Di Negara Ini Senapan Mematikan Dijual Bebas dan Dimiliki Banyak Warga Sipil, Ngeri!

oleh Adi Nugroho
14:21 PM on Oct 13, 2016

Senapan adalah salah satu senjata api yang di Indonesia sangat dilarang kepemilikannya. Mereka yang berasal dari kaum militer sajalah yang diperbolehkan memilikinya. Warga sipil tidak diperkenankan memiliki senjata api ini karena dianggap berbahaya dan bisa memicu adanya tindakan kriminal yang tidak diinginkan.

Berbeda dengan dengan Indonesia, negara-negara di bawah ini justru memperbolehkan warganya memiliki senjata api. Meski dengan aturan yang ketat, senjata api tetap dijual dengan bebas sehingga ada negara yang lebih dari 75% warganya memiliki senjata api dengan berbagai jenis dan ukuran. Inilah negara-negara yang warganya banyak menyimpan senjata api mematikan.

Baca Juga
Inilah 4 Kisah Pria Beruntung 2017, yang Berhasil Bikin Bule “Ngebet” Nikah
Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah

1. Amerika, Surga Para Pencinta Senapan

Salah satu ambisi dari Barrack Obama saat menjadi presiden adalah membuat aturan ketat tentang kepemilikan senjata api. Hal ini dilakukan untuk menekan angka kejahatan yang terus meningkat di Amerika dalam beberapa dekade terakhir. Kepemilikan senjata api dianggap sebagai trigger atau pemicu yang membuat banyak orang terobsesi untuk melakukan tindakan kriminal.

senapan di Amerika [Image source]
senapan di Amerika [Image source]
Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Universitas Swiss, angka kepemilikan senjata api di Amerika mencari 88 dari 100 penduduk. Dilihat dari keadaan ini rasanya wajar kalau aksi penembakan dan kriminal di Amerika susah sekali turun.

2. Yaman, Negara Paling Dimusuhi di Jazirah Arab

Pada tahun 2015, Arab dan sekutunya melakukan intervensi secara besar-besaran di Yaman. Keadaan ini membuat banyak warga yang tinggal di sini merasa tidak aman dan memilih memiliki senjata sendiri. Setidaknya lebih dari separuh warga di Yaman memiliki senjata sendiri yang digunakan untuk keperluan perang dan membela diri sendiri.

Senapan di Yaman [Image source]
Senapan di Yaman [Image source]
Senjata yang didapatkan warga di sini sebagian besar dari para pendukungnya. Iran dianggap sebagai donatur terbesar meski negara ini menyangkalnya. Selanjutnya Hezbullah, Rusia, dan Korea Utara disebut memberikan asupan senjata agar bisa melawan Liga Arab yang di-backing Amerika dan Inggris.

3. Swiss, Negara Aman yang Penduduknya Bersenjata

Tidak bisa disangkal lagi kalau Swiss adalah salah satu negara paling aman di dunia. Di negara ini tingkat kriminalnya sangat rendah sehingga banyak dijadikan destinasi untuk tinggal. Meski dikenal sangat aman dan nyaman untuk tempat tinggal, Swiss memiliki radio 45 berbanding 100 untuk penduduk yang memiliki senjata dan tidak.

Senapan di Swiss[Image source]
Senapan di Swiss[Image source]
Sebagian besar pria di Swiss memiliki senjata yang disimpan di dalam rumah. Mereka yang pernah mengikuti pelatihan militer diizinkan memiliki senjata api. Senjata ini akan digunakan untuk keperluan berperang, membela diri atau pun melakukan olahraga menembak yang kerap dilombakan di negara yang terkenal dengan produk dairy-nya ini.

4. Arab Saudi, Pasar Gelap Senjata Api Banyak Muncul di Sini

Arab Saudi sangat membatasi kepemilikan senjata api bagi warga-warganya. Meski demikian, penduduk di negeri ini banyak mendapatkan senjata dengan mudah. Senjata ini biasanya digunakan untuk membela diri, bergabung dengan militan, dan melakukan tindakan kriminal berbahaya lainnya.

Senapan di Arab [Image source]
Senapan di Arab [Image source]
Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Universitas Swiss diperoleh sebuah fakta cukup mecengangkan.Setidaknya 35 dari 100 orang di negeri ini memiliki senjata api berupa senapan. Mereka mendapatkannya dengan cukup mudah melalui pasar gelap dan juga penyelundupan dari negara penghasil senjata seperti Rusia.

5. Irak, Negara yang Dipenuhi Konflik dan Perang Mematikan

Berdasarkan survei, 34 dari 100 penduduk di Irak memiliki senjata api berupa senapan. Jumlah ini sebenarnya bisa meningkat dengan tajam mengingat Irak adalah negara konflik. Penduduk di negeri ini juga banyak yang bergabung dengan separatis sehingga asupan senjata bisa berjalan dengan baik dan ini cukup mengerikan.

Senapan di Irak [Image source]
Senapan di Irak [Image source]
Invasi yang dilakukan oleh Amerika dan perang sipil antara penduduk membuat arus senjata di Irak sangat tinggi. Mereka kerap mendapatkan senjata dari pasar gelap atau negara asing yang secara diam-diam melakukan intervensi untuk menghancurkan kelompok tertentu. Mereka akan memberikan asupan senjata mematikan cukup banyak.

Inilah negara-negara di dunia yang penduduknya memiliki senapan mematikan. Di negeri tersebut benda berbahaya ini dijual bebas meski melalui pasar gelap atau melalui pasar resmi dengan aturan cukup ketat.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo
BACA JUGA