Serba-serbi Informasi Pasca Meninggalnya Raja Abdullah

oleh Vyra Sofia
21:22 PM on Jan 23, 2015

Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdulaziz al-Saud, telah menderita pneumonia. Meskipun kesehatannya telah memburuk selama beberapa tahun, ia sudah memerintah selama 90 tahun. Sehingga rakyat dan keluarga raja tak tahu seberapa siap mereka menghadapi kondisi pasca berpulangnya sang Raja. Ia adalah seorang tokoh yang sangat populer bahkan di antara orang-orang Saudi yang tidak mempunyai hubungan saudara. Ia meninggalkan kekosongan yang sulit diisi dengan yang lain.

Memerintah di Arab Saudi bukan hanya menjadi seorang manajer yang hanya mengelola minyak bumi. Namun, ia juga harus memperhatikan kesejahteraan dan keamanan bagi rakyatnya yang seringkali terjadi pertentangan.   Berikut beberapa informasi terkait pasca meninggalnya Raja Abdullah.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Keluarga Sang Raja

Raja Abdullah merupakan anak dari Raja Abdul aziz bin saud. Ia menikah dengan beberapa perempuan. Ia mempunyai beberapa anak laki-laki dan permepuan. Putra tertua Raja Abdullah adalah Pangeran Khaled. Ia adalah wakil komandan Saudi Arabian National Guard Barat sampai 1992. Anak keduanya, yaitu Pangeran Mutaib yang merupakan mantan komandan dan menteri saat Garda Nasional. Ibunya adalah Munira Al Otaishan. Pangeran Mishaal telah menjadi gubernur di Provinsi Makkah sejak 2014. Pangeran Abdulaziz merupakan mantan penasihat raja Suriah dan pernah menjadi wakil menteri urusan luar negeri sejak 2011. Sedangkan, Pangeran Faisal adalah kepala Saudi Arabian Red Crescent Society. Anak Raja Abdullah ketujuh yaitu Pangeran Turki yang merupakan seorang pilot jet di Royal Saudi Air Force. Ia juga merupakan Gubernur Provinsi Riyadh. Putra bungsunya yaitu Pangeran Badr lahir pada tahun 2003 di saat Abdullah berusia sekitar 79 tahun.

Keluarga Raja Abdullah
Keluarga Raja Abdullah

Selain mempunyai sederet anak laki-laki, ia juga mempunyai anak perempuan. Anak-anak perempuannya yaitu Putri Adila binti Abdullah Al Saud yang telah menikah dengan Faisal bin Abdullah. Dia adalah salah satu dari beberapa putri Saudi merakyat. Ia dikenal sebagai perempuan yang membela hak perempuan untuk mengemudi.  Dia juga dikenal sebagai “wajah ayahnya” .Selain itu, ada Putri Aliya binti Abdullah,yang menjabat sebagai ketua Dinas program Sosial yang berada di Jeddah. Anak perempuan ketiganya yaitu Putri Maryam binti Abdullah. Ia adalah seorang dokter yang berada di Eropa. Salah satu anak perempuan yang lebih muda Abdullah, Putri Sahab binti Abdullah Al saud, yang lahir pada tahun 1993. Sahab binti Abdullah menikahi Khalid bin Hamad Al Khalifa yang merupakan putra Raja Bahrain yaitu Raja Hamad bin Isa Al Khalifa. Pernikahan putrinya tersebut digelar pada tanggal 6 Juni 2011. Putri Sahab adalah putri sang raja dengan istrinya yang bersuku Al-Jarbah. Sedangkan yang lainnya yaitu Sahar binti Abdullah, Fahda binti Abdullah, Sarah binti Abdullah, Sayta binti Abdullah, Nof binti Abdullah, Jawahir binti Abdullah, Oraib binti Abdullah, , Madawi binti Abdullah, Abeer binti Abdullah, Rama binti Abdullah, Nayfa binti Abdullah, Haifaa binti Abdullah, Maha binti Abdullah, Hala binti Abdullah, Anoud Al Saud dan Basma binti Abdullah.

Harta Peninggalan Raja Abdullah

Raja Abdullah dikenal sebagai orang yang dermawan. Ia  pernah membantu untuk mengembangkan perpustakaan Raja Abdulaziz yang berada di Riyadh dan perpustakaan lainnya yang berada di Casablanca, Moroko. Ia juga pernah mendonasikan sekitar 300.000 dolar Amerika untuk pembangunan ulang  Orleans high school setelah terkena badai sebelumnya. Tak hanya itu, ia mengeluarkan 500 juta dolar Amerika kepada PBB untuk Program Pangan Dunia di tahun 2008 dan banyak lagi.

Al-Janadriyah
Al-Janadriyah

Sang Raja ini merupakan pemilik dari perkebunan dan kandang kuda Al-Janadriyah terbesar di kerajaan. Raja Arab ini terkenal ahli dalam menunggang kuda. Terdapat lebih dari 1.000 kuda tersebar di dalam kandang ini. Putranya yaitu Pangeran Mutaib bin Abdullah adalah pemilik pertanian Al Janadriyah yang  terbesar di kompleks yang terletak di pinggiran kota Riyadh. Raja Abdullah juga memiliki kompleks kerajaan Casablanca. Kompleks  kerajaan Casablanca dikenal dengan kompleks perumahan yang dilengkapi dengan dua heliport dan dikelilingi dengan rumah-rumah besar. Luas kompleks ini sekitar 133 hektar. Menurut salah satu majalah Amerika yaitu Forbes, kekayaan Raja Abdullah mencapai 21 miliar dolar Amerika.

Pengganti Raja Abdullah

Sebelumnya, pergantian jabatan sebagai raja sudah ditentukan. Penerima mandate setelah Raja Abdullah seharusnya adalah pangeran Sultan. Namun,  pangeran Sultan bin Abdulaziz ini meninggal sebelum ia memulai pemerintahannya yaitu pada tahun 2011. Setelah meninggalnya pangeran sultan, penerima tahta adalah pangeran Nayef. Namnu sayang, hal serupa pangeran Sultan dialami oleh pangeran Nayef. Ia meninggal pada tahun 2012. Sehingga pada 18 Juni 2012, Salman bin Abdulaziz al-saud diangkat sebagai Putra Mahkota Arab Saudi. Ia juga menjabat sebagai  wakil perdana menteri. Hal ini berarti setelah meninggalnya Raja Abdullah, penerima tahta tunggal yaitu Salman bin Abdulaziz al-saud. Sehingga saat ini yang menjabat sebagai putra mahkota yaitu Pangeran Muqrin.

Salman bin Abdulaziz al-saud
Salman bin Abdulaziz al-saud

Pengalaman dalam berpolitik dari Salman bin Abdulaziz al-saud ini tidak diragukan lagi. Pada tahun 1954, ia pernah menjabat sebagai gubernur Riyadh di ummurnya yang ke 19. Ia bertahan dengan jabatan tersebut. Ia berhenti menjabat di saat perebutan kekuasaan antara Raja Saud dan King Faisal yaitu dari tahun 1960 hingga 1962. Namun, tak lama setelah itu, ia menjabat lagi sebagai gunernur Riyadh hingga 2011. Kemudian, ia ditunjuk sebagai menteri pertahanan. Ia dikenal sebagai sosok yang konservatif terhadap perubahan politik dan sosial. Ada banyak rumor mengenai pengganti raja Abdullah ini. Ia diisukan menderita demensia atau penyakit Parkinson.

Bagaimana menurut Anda tentang sosok Salman bin Abdulaziz al-saud sebagai Raja Baru Arab Saudi?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA