga turut mendorong minat masyarakat di Indonesia agar meningkatkan kebiasaan berbelanja secara online.

Tak hanya sekedar berbelanja, Jakarta Great Online Sale 2018 juga merangkul sejumlah produk-produk UKM dengan menggandeng bank nasional sebagai mitra. Diharapkan, keberadaan institusi keuangan secara resmi tersebut bisa menambah kepercayaan masyarakat agar tertarik dan tak khawatir untuk berbelanja secara online. Yang unik, ada beberapa fakta menarik dari ajang JGOS 2018 yang bisa kita ketahui.

Pertama kali diadakan pada tahun 2013

JGOS pertama kali diselenggarakan pada 2013 [sumber gambar]
Pesta belanja seperti Jakarta Great Online Sale (JGOS) ini, ternyata bukanlah yang pertama kali dilakukan. Event ini pertama kali diselenggarakan pada 2013 dan berhasil menghimpun 11 e-commerce dan terus bertambah setiap tahunnya. Secara berturut-turut, meningkat menjadi 23 e-commerce pada 2014, 63 e-commerce di tahun 2015, 95 e-commerce di 2016, dan 150 e-commerce pada 2017 yang dilansir dari news.detik.com.

Mendorong pertumbuhan bisnis digital baru

Ilustrasi bisnis digital [sumber gambar]
Tidak dipungkiri, salah satu kesuksesan event seperti JGOS 2018 juga menjadi jembatan bagi pelaku bisnis digital. Terutama dari sektor UMKM. Merujuk pada data yang dilansir kemenperin.go.id, industri digital di Indonesia tumbuh 9,98-10,7 persen per tahun dalam enam tahun terakhir. Hal ini tentu saja menjadi kabar baik bagi mereka yang menekuni bisnis secara online. Selain mempertemukan antara penjual dengan pembeli, JGOS juga bisa mendorong munculnya UKM baru dan mendorong mereka agar bertransaksi secara online.

Tingginya animo masyarakat tanda perekonomian semakin merata

Ilustrasi belanja online [sumber gambar]
Perhelatan Jakarta Great Online yang diselenggarakan, menuai sukses dengan semakin meningkatnya daya beli masyarakat melalui platform online. Dilansir dari news.detik.com, JGOS mencatat kenaikan traffic hingga 8x serta pertambahan transaksi mencapai 5x lipat selama promo diskon spesial hingga 95%. Tentu saja, pencapaian ini akan terus berubah dari tahun ke tahun. Seiring dengan semakin masifnya penetrasi teknologi digital di Indonesia. Kesuksesan event belanja online ini, juga mengindikasikan semakin meratanya pertumbuhan ekonomi pada masyarakat.

Menciptakan pasar tersendiri

Ilustrasi menciptakan pangsa pasar tersendiri [sumber gambar]
Keberhasilan Jakarta Great Online Sale yang menyelenggarakan pesta diskon besar-besaran, juga menjadi acuan bagi para penjual untuk membidik target market mereka. Bagi Sahabat Boombastis yang kebetulan berjualan secara online, ajang semacam ini bisa digunakan untuk mencari pasar dan pelanggan baru yang potensial. Tak hanya sekedar mewadahi antara penjual dan pembeli, JGOS juga bisa dijadikan sebagai sarana belajar, sekaligus mengamati tingkah laku konsumen dalam memilih produk.

Sukses terselenggara hingga 2018, event seperti JGOS diharapkan akan terus ada. Mengingat, pesatnya industri dan bisnis secara digital yang semakin tumbuh dan berkembang di Indonesia. Tentunya, hal ini harus dimbangi dengan daya beli masyarakat yang ada. Di tahun 2019 nanti kira-kira kejutan baru apa ya yang bakal dibawa JGOS? Kita tunggu saja!