Ketika Semboyan Bahasa Inggris Jadi Asal-Asalan di Sekolah Dasar

oleh Evi Rizana
10:00 AM on Jan 8, 2015

Anak SD identik dengan daya ingat yang tajam. Mereka dengan mudah mengingat apa yang telah dipelajarinya sewaktu masih di sekolah. Begitu pula dengan hal – hal yang ditemui di lingkungan sekolah.

Daya ingat yang kuat ini dimanfaatkan oleh berbagai sekolah untuk mengajarkan life skill murid – murid mereka. Seperti memasang berbagai semboyan di lingkungan sekolah yang mudah dibaca, diingat, dan diterapkan para siswa. Tak ketinggalan, sekolah juga sering menggunakan bahasa asing untuk memberikan semboyan sekaligus mengajarkan anak.

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

Ketika Semboyan Bahasa Inggris Jadi Asal-Asalan di Sekolah Dasar 1
Ketika Semboyan Bahasa Inggris Jadi Asal-Asalan di Sekolah Dasar 1

Namun sayangnya, mereka tidak memperhatikan struktur bahasa atau grammar yang benar dalam semboyan tersebut. Seakan hanya menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris secara asal –asalan. Meskipun anak SD belum bisa memahami grammar yang benar, namun daya ingat mereka sangat kuat untuk mereka apa yang dilihat dan diterima oleh otak. Tak jarang dari mereka yang menggunakan semboyan yang salah tersebut hingga dewasa.

Ketika Semboyan Bahasa Inggris Jadi Asal-Asalan di Sekolah Dasar 2
Ketika Semboyan Bahasa Inggris Jadi Asal-Asalan di Sekolah Dasar 2

Aku malu datang terlambat. I am ashamed come is overdue.

Salah satunya adalah ketika terdapat semboyan agar anak tidak datang terlambat lagi. Tanpa malu, sekolah memajang semboyan yang menggunakan bahasa Inggris asal – asalan tersebut. Sangat terlihat jelas jika mereka menggunakan teknik terjemah kata perkata. Atau mungkin, jika menggunakan mesin terjemahan tanpa mengganti grammar yang benar.

Bagi yang paham betul penggunaan bahasa Inggris yang benar, mereka pasti tertawa melihat semoboyan tersebut. Tidak hanya grammar yang acak – acakan melainkan juga pemilihan diksi yang asal – asalan tanpa mengetahui konteks kalimat. Seperti penggunaan ‘overdue’ untuk kata terlambat yang seharusnya diganti dengan kata ‘late’. Belum lagi semboyan lainnya yang juga tidak kalah parah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA