Kalau urusan jiplak menjiplak, maka tidak ada yang lebih ahli dari orang Tiongkok. Bukan tanpa alasan kenapa bisa seperti itu, sudah banyak bukti jika mereka memang bisa bikin versi KW untuk benda apa pun. Mulai dari tusuk gigi, sampai mobil Rolls Royce yang harganya miliaran.

BACA JUGA: Balada Kisah Cinta Pak Harto dan Ibu Tien yang Lebih Manis Dari Descendants of The Sun

Kemampuan meniru Tiongkok mungkin dianggap aib bagi sebagian orang, tapi menurut mereka kemampuan ini justru bisa berguna banyak sekali, bahkan termasuk bagi negara khususnya soal alat-alat militer. Ya, sama seperti barang-barang KW lainnya, siapa sangka jika Tiongkok juga melakukan aksi jiplak alutsista, dan yang mereka tiru adalah negara peringkat pertama militer dunia, Amerika Serikat.

Lalu, alutsista apa saja yang sukses dijiplak oleh Tiongkok dari AS? Simak ulasannya berikut.

1. Pesawat Pengangkut Kelas Berat C-17

Selama ini Tiongkok selalu kesulitan membangun pesawat pengangkut kelas berat. Beberapa kali mereka mencoba, tapi hasilnya tidak pernah maksimal. Hingga di tahun 2010 kemarin, tiba-tiba saja mereka punya 200 pesawat pengangkut kelas berat tersebut. Ketika dilihat secara detail ternyata desain pesawat yang bernama Y-20 ini sama persis dengan C-17 milik AS. Dan misteri pun mulai terkuak dari sini.

C-17 dan Y-20
C-17 dan Y-20

Ya, siapa sangka jika pesawat Y-20 ini memang tiruan dari C-17 milik Amerika. Alasan kenapa Tiongkok bisa bikin pesawat kelas berat ini diduga merupakan hasil intelijen oleh seorang agen bernama  Dongfan Chung. Diketahui pria ini mencuri sekitar 250 ribu dokumen dari Boeing dan Rockwell. Dalam salah satu dokumen itu konon juga menyertakan desain dari C-17.

2. Pesawat Tempur J-20 Meniru Desain F-35 dan F-20 Milik AS

Di tahun 2011 kemarin, Tiongkok dengan bangga memamerkan pesawat tempur terbaru mereka dengan label J-20. Sekilas, pesawat ini begitu mirip seperti jet tempur AS yang terkenal itu. Ketika ditelusuri, ternyata memang ada kaitannya antara J-20 dengan desain pesawat tempur pabrikan Lockheed Martin tersebut.

F-35 & J-20
F-35 & J-20

Pernah ada kabar seorang pengusaha Tiongkok yang ditahan gara-gara pencurian data rahasia milik AS. Setelah dipastikan, data yang diambil itu ternyata berisi dokumen dan program yang berhubungan dengan pesawat tempur F-22 dan F-35. Dari sini semuanya terkuak jika J-20 menjiplak penuh desain dan kemampuan dua pesawat Amerika itu.

3. Drone Tanpa Awak AS Juga Dijiplak

Unmanned Drone alias pesawat pengintai tanpa awak adalah salah satu dari senjata paling mematikan milik AS. Seperti namanya, pesawat ini digunakan untuk aksi mengintai level ekstrem yang canggihnya tak karuan. Selama ini dikabarkan jika hanya AS yang memilikinya. Sayangnya, hal tersebut langsung dipatahkan oleh Tiongkok.

Drone AS & Tiongkok
Drone AS & Tiongkok

Ya, negara tirai bambu ternyata juga memiliki drone seperti ini. Sama persis, baik bentuk maupun spesifikasi dan kemampuannya. Tidak ada bukti sahih jika Tiongkok mencuri dokumen dan semacamnya untuk membuat pesawat canggih ini. Ketika ditanya, para pembuatnya mengatakan jika mereka memang terinsipirasi dari Drone milik AS. Soal teknologi, mereka mengatakan itu murni hasil kreasi sendiri.

4. Black Hawk yang Sangar Juga Jadi Korban Jiplak

Di antara jajaran alutsista udara AS, Black Hawk bisa dibilang yang paling punya nama. Ya, helikopter satu ini sudah dipakai di banyak misi dan memang terbukti sangat oke dari kemampuan. Black Hawk sangat identik dengan AS meskipun beberapa negara juga memilikinya. Namun, tidak untuk Tiongkok. Sepertinya belum ada dokumentasi jika Tiongkok memiliki Black Hawk.

Blackhawk & Z-10
Blackhawk & Z-10

Namun di akhir tahun 2013 lalu, Tiongkok melakukan uji coba penerbangan helikopter terbarunya bernama Z-10. Ketika dilihat lekat-lekat, ternyata desainnya sama persis seperti Black Hawk. Hal ini tentu bukan sebuah kebetulan. Ketika ditelusuri, ternyata Tiongkok pernah bekerja sama dengan intelijen Pakistan untuk mengakses data rahasia Black Hawk. Mungkin hasil dari kerja sama ini adalah Z-10 yang keren itu.

5. Rudal Anti Tank AS juga dijiplak Tiongkok

Tahun 2014 lalu, militer Tiongkok memamerkan sebuah senjata terbaru mereka yang super mengerikan. Namanya adalah HJ-12, di mana senjata ini berbentuk semacam peluncur rudal yang fungsinya untuk menghancurkan tank-tank. Lagi-lagi, HJ-12 ini juga nampak sangat familiar dengan milik AS. Dan benar saja, ini adalah versi copy dari rudal anti tank milik Amerika bernama FGM-148 Javelin.

FGM-148 & HJ-12
FGM-148 & HJ-12

Namanya juga copy, dari semua aspek HJ-12 dan FGM-148 benar-benar identik. Tak hanya kemasan dan bentuk saja, tapi juga sistem, metode luncur dan sebagainya. Tidak diketahui kenapa Tiongkok bisa memiliki senjata satu ini.

BACA JUGA: 5 Rudal Penghancur Milik Indonesia ini Menjadi yang Terhebat di Asia Tenggara

Tiongkok mungkin dibully gara-gara kebiasaan meniru mereka. Tapi, gara-gara ini negeri tirai bambu mulai banyak ditakuti. Ya, kemampuan meniru ini membuat negara-negara lain takut jika teknologi canggih mereka ditiru begitu saja oleh Tiongkok. Bahkan, kabarnya mereka bisa membuat barang yang sama persis namun dengan biaya produksi yang amat rendah.