Dulu, sebelum ada era hp canggih yang bisa dipakai buat streaming dan main sosial media, TV barangkali jadi satu-satunya hiburan harian kita. Nggak seperti sekarang di mana drama dan serial bisa didownload atau ditonton secara streaming dengan bantuan gadget dan internet. Kalau dulu, boro-boro dah… Apa yang disajikan oleh beberapa stasiun tv, itulah yang kita tonton sehari-hari.

Selain sinetron berseri yang tiap hari kejar tayang, ada juga sinema TV yang dulu pernah jadi tontonan fardu ain. Kira-kira, setelah kemunculan hp canggih, kalian masih ingat nggak sih sama beberapa tayangan ini?

Sinema naga nagaan, meski nggak masuk akal tetep ditonton sampai kelar

Sinetron Naga Nagaan [Sumber Gambar]
Salah satu tayangan yang dulu selalu kasih hiburan bagi kamu dan juga para emak nih. Biar kata ceritanya nggak masuk akal, tetep aja ditonton sampai habis kan? Selain para artisnya yang cakep-cakep, sinema jenis ini emang tayang di jam prime time, alias waktu yang tepat saat kita-kita lagi istirahat. Daripada boring, mending nonton tv kan. Lagian tiap tayangan juga selalu menyuguhkan cerita yang beragam dan sukses ngusir rasa boring kita kan? Ngaku deh, dulu siapa yang nggak pernah ketinggalan sinema jenis naga-nagaan gini?

Ada juga sinema dengan konsep bak film India, ada nyanyi-nyanyi juga

Bosen sama yang siluman naga-nagaan, beralih deh sama yang dangdutan. Sinema ini juga sempet ngehits pada masanya. Selain menyuguhkan cerita melodrama yang bikin para penonton jadi baper, sinema ini juga disisipi dengan lagu-lagu dangdut yang aduhai merdunya. Meski cuma lipsync, tapi tetep menghibur kan? Berasa nonton film India jaman dulu gitu. Jadi, ada yang kangen sama sinema jaman dulu nggak nih?

Ada pula sinema adaptasi dari dongeng dunia yang terkenal

Sinema dongeng [Sumber Gambar]
Dongen selama ini memang identik dengan anak-anak ya. Tapi dulu sempat juga ada sinema tv yang meremake dongeng jadi sinema tv yang cocok ditonton oleh remaja hingga dewasa. Masih ingat kan? Cerita Rapunzel, Cinderella, Beauty and The Beast hingga Snow White dijadikan cerita ftv tanpa mengubah garis besar cerita dongeng itu sendiri.

Tema religi bak rahasia ilahi juga ada

Syahadat Cinta [Sumber Gambar]
Selain tema fantasy, dongen dan dangdut, ada pula sinema yang nyuguhin sisi religi. Meski berbeda konsep, tapi penyajiannya nggak beda jauh dari sinema sebelumnya. Dibuat sekali tayang bak film bioskop. Ada keunggulan juga sih dengan tayangan yang langsung tamat ini, setidaknya penonton nggak dibuar boring dengan cerita yang sengaja dipanjang-panjangin biar episode-nya ratusan. Hehe…

BACA JUGA: Bikin Kangen, 5 Sinetron Remaja Jadul Ini Membuatmu Nostalgia Masa-masa Ingusan

Itulah beberapa sinema yang dulu sempat ngehits banget, sebelum kita disibukkan sama hp dan segala sosmed yang kita punya kini. Kangen nggak sih, momen nonton tv bareng emak? Sampai rebutan remot gitu? Jaman dulu mungkin nggak semenarik sekarang yang pengen nonton apa aja bisa, tapi momen kebersamaan jaman dulu lebih berkualitas. Setidaknya, banyak waktu yang kita habiskan dengan keluarga, meski hanya sebatas nonton tv.