Sejarah Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2014

oleh didi
09:17 AM on Oct 28, 2014

Jakarta — Tonggak sejarah pergerakan menuju kemerdekaan Indonesia sudah dilalui sejak 86 tahun silam. Saat itu, pemuda Indonesia dari berbagai suku dan daerah menyatakan sumpah bersama untuk Indonesia. Sumpah tersebut diberi nama sumpah pemuda yang dibacakan pertama kali pada tanggal 28 Oktober 2028.

Berawal pada Agustus 1928 disusunlah panitia kongres yang melibatkan berbagai organisasi pemuda seperti PPPI, Jong Java, Jong Soematranen Bond, Jog Celebes juga tokoh-tokoh seperti Sugondo Djojopuspito, Muhammad Yamin, J. Leimena muncul dalam kepanitiaan tersebut.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

Sejarah Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2014
Sejarah Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2014

Kongres pemuda kedua berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Minggu 27-28 Oktober 1928. Inilah awal semangat pemuda untuk menyatukan cita-cita tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia.

Rumusan teks sumpah pemuda ditulis oleh Moehammad Yamin yang disodorkan kepada Soegondo ketika Mr. Sunario tengah berpidato pada sesi terakhir kongres sambil berbisik ‘Ik heb een eleganter formulering voor de resolutie’ yang berarti saya punya formulasi yang lebih elegan untuk keputusan kongres ini. Lantas kemudian Soegondo menyetujuinya.

Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan oleh Yamin. Adapun bunyi teks sumpah pemuda dengan penulisan menggunakan ejaan van Ophuysen seperti tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda :

Pertama :
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea :
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga :
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sedangkan teks berdasarkan ejaan yang disempurnakan adalah sebagai berikut :

Pertama :
Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
Kedua :
Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
Ketiga :
Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Pada rapat penutupan kongres, didengarkan pula lagu kebangsaan Indonesia Raya ciptaan W.R. Supratman. Ketika itu lagu tersebut hanya dimainkan dengan biola tanpa syair.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA