Sejarah Perayaan April Mop yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Ternyata April Mop sudah ada sejak 500 tahun lalu

oleh Aisyah Putri
07:00 AM on Apr 1, 2017

Tanggal 1 April adalah ‘hari raya’ bagi kaum usil sedunia. Mereka yang suka banget ngerjain temannya pasti selalu menantikan hari ini setiap tahunnya. Cuma di hari ini aja, keusilanmu akan dimaafkan dan dimaklumi. Mulai dari menambahkan garam di minuman teman hingga menyebarkan hoax, semua orang boleh banget melakukan hal-hal yang menyebalkan dan membuat orang lain terlihat bodoh.

Tidak ada yang tahu bagaimana dan kapan tepatnya perayaan April Mop dimulai. Satu hal yang pasti, tradisi ini telah dilakukan setengah abad yang lalu di Eropa. Karena cukup seru, April Mop rutin dirayakan setiap tahunnya dengan cara yang berbeda- beda. Tapi intinya tetap satu, yaitu ngerjain orang lain!

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Terdapat beberapa asumsi mengenai asal muasal perayaan April Mop. Dua di antaranya dianggap paling masuk akal dan paling mungkin terjadi, yaitu perayaan tahun baru Gregorian dan perayaan festival Hilaria.

Perayaan Tahun Baru Gregorian

Paus Gregorius XIII [Image Source]
Konon, sebelum pengangkatan Paus Gregorius  XIII, masyarakat menggunakan kalender Julian yang tahun barunya dirayakan setiap tanggal 1 April. Paus kemudian memutuskan untuk mengganti perayaan menjadi 1 Januari yang didasarkan pada kalendar Gregorian. Saat itu belum terdapat media elektronik, apalagi internet seperti sekarang sehingga penyebaran informasi sangatlah lambat. Akibatnya sebagian orang di Eropa masih merayakan tahun baru di akhir Bulan Maret.

Manusia memang gemar mengolok-olok. Inilah yang dilakukan mereka yang telah mengetahui perubahan kalendar pada mereka yang tengah merayakan tahun baru pada malam 1 April. Seharian penuh perayaan tahun baru yang keliru itu ditertawakan. Sehingga muncullah istilah April Fools. Olok-olok ini terus dilakukan setiap 1 April hingga sekarang ini.

Festival Hilaria

Perayaan April Mop yang didasarkan pada festival Hilaria [Image Source]
Beberapa ratus tahun lalu, saat kerajaan Romawi masih berdiri, mereka memiliki festival tahunan bernama Hilaria yang berarti ‘ceria’ pada akhir Bulan Maret. Di festival ini mereka bersuka cita dengan menggunakan kostum, melakukan permainan, dan hal-hal lainnya yang membuat mereka senang. Tentu, di sini termasuk mengelabui orang lain.

Selain dua asumsi di atas, masih ada beberapa kisah yang dikaitkan dengan awal mula perayaan April Mop seperti cuaca yang selalu berganti-ganti di awal Bulan April, Raja Inggris yang pura-pura turun tahta dan menangkap rakyat yang merayakannya, serta  ada seorang bodoh yang diangkat menjadi Kaisar Romawi dalam waktu sehari.

Meski simpang siur, rupanya sejarah April Mop tidak memiliki pengaruh banyak dalam perayaan di masa kini.  Membodohi dan menertawakan orang lain masih menjadi inti di hari itu. Tak jarang juga mereka menertawakan kebodohan mereka sendiri. Semua orang bersuka cita dan tidak terlalu serius dalam menanggapi sesuatu. Perayaan ini bagus juga untuk menghilangkan stress, lho!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA