Banyak orang Indonesia yang rupanya bosan melihat sinetron dalam negeri. Selain karena temanya yang itu-itu saja, jalan ceritanya juga sangat bisa ditebak. Jadi bukan hal yang aneh kalau banyak drama luar negeri semacam dari India dan Turki kadang lebih diminati penonton zaman sekarang.

Di balik bosannya orang Indonesia itu, rupanya sinetron kita jadi tontonan paling digemari di negeri jiran loh. Bahkan banyak sinetron kita yang akhirnya ditayangkan pada prime time penayangan di sana. Lalu kenapa ya banyak orang Malaysia yang cinta mati dengan sinetron Indonesia? Simak ulasan berikut.

Bahasa yang masih serumpun, membuat lebih mudah untuk dimengerti

Tentu, hal pertama yang membuat banyaknya film ataupun sinetron Indonesia jadi digandrungi oleh warga Malaysia adalah masalah bahasa. Memang tidak bisa dipungkiri kalau banyak kemiripan antara kedua bahasa tersebut, alhasil stasiun televisi di sana tidak perlu lagi kesulitan untuk menerjemahkannya.

Anak-Jalanan tayang di Malaysia [image source]
Selain itu, selera kedua negara ini yang bisa dibilang sama, ya cerita masalah rumah tangga selalu diminati baik oleh netizen Indonesia maupun Malaysia. Itulah sebabnya, bagia orang Malaysia menonton sinetron itu ibarat para Kpopers yang selalu setia dalam menonton drama ataupun reality show asal Korea.

Sinetron dan film Indonesia jadi sebuah oase

Percaya atau tidak, rupanya sinetron dan acara lain di Indonesia rupanya ditayangkan pada jam prime time di Malaysia. Tidak sembarangan, ternyata ada alasan tersendiri di baliknya. Hal ini terjadi karena kebanyakan acara tv Malaysia yang cenderung pada politik atau berbagai tontonan yang serius, pastinya mereka membutuhkan hiburan.

Sebuah oase dalam kepenatan [image source]
Itulah sebabnya sinetron ataupun talkshow Indonesia ditayangkan pada jam utama saat semua keluarga punya kesempatan lenggang menonton televisi. Jadi bukan hal yang aneh kalau sampai-sampai banyak warga Malaysia sendiri yang sampai hapal dengan istilah Indonesia, mulai dari prikitiew alas Sule dan lain-lain. Bisa dibilang kalau sinetron Indonesia ini oase di tengah segala kepenatan.

Musik soundtrack Indonesia yang juga mengena

Bukan lagi sebuah rahasia kalau lagu-lagu Indonesia memang terkenal di negeri jiran, rupanya juga merupakan sumbangsih dari sinetron dan film-flim yang masuk di Indonesia. Ya, apalagi mengingat kalau sinetron dan film sekarang rupanya tidak hanya menggunakan lagu-lagu yang sedang trend, bahkan yang lawas seperti dewa 19 dan lain-lain pun juga sering dijadikan sebagai soundtrack.

Penyanyi Indonesia terkenal di sana [image source]
Memang menurut orang Malaysia, lagu milik Indonesia memang sangat enak didengar meskipun kadang butuh permahaman lebih buat mereka memahami artinya karena berbeda bahasa. Jadi jangan kaget kalau banyak lirik lagu Indonesia yang banyak dihafal oleh orang Malaysia.

Banyak humor segar yang ditawarkan tontonan Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan, banyak orang Malaysia yang rupanya hafal dengan slogan prikitiew ala Sule ataupun banyak komedian lainnya.  Ya, memang tidak bisa dipungkiri kalau banyak humor Indonesia yang juga diminati oleh warga Malaysia.

Tontonan humor yang terkenal di Malaysia [image source]
Bahkan humor-humor receh yang ada di dalam sebuah sinetron dapat diterima baik di sana. Selain itu adanya talkshow model humor juga menjadi sebuah variasi baru, pasalnya di negeri jiran sana kebanyakan acara macam itu dibuat dengan serius dan bahkan cenderung dingin. Bisa dibilang humor ala sinetron dan talkshow juga menjadi sebuah  oase bagi penikmat televisi di sana.

Ini merupakan sebuah bukti kalau memang karya anak bangsa juga digemari di luar sana. Mungkin saja dengan adanya hal ini semakin mendongkrak Industri hiburan Indonesia. Hingga suatu saat, bumi pertiwi sudah jadi layaknya Hollywoodnya Asia Tenggara.