Di zaman yang modern ini memang banyak bermunculan ajaran-ajaran sesat yang bikin geger. Mulai dari Lia Eden yang dulu sempat menghebohkan masyarakat hingga Ahmad Musadeq yang disebut menyebarkan ajaran tak biasa. Alhasil terbuktilah kalau memang akhir zaman akan muncul nabi-nabi palsu seperti yang diriwayatkan.

Bicara soal nabi palsu, ada loh satu lagi yang bahkan mau bikin negara sendiri karena merasa dirinya nabi. Bahkan pengikutnya sudah banyak dan ikut mendukung negara baru itu di Indonesia. Lalu benarkah hal itu? Simak ulasan berikut.

Sensen Komara dan Negara Islam Indonesia

Nama Sensen Komara akhir-akhir ini jadi viral kembali karena ulah salah satu pengikutnya. Namun masih ingatkan kamu dengan  pria yang satu ini? Ya dirinya adalah salah satu nabi palsu yang ajarannya dianggap sesat. Bagaimana tidak, pasalnya dirinya bahkan mengganti kata Muhammad dalam syahadat dengan namanya sendiri.

Aliran Sensen Komara [sumber gambar]
Tak sampai di situ bahkan dirinya mengganti arah kiblat yang semula berada di barat untuk menghadap ke timur dan puasa  Ramadhan diganti pada bulan Maret. Ditambah lagi dirinya ingin mendirikan sebuah negara baru di Indonesia bernama Negara Islam Indonesia (NII) dan para pengikutnya jadi penduduk yang mematuhi semua hukumnya.

Surat pernyataan pengikutnya yang viral

Satu hal yang membuat nama nabi palsu ini ramai kembali adalah karena surat dari pengikutnya. Pasalnya beberapa waktu yang lalu satu keluarga di Garut menyebarluaskan surat pernyataan mengenai agama Sensen Komara ini.

Surat pengikut [sumber gambar]
Tertulis, “ASHADU ANLA ILAHA ILLALOH WA ASHADU ANNA BAPAK Drs. SENSEN KOMARA BIN BAPAK BAKAR MISBAH BIN BAPAK KH. MUGNI ROSULALLOH,” pada surat yang diedarkan November lalu itu. Sejatinya ini bukan kasus yang pertama, pasalnya 2017 surat serupa juga sempat beredar di sana. Hal ini membuktikan kalau ajaran yang dibawa oleh Sensen Komara ini sejatinya masih ada hingga sekarang.

Semua berasal dari mimpi Sensen jadi nabi

Usut punya usut, awal mula dirinya menyebarkan ajarannya itu ketika mendapatkan wahyu saat mimpi. Sejak saat itulah dirinya mulai mencari pengikut untuk setiap pada ajarannya. Pun demikian, dirinya juga mengangkat diri sebagai presiden dan membulatkan keinginan untuk membentuk negara baru atau mengubah bentuk Indonesia saat ini.

Sensen Komara [sumber gambar]
Setelah diselidiki, akhirnya MUI memutuskan kalau ajaran yang disebarkan oleh Sensen Komara ini sesat bahkan merujuk pada penistaan agama. Oleh sebab itu, nabi palsu asal Garut ini segera dilaporkan pada pihak berwajib  pada tahun 2012 untuk mempertanggungjawabkan penyebaran paham sesat yang malah merugikan.

Mengalami gangguan jiwa tapi ajaran tetap hidup

Setelah diperiksa oleh pihak berwajib, siapa sangka malah kejadian yang tak terduga yang ditemui. Pasalnya Sensen ternyata diketahui mengalami gangguan jiwa. Oleh sebab itu tuduhan kepadanya pun akhirnya dibebaskan. Menurut para ahli yang menanganinya, gangguan jiwa pria inilah yang menyebabkan dirinya berpikir kalau orang suci. Oleh sebab itu ajaran yang disebarkannya bisa dipastikan kalau memang sesat.

Positif gangguan jiwa [sumber gambar]
Namun karena keadaan jiwanya ini membuat Sensen bebas dari tuduhan yang ditujukan padanya pada tahun 2012. Meskipun sudah lama berlalu, namun pengikut dari ajarannya ini sampai sekarang masih ada. Bahkan Dilansir dari Detik, ada 2 ribuan pengikut di garut dan masih banyak lagi di luar sana.

BACA JUGA: Abdul Muhjib, Nabi Palsu Asal Karawang Jual Surga Cuma 2 Jutaan Pada Pengikut

Hal ini membuktikan kalau memang di akhir zaman ini banyak orang yang mengaku sebagai nabi palsu. Oleh sebab itu kita mesti waspada dan tidak sembarangan dalam menuntut ilmu. Jangan sampai keinginan positif malah balik jadi hal yang negatif.