Kecaman Keras Terhadap Sirkus Lumba-lumba yang Dianggap Menyiksa Binatang

oleh Tetalogi
15:00 PM on Sep 19, 2015

Beberapa waktu lalu, media sosial diramaikan dengan berita tentang sirkus lumba-lumba. Binatang cantik ini memang selalu berhasil bikin banyak orang penasaran, apalagi ia memang terkenal sebagai salah satu binatang yang cerdas. Namun yang banyak menjadi pertanyaan adalah bagaimana para manusia memperlakukan para binatang tersebut.

Dalam sebuah postingan facebook, tersebar sebuah berita dengan foto yang menceritakan tentang bagaimana sirkus lumba-lumba diperlakukan. Menurut postingan tersebut, lumba-lumba tidak diperlakukan dengan baik saat proses pengangkutan atau bahkan pemeliharaan. Untuk pengangkutan saja mereka tidak dimasukkan dalam kolam atau bak air, tapi hanya dibasahi dengan menggunakan spons basah atau lotion.

Baca Juga
15 Status Resolusi Suka-suka ala Netizen Indonesia, dari Realistis Hingga Bikin Ngakak
Inilah 5 Fakta Makam Keramat di Purwokerto yang Tak Dipindah Meski Ganggu Lalu Lintas

Di salah satu foto juga menyebutkan bagaimana mereka melatih lumba-lumba agar bisa menunjukkan atraksi. Yaitu dengan sengaja dibuat lapar agar nanti setelah melakukan atraksi, mereka bisa diberi hadiah makanan. Belum lagi kabarnya mereka juga disiksa untuk bisa tampil seperti itu. Namun untuk hal ini masih menjadi perdebatan karena beberapa orang yang pernah bekerja di sirkus lumba-lumba mengaku bahwa tidak pernah ada penyiksaan lumba-lumba.

Postingan yang mengecam sirkus lumba-lumba [Image Source]
Postingan yang mengecam sirkus lumba-lumba [Image Source]
Menurut postingan tersebut, lumba-lumba yang hidup bebas di lautan lepas mampu bertahan hidup hingga berusia 40 tahun. Sementara itu, lumba-lumba sirkus hanya bisa bertahan dalam usia 2 hingga 8 tahun. Jika ternyata memang benar demikian, tentu penanganan sirkus yang tidak memperhatikan kesehatan lumba-lumba seperti ini harus dihentikan.

Tapi yang namanya postingan informasi yang disebar lewat media sosial, akan selalu ada beragam reaksi yang muncul dari pembaca. Ada yang beranggapan bahwa  berita tersebut adalah bohong, karena menurut si pembuat komentar, karyawan sirkus tahu benar bagaimana caranya menyayangi lumba-lumba. Bahkan ada juga yang lebih jauh mengatakan bahwa berita ini hanyalah hoax belaka.

[Image Source]
Lumba-lumba malang [Image Source]
Terlepas dari benar atau tidaknya lumba-lumba diperlakukan seperti itu, hewan ini tidak seharusnya tinggal di tempat yang terkurung. Lumba-lumba adalah makhluk laut dan harusnya dibiarkan hidup bebas seperti itu di lautan lepas. Pasalnya, lumba-lumba adalah makhluk sosial sehingga ia juga butuh kawanan lumba-lumba lainnya agar bisa hidup dengan sehat dan bahagia.

[Image Source]
Indonesia adalah negara terakhir yang menjalankan sirkus lumba-lumba [Image Source]
Tidak hanya lumba-lumba, binatang lain yang memang memiliki habitat hidup di alam liar seharusnya memang tidak dikurung dan dijadikan tontonan atau hiburan bagi manusia. Sebagai makhluk yang hidup bebas, binatang memang seharusnya dibiarkan hidup di habitatnya yang alami.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren!
BACA JUGA