in

4 Fakta Senjata Buatan Malaysia yang Ketinggalan Jauh dari Indonesia, Bahkan Jadi Ejekan Dunia

Keberhasilan Indonesia dalam industri senjata mungkin sudah tak perlu diragukan lagi. Bagaimana tidak, pasalnya banyak negara di luar sana yang sampai membelinya. Tidak hanya itu, bahkan karena senjata buatan dalam negeri itu yang mengantarkan TNI menjadi juara tembak di Asia Tenggara hingga Australia sana.

Bicara soal Industri senjata, ternyata Malaysia pun tak mau kalah. Namun sayangnya justru pil pahit harus mereka terima atas usahanya membuat senjata dalam negeri. Lalu kenapa bisa seperti itu? Biar gak penasaran simak ulasan langkap di bawah ini.

Prototipe senapan Malaysia sudah ada sejak 2006

Seolah tak mau kalah dengan Indonesia, ternyata Malaysia juga mulai menggiatkan industri senjatanya agar bisa mendunia. Misalnya  sebuah prototipe senjata buatannya yang sempat dipamerkan tahun 2006. Namun sayang, alih-alih mendapatkan apresasi yang ada malah cemooh datang dari warga hingga beberapa netizen di dunia.

Prototipe 2006 [sumber gambar]
Bagaimana tidak, pasalnya desain yang ditampilkan oleh VB Berapi LP06 jauh dari senjata ideal. Bahkan lebih mirip senjata dalam film-film Sci-Fic seperti Star Wars. Dan benarlah, banyak warga Malaysianya sendiri yang merasa malu dengan hal itu. Jadi bukan hal yang aneh kalau akhirnya proyek ini tidak diproduksi massal karena dapat apresiasi negatif.

Desain nyelenehnya dibuat oleh orang yang misterius

Dilihat dari sisi mana pun, memang desain yang dibuat jauh dari kesan keren. Namun entah kalau memang dibuat seperti itu karena menekankan fungsi atau manfaat darinya. Akan tetapi satu lagi yang bikin janggal adalah mengenai pendesain dari senapan nyeleneh itu.

Desain yang tak biasa [sumber gambar]

Alih-alih insinyur atau ahli senjata, yang ada malah seseorang dari latar belakang yang tidak jelas. Menurut Direktur utama Vita Berapi, Hasyim Abdul Masjid sosok pendesain dari senapan ini adalah pria bernama Prykhodeka. Yang entah sampai saat ini pun masih belum diketahui kejelasannya. Wajar saja yah, kalau banyak yang mencemooh, pendesainnya saja masih abu-abu.

Bukan hanya satu tipe namun banyak pula yang lainnya

Usut punya usut, banyak pula purwarupa senjata lainnya yang sempat dibuat oleh Malaysia. Dan bisa ditebak, kebanyakan memiliki bentuk yang tidak biasa. VB Berapi LP06, hanya satu contoh, masih ada pistol LP01 dan Shotgun LP02. Niatnya dulu, Malaysia ingin seperti Indonesia atau Singapura yang tentaranya sudah bawa senjata organik dalam negeri.

Masih banyak tipe lainnya [sumber gambar]
Namun bagaimana lagi yang ada malah respon buruk yang diterima. Jadi bukan hal yang aneh kalau dalam jenis-jenis senjata yang dipakai tentara Malaysia di Wikipedia, sangat sedikit yang memakai buatan dalam negari dan masih mengandalkan negara lain.

Gak selamanya industri senjata Malaysia dicemooh

Meskipun kejadian diolok-oloknya VB Berapi LP06 masih teringat, namun bukan berarti industri senjata Malaysia layu. Buktinya, dilansir dari Wikipedia negeri Jiran ternyata sempat bekerja sama dengan negara maju seperti Inggris dan Amerika dalam membuat senjata. Semisal jenis Colt M4 dan Steyr AUG yang merupakan produk luar namun bisa diproduksi di Malaysia.

Tentara Malaysia [sumber gambar]
Namun tentu kalau bicara soal industri senjata maka PINDAD masih jadi salah satu yang terbaik di Asia tenggara. Bahkan dalam kejuaraan di Australia beberapa waktu yang lalu, tentara negeri Kanggoro bahkan sampai ingin ‘membongkar’ senapan dalam negeri hanya agar tahu rahasianya jadi juara.

Memang kemampuan suatu negara dalam membuat senjata menjadi bukti betapa kuatnya militer dan industrinya. Keberhasilan Indonesia mungkin jadi salah satu inspirasi Malaysia untuk juga memajukan industri alutsistanya. Meskipun awalnya malah kegagalan yang dialami.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

10 Meme Kocak Kelakuan Kocak Pengendara dan Penumpang Dijamin Bikin Geleng Kepala

Kisah Teladan Nabi Ayyub, Manusia Paling Sabar dalam Sejarah Meski Ditimpa Ribuan Musibah