5 Alasan Kenapa Acara Show di Luar Negeri Lebih Seru

oleh Tetalogi
07:00 AM on Nov 25, 2015

Indonesia memiliki banyak acara show yang terkadang beberapa diantaranya juga mengadaptasi dari acara show luar negeri. Hanya saja, acara show di Indonesia terkadang gagal menghadirkan program acara yang lebih seru dan menarik bagi penonton.

Hal ini tentu berbeda dengan format acara TV di luar negeri yang terkesan lebih seru. Berikut ini beberapa alasan kenapa acara show di sana lebih menarik daripada Indonesia.

Baca Juga
Obat Sakit Gigi Paling Ampuh yang Mudah Ditemukan di Rumahmu
Melihat Camp Latihan Super Mewah Tim Malaysia yang Bikin Pemain Indonesia Ngiri

1. Kontes yang Tanpa Banyak Drama

Acara kontes menyanyi sudah sudah beberapa lama cukup populer di luar negeri. Acara ini menampilkan bakat bermusik beberapa orang yang belum dikenal sebelumnya lewat ajang kontes. Mereka akan bersaing untuk bisa menjadi yang terbaik.

Kontestan American Idol [Image Source]
Kontestan American Idol [Image Source]
Karena namanya acara kontes musik, jadi yang ditayangkan juga nggak banyak drama atau bumbu lain yang nggak perlu. Cukup fokus di acara kontes musiknya tanpa perlu bumbu kisah miris atau drama lainnya.

2. Komentar yang Proporsional dengan Acara

Beberapa acara dengan format kontes tentu akan melibatkan juri. Nah, peran juri penting untuk memberikan kritik dan saran bagi peserta agar mereka bisa tampil lebih baik lagi di babak selanjutnya.

Juri X-Factor [Image Source]
Juri X-Factor [Image Source]
Kritik yang diberikan para juri juga proporsional dan sesuai dengan acara. Nggak ada komentar yang dibuat-buat sehingga memanjang-manjangkan durasi. Jika bagus ya dibilang bagus, kalau jelek ya dibilang jelek.

3. Host atau Pembawa Acara yang Keren

Dalam acara berformat talk show, atau kontes, host menjadi sosok penting yang membawakan acara. Coba lihat acara kontes seperti American Idol atau X-Factor. Pembawa acara bisa membawakan acara dengan baik, terkadang juga dengan disisipi humor, namun yang tidak menyinggung atau merendahkan orang lain.

Ryan Seacrest, host American Idol [Image Source]
Ryan Seacrest, host American Idol [Image Source]
Berbeda dengan beberapa kontes yang ada di Indonesia. Host merangkap dengan melawak namun sayangnya humor yang diberikan tidak menarik dan terkadang malah menyinggung.

4. Acara Serial yang Menarik

Banyak acara serial menarik di channel tv luar negeri sana, mulai dari kisah horor, drama, hingga serial aksi. Yang membuat acara tersebut keren adalah jalan ceritanya yang seru dan tidak membosankan.

Adegan CSI [Image Source]
Adegan CSI [Image Source]
Konflik yang ditampilkan juga bukan tentang hal-hal klise seperti yang sering kita temui di serial Indonesia. Jalan cerita dan karakter pemain juga lebih luas dan tidak hanya satu warna, yang baik sangat baik dan yang jahat sangat jahat.

5. Kemampuan Peserta yang Lebih Mumpuni

Di acara show yang sering diputar luar negeri seperti Master Chef, X-Factor, atau acara Idol, kemampuan para pesertanya terlihat lebih mumpuni. Bahkan untuk acara seperti Master Chef Junior yang versi luar negeri, para kontestan juga terlihat lebih punya skill dan acara kontes musik juga punya rentang suara yang lebih luas dan warna trend yang lebih beragam.

Masterchef [Image Source]
Masterchef [Image Source]
Frenchise acara tersebut di Indonesia sebenarnya juga sudah menarik. Hanya saja di Indonesia kontestan terasa kurang beragam dan warna skill yang tidak jauh beda. Acara kontes musik di Indonesia hanya beberapa kontestan saja yang memiliki warna kemampuan yang benar-benar unik dan berbeda dari tren kebanyakan, sehingga penonton juga jadi cepat bosan.

Seandainya acara show di Indonesia bisa lebih fokus dalam membuat acara, tidak memanjang-manjangkan durasi, atau diberi gimmick yang tidak perlu, mungkin acara-acara tersebut tidak akan kalah menarik. Tentu saja diluar acara sinetron yang sekarang ini lebih sering menerima kritikan daripada pujian.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Potret Kelakuan Nyeleneh DPR Rusia Saat Rapat, Ternyata Gak Kalah Koplak dengan Indonesia 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara 8 Balasan “Surat Cinta” Istri Pergi ke Pasar Tinggalkan Suami Ini Sukses Bikin Ngakak Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Mengenal Phu Quoc, Penjara Super Sadis yang Terapkan ‘Siksa Neraka’ di Vietnam Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas 6 Fakta Ini Buktikan Enaknya Menjadi Pilot di Indonesia, Nomer 5 Bikin Ngiler! Kerap Tampil Kocak Sampai Menggelikan, Ternyata Kehidupan Mimi Peri di Dunia Nyata Sungguh Miris 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand
BACA JUGA