in

Jarang Ada yang Dengar, 4 Alutsista Buatan Afrika Selatan Ini Ternyata Digilai Dunia

Jarang ada yang tahu, namun banyak orang menganggap kalau Afrika Selatan dianggap daerah yang miskin layaknya negara tak makmur di benua hitam lainnya. Padahal kenyataannya justru sebaliknya, Afsel dianggap negara maju bahkan tak kalah dengan yang lainnya. Orang-orang di sana juga banyak yang kaya dan berpendidikan tinggi.

Pun demikian dengan produksi senjata, ternyata Afrika Selatan banyak membuat alusista yang hebat. Mulai dari rudal, tank dan senjata yang lainnya yang banyak dipuja oleh negara lain salah satunya adalah Indonesia. Tidak percaya? Simak ulasan berikut ini.

Rudal buatan Afrika yang ternyata juga digilai Indonesia

Mungkin memang jarang orang mendengar mengenai teknologi militer milik negara-negara Afrika, namun sejatinya ternyata di sana maju juga. Buktinya beberapa alutsista dari benua hitam itu laku terjual di luar salah satu pembelinya adalah Indonesia. Dilansir dari Tribunnews ternyata dulu negara kita sempat tertarik dengan rudal jenis Umkhonto untuk dipasangkan di kapal laut.

Rudal Afrika [sumber gambar]
Namun belum diketahui apakah Indonesia jadi membelinya atau tidak. Selain itu, ternyata Iran juga sempat melakukan transaksi besar dengan beli rudal milik Afrika ini. Hal ini membuktikan kalau memang kualitasnya lumayan bagus.

Kendaraan lapis baja Afrika yang bikin geger dunia

Tak hanya rudal, ternyata Afrika juga mengembangkan kendaraan tempur yang tak kalah dengan yang lain. Mbombe 8 adalah salah satu kendaraan lapis baja milik Afrika yang ternyata jadi kebanggaan mereka. Bagaimana tidak, pasalnya sempat tampil di pameran militer di Khazasthan Expo dan banyak sekali yang tercengang karenanya.

Mbombe 8 [sumber gambar]

Kendaraan yang satu ini ternyata dilengkapi Stasiun Senjata Remote Control (RCWS) yang dipersenjatai meriam 30 mm dan senapan mesin (MG) 7.62 mm, serta bank dari peluncur granat. Dan tentu lapis baja yang kuat membuatnya tahan akan serangan dari lawan. Oleh sebab itu Yordania jadi tertarik untuk membeli puluhan unit Mbombe 8 dari Afrika Selatan.

Pesawat murah, gahar dan siap untuk mendunia

Sepertinya Afrika Selatan tak mau kalah dalam kontes produksi pesawat tempur dengan negara yang lainnya. Salah satu produknya adalah AHRLAC si penjaga udara yang sudah disiapkan bahkan sejak lama. Tahun 2014, negara ini sangat optimis dengan proyek barunya itu, namun siapa sangka saat melakukan uji coba masih banyak kendala yang harus diselesaikan.

Pesawat Afrika [sumber gambar]
Dengan kecepatan mencapai 504 Km per jam membuat pesawat ini makin diunggulkan. Belum lagi misil Mokopa dan bom Mk 81 menjadikannya jadi idola. Oleh sebab itu bukan hal yang aneh kalau pesawat ini akan dipasarkan di Amerika sana dengan nama Bronco II.

Kuda perang dari benua hitam yang dicintai Indonesia

Seperti yang diketahui memang kendaraan tempur buatan Afrika Selatan memang memiliki kualitas yang bagus. Salah satunya adalah Casspir MK3 yang ternyata dipakai oleh pasukan Kopassus dalam menjalankan tugas. Casspir MK3 sendiri adalah kendaraan tempur (Ranpur) yang sejatinya sudah ada sejak tahun 80-an.

Ranpur buatan Afrika [sumber gambar]
Seiring berjalannya waktu alutsista yang satu ini mengalami pengembangan yang signifikan hingga sampai sekarang. Dan seperti yang diduga ternyata Kopassus tertarik dengan versi MK3. Dirancang untuk menahan dari serangan tembakan dan ranjau membuat ranpur ini jadi salah satu kendaraan yang diandalkan. Hal ini jadi bukti majunya persenjataan buatan Afrika Selatan sana.

BACA JUGA: 5 Produk Alutsista Dalam Negeri ini Jadi Bukti Indonesia Makin Jemawa di Ranah Militer

Keberadaan beberapa alusista yang mendunia ini jadi bukti bagaimana Afrika Selatan menunjukan batang hidungnya. Alhasil benua hitam tak lagi dipandang remeh oleh negara lain dengan adanya persenjataan yang luar biasa. Bayangkan saja Indonesia dan Amerika saja mengakuinya.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Masih Ingat One Litre Of Tears? Belasan Tahun Berlalu, Begini Kabar Para Pemainnya

Perempuan Ini Menikah dengan Hantu Bajak Laut Berusia 300-an Tahun, Kok Bisa?