in

Memang Menakutkan, tapi Ini Hal Baik yang Bisa Kita Ambil dari Hantu Indonesia

Kalau ngomongin makhluk halus yang banyak macem jenisnya, Indonesia adalah yang nomor satu. Nggak ada negara yang hantunya punyak banyak jenis kayak buah-buahan selain di Indonesia. Sebut saja yang paling terkenal seperti pocong, kuntilanak, kepala buntung, grandong, gendoruwo, hantu jeruk purut, sampai jeruk macan sekalipun. Masih banyak lagi hantu-hantu yang bergentayangan di negeri ini selain yang disebutin tadi. Dan yang menjadi ciri khas hantu-hantu Indonesia itu adalah tampang mereka yang seremnya minta ampun sampe bikin kencing di celana.

Meskipun keberadaannya sangat ditakuti oleh kebanyakan manusia, sebenarnya kita bisa belajar positif dari mereka. Setiap jenis makhluk astral mengajarkan kita tentang suatu kebaikan yang seharusnya kita ikuti sebagai manusia, makhluk yang paling sempurna. Mau tau apa aja? Kita bahas satu-satu.

1. Kuntilanak si Gadis Riang

Kuntilanak selalu terkekeh-kekeh riang [image source]
Hantu yang satu ini tidak hanya menjadi primadona di kalangan makhluk astral, tapi juga umat manusia yang ada di Indonesia. Tidak ada orang Indonesia yang nggak kenal Mbak Kunti ini. Sosoknya dikenal gemar tertawa. Inilah sisi positif yang bisa kita ambil dari Mbak Kunti. Hantu wanita ini, entah itu lagi susah atau lagi senang, bawaannya ketawa aja. Hal itu seolah menunjukkan kalau hidup itu jangan dibikin susah. Terima saja apa adanya.

2. Pocong, si Duta Hantu Kesederhanaan

Pocong yang kostumnya sederhana aja [image source]
Makhluk halus yang satu ini juga sangat familiar di telinga kita. Hantu cupacups, karena kalau dibuka ada isinya. Sosoknya sangat mudah dikenali, karena hanya dia satu-satunya hantu yang seluruh tubuhnya dibungkus sama kain putih. Dari dulu itu-itu aja bajunya, nggak pernah ganti. Sampai-sampai pakaiannya kotor nggak karuan. Tapi dia tetap nyaman dengan pakaiannya. Itulah yang bisa kita ambil pelajarannya. Si hantu lompat ini mengajarkan hidup yang sederhana. Meskipun kaya, tetaplah biasa saja. Nggak perlu banyak pamer dan sombong. Belajarlah dari pocong.

3. Tuyul, Si Kecil yang Sudah Bisa Mencari Duit Sendiri

Tuyul mandiri sejak kecil [image source]
Makhluk astral yang satu ini berwujud sosok kecil seperti anak-anak. Dia seringkali hanya memakai kolor, dan kepalanya tak memiliki rambut alias botak. Pekerjaannya? Nyari uang! Meskipun masih kecil, Tuyul sudah berusaha untuk mencari uang. Semangat tuyul inilah yang seharusnya kita ambil. Kalau ada orang dewasa yang nggak bisa nyari duit sendiri, malu dong sama tuyul. Bakal diketawain ntar sama si kecil botak itu. Eits, tapi dengan cara yang bener ya. Jangan ngikutin cara tuyul. Hehehe…

4. Nyai Roro Kidul, Ratu yang Ramah Kepada Siapapun

Nyai Roro Kidul yang selalu sopan berkelas [image source]
Nyai Roro Kidul dikenal sebagai penguasa pantai selatan, ratu dari kerajaan jin yang konon katanya berada di dalam laut. Wanita cantik ini digambarkan mengenakan pakaian berwarna hijau dengan mahkota emas menghiasi kepalanya. Hal baiknya, meskipun kanjeng ratu adalah seorang wanita yang berada di laut, dia tidak pernah memakai pakaian tidak sopan seperti kebanyakan wanita yang pergi ke pantai. Kesopanan kanjeng ratu kidul mencerminkan kepribadiaannya, yakni tetap menghargai siapapun saat berada di mana pun. Seperti halnya orang Jawa.

5. Jelangkung, Hantu Bijak yang Nggak Mau Ngerepotin Orang

Jelangkung nggak suka ngerepotin [image source]
Hantu yang satu ini sering muncul dalam permainan dengan nama yang sama. Kalau mau memanggil jelangkung, harus pakai mantra agar dia mau datang. Dalam mantranya itu ada kalimat “Datang tak dijemput, pulang tak diantar.” Lalu, datanglah dia dan mulai bermain. Betapa bijaknya si jelangkung ini. Datangnya tidak dijemput, terus mengajak orang-orang bermain, lalu pulangnya tidak diantar. Dia seolah mengatakan kalau dirinya tidak pernah mau merepotkan orang, meskipun dia sendiri sudah mengajak orang-orang bermain.

6. Suster Ngesot, Gadis yang Pantang Menyerah

Suster ngesot [image source]
Hantu yang satu ini adalah hantu yang bergentayangan di rumah sakit. Kadang-kadang juga di sekolah. Kakinya lumpuh yang membuatnya tak bisa berjalan. Tetapi meskipun keadaan dirinya tidak bisa berjalan, si suster ini tetap berusaha mencapai tujuannya. Caranya? Dengan ngesot! Dia nggak mau menyerah begitu saja meskipun keadaan dirinya tidak memungkinkan. Benar-benar hantu yang gigih.

Ternyata, makhluk astral di negeri ini tidak hanya menyeramkan. Ada sisi positif yang bisa kita ambil dari mereka. Sisi positif yang mungkin kita sendiri tidak memilikinya. Karena itulah kita bisa mengambilnya dari makhluk astral yang ada di Indonesia. Tapi tetap saja, kalau kita bertemu mereka bisa bikin kencing di celana sambil lari terbirit-birit.

Written by Arief Hakim

Leave a Reply

6 Peristiwa Petir Menyambar Lapangan yang Bikin Pemain Bola Bergelimpangan

Komodor Dewanto, Ketika Pilot Terbaik NKRI Berakhir Jadi Sopir Truk