Inilah 4 Fakta Miris Kehidupan Selir-Selir Raja Jawa di Masa Lalu

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Jun 14, 2016

Dalam sejarah Indonesia kita mengenal apa yang namanya Nyai atau gundik yang merupakan wanita peliharaan Belanda meski bukan berstatus istri. Selain gundik, kita juga mengenal apa yang disebut dengan selir atau wanita yang diikat oleh Raja namun tidak berstatus sebagai istri syah dan mendapatkan gelar sebagai permaisuri.

Baca Juga: Inilah 3 Sejarah yang Melandasi Mitos Larangan Nikah Antara Sunda-Jawa

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

Di masa lalu, pengangkat selir oleh Raja Jawa banyak sekali terjadi. Banyak raja di Pulau Jawa memiliki lebih dari satu selir dalam hidupnya. Para selir hidup di sekeliling raja meski tugasnya hanya membuat raja jadi jadi senang.

Pada zaman kerajaan di Jawa, memiliki anak seorang selir adalah sebuah prestasi. Tak jarang banyak abdi dalem sengaja mengirim anak gadisnya ke istana dengan maksud akan menarik perhatian raja. Berikut fakta kehidupan dari selir raja yang selalu dianggap sebagai anugerah itu.

1. Selir Adalah Strategi Politik Kalangan Tertentu

Pada zaman kerajaan Jawa, banyak orang mengirim anak gadisnya ke istana dengan maksud untuk menaikkan derajat. Para bangsawan akan mengirim putri terbaiknya sebagai tanda kesetiaan kepada raja. Dengan memiliki putri sebagai salah satu selir raja, kedudukan mereka di dalam masyarakat akan tinggi.

raja dan selir [image source]
raja dan selir [image source]

Selain bangsawan, rakyat jelata juga kerap memberikan putrinya kepada kerajaan. Mereka rela melakukan itu lantaran ingin derajatnya naik. Memiliki putri di kerajaan sama halnya membangsawankan keluarga. Apalagi kalau nanti selir bisa mengandung anak dari raja.

Next

Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA