Mengungkap Sisi Lain Qatar Si Negeri Kaya yang Bikin Iri Penduduk Dunia

oleh Rizal
07:00 AM on Aug 5, 2016

Tanpa pajak untuk apa pun itu, rumah dan fasilitas gratis, serta begitu mudahnya cari kerja dengan gaji tinggi, tak pelak menjadikan Qatar negara paling bahagia di muka Bumi. Kira-kira bagaimana ya rasanya jadi penduduk asli negara itu? Yang pasti kita takkan pernah kesusahan. Mau apa pun ada lantaran duit juga punya. Ditambah lagi di sana korupsi sangatlah rendah. Makin membahagiakan saja membayangkannya.

Qatar ibarat surga adalah fakta. Ya, di negara ini cukup jarang dijumpai penduduknya yang hidup kesusahan. Mayoritas sangat kaya dengan rata-rata pendapatan paling tinggi di muka Bumi. Qatar yang sekarang mungkin ibarat nirwana, tapi siapa sangka jika sebelum gila layaknya hari ini, nasib mereka sangatlah miris bin ngenes. Mereka begitu terlunta-lunta di bawah kaki Inggris yang menjajahnya. Namun, setelah merdeka, nasib mereka meroket sekali, bahkan melumat Inggris soal kesejahteraan penduduknya.

Baca Juga
Kabar Siti Rohmah, Si Kasir Minimarket Cantik yang Kini Sukses Menjelma Menjadi Model
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya

Soal Qatar yang pernah miskin, hal tersebut ternyata cukup jarang diketahui. Nah, kali ini mari kita bahas hal tersebut dan juga titik balik mereka kemudian yang sukses jadi negara paling kaya di dunia.

Qatar Awalnya Hanyalah Negara Miskin

Ya, sebelum menjadi Qatar yang begitu gila hari ini, mereka dulunya adalah negara miskin. Benar-benar tak ada yang bisa diandalkan soal ekonomi di negara ini. Tiap harinya penduduk masih melaut dan melaut karena cuma ini yang bisa dilakukan masyarakat untuk tetap hidup.

Qatar ketika masih miskin [Image Source]
Qatar ketika masih miskin [Image Source]
Tanah Qatar sangat tandus sehingga tak memungkinkan untuk bercocok tanam dan menghasilkan panen yang melimpah. Masyarakat pun putar otak dan akhirnya mulai menggeluti mutiara meskipun hasilnya tetap menjadikan negeri ini miskin. Ditambah lagi, ketika dalam keadaan prihatin seperti ini, Qatar berada di bawah jajahan Inggris yang makin membuat mereka merana.

Setelah Merdeka Qatar Masih Miskin

Qatar di mata Inggris sama sekali tak berarti apa pun selain negara tandus yang hanya dipakai sebagai transit saja untuk menuju India. Meskipun demikian, orang-orang Qatar sendiri merasa perlu untuk memperjuangkan kemerdekaan. Tujuannya tak hanya untuk lepas dari keterikatan barat, tapi juga harapan memperbaiki hidup. Hingga akhirnya Inggris pun benar-benar memberikan Qatar kebebasan.

Masih miskin meskipun merdeka [Image Source]
Masih miskin meskipun merdeka [Image Source]
Sayangnya, meskipun sudah berstatus merdeka, nyatanya nasib orang-orang Qatar tak cenderung membaik. Mereka masih berkubang dalam kemiskinan. Tapi, salutnya orang-orang Qatar tak pernah menyerah memperbaiki nasib. Hingga pada suatu ketika, rahmat Tuhan dilimpahkan kepada mereka berupa munculnya minyak di tanah tandus negeri ini.

Minyak Mengubah Negara ini Secara Drastis

Titik balik Qatar adalah melalui minyak-minyaknya. Ya, gara-gara itu, negara ini pun berangsur-angsur membaik. Kemiskinan perlahan-lahan turun seiring dengan permintaan jutaan barel minyak Qatar oleh negara-negara dunia. Proses ini berlangsung sedemikian lama hingga akhirnya membentuk Qatar yang seperti hari ini.

Tambang minyak Qatar pertama [Image Source]
Tambang minyak Qatar pertama [Image Source]
Hal yang sangat disalutkan dari ini adalah peran pemerintah yang benar-benar hebat bagi rakyatnya. Alih-alih menguasai minyak untuk dirinya sendiri, para pemimpin Qatar mengaturnya supaya bisa bermanfaat juga bagi rakyat. Alhasil, keadilan sang Raja berbuah sangat manis. Rakyat Qatar sangat bahagia hidup dengan kemewahan, setelah sebelumnya berkalung kemiskinan.

Hidup Terlalu Nyaman Membuat Orang Qatar Mulai Berubah

Qatar mungkin dulu sempat miskin, tapi kondisi itu yang membuat mereka punya pribadi-pribadi yang jempolan. Pantang menyerah, selalu berjuang, toleransi dan harmonis seolah sudah jadi nama tengah mereka. Sayangnya, begitu kehidupan makin membaik, nilai-nilai macam itu akhirnya perlahan pudar.

Qatar hari ini [Image Source]
Qatar hari ini [Image Source]
Penduduk Qatar sekarang tak seperti yang dulu. Sekarang orang-orang di negara ini sangat konsumtif, egois dan merasa dirinya tinggi. Bahkan dalam ranah keluarga juga sering tidak harmonis. Hal ini dibuktikan dengan angka perceraian Qatar yang makin tinggi. Nilai-nilai baik kemudian berusaha untuk dimasukkan lagi ke hati penduduknya. Dengan harapan Qatar yang megah berbalut sikap penduduknya yang luar biasa.

Tamparan Qatar Untuk Indonesia

Bicara soal sejarah, Indonesia dan Qatar bisa dibilang senasib. Dulu orang-orang Qatar dijajah kemudian merdeka, Indonesia juga begitu. Qatar menemukan minyak Indonesia pun juga sama meskipun bentuknya beda, lebih mahal dan lebih banyak, yakni emas. Namun, dari titik ini ke depan kita jauh berbeda dengan Qatar.

Emas Indonesia [Image Source]
Emas Indonesia [Image Source]
Ya, ketika menemukan minyak, seketika Qatar jadi yang paling makmur di dunia. Indonesia menemukan emas berlimpah setelah merdeka, tapi nasib bangsa ini masih sama bahkan miris hingga sekarang. Jika kekayaan alam yang membuat Qatar bisa melejit seperti itu, Indonesia seharusnya bisa. Bahkan kalau dilihat dari jumlah kekayaan yang kita punya, Indonesia potensial untuk menggungguli Qatar sampai berpuluh-puluh kali lipat.

Tapi, nyatanya dengan kekayaan sebanyak ini Indonesia masih begini-begini saja. Malu dan marah rasanya jika berkaca pada kesuksesan Qatar. Jelas ini ada yang salah di tubuh Indonesia. Entah apa itu yang jelas gara-gara hal tersebut kita gagal hidup makmur seperti Qatar.

Inilah cerita inspirasional di balik kesuksesan Qatar. Ya, siapa sangka jika negara ini ternyata awalnya cuma sampah yang tak berarti apa-apa. Namun, pada akhirnya mereka berbalik 180 derajat dan menghempaskan banyak negara hebat dunia. Indonesia sebenarnya sangat potensial untuk bisa bernasib sama. Hanya saja lantaran satu dan banyak hal negara ini gagal makmur.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA