in

Bencana Alam sampai Perang Dunia, Ini 5 Hal yang Bisa Jadi Sebab Akhir Zaman

Banyak masyarakat Indonesia yang percaya tentang adanya hari akhir. Hari ketika dunia dihancurkan dan manusia dihadapkan pada penghakiman. Ternyata, teori tentang kiamat juga didukung oleh ilmu pengetahuan. Peristiwa ini bisa digambarkan secara ilmiah, bukan fiksi.

Ada banyak penjelasan tentang bagaimana dunia akan hancur di akhir masanya. Ada yang karena peristiwa alam, ada juga yang menyimpulkan akibat perbuatan manusia sendiri. Seperti apakah kiamat-kiamat yang akan terjadi dan mengancam kehidupan di atasnya?

Letusan gunung berapi super besar akibatkan perubahan iklim yang mengancam kehidupan

Bila meletus, Yellowstone bisa mengancam makhluk hidup. [sumber gambar]
Indonesia pernah berkontribusi terhadap perubahan kehidupan di Bumi. Letusan super volcano, Toba Purba sekitar 74.000 tahun lalu, membawa planet ini ke zaman es. Ternyata, letusan itu bukan akhir dari super volcano. Masih ada ancaman letusan maha dahsyat lainnya, yaitu dari Yellowstone, Amerika Serikat. Semoga saja Yellowstone tetap tenang, tanpa gejolak.

Pemanasan global bisa musnahkan peradaban manusia

Pemanasan global mengancam kehidupan manusia. [sumber gambar]

Sebagian wilayah Indonesia akhir-akhir ini terasa panas. Perubahan cuaca ini seperti jadi alarm bahwa bahaya pemanasan global itu nyata. Pertumbuhan ekonomi dan teknologi mendorong banyaknya pabrik-pabrik baru. Di jalanan, ribuan kendaraan lalu lalang, di mana asap bahan bakar semakin meningkatkan dampak efek rumah kaca. Bila hal ini diteruskan, Bumi akan semakin panas dan membawa peradaban ke jurang kehancuran.

Ancaman batuan angkasa, atau asteroid, yang siap menabrak Bumi kapan saja

Bumi selalu terancam oleh asteroid-asteroid. [sumber gambar]
Asteroid adalah ancaman yang sangat nyata. Bumi sudah pernah mengalami tabrakan dengan batuan luar angkasa yang membuat dinosaurus punah. Beberapa kali asteroid juga terlihat melayang mendekati planet ini. Harapan terakhir manusia adalah para ilmuwan. Diharapkan mereka sudah tahu cara menghadang batuan raksasa yang melayang tepat ke arah Bumi.

Manusia juga bisa punah akibat virus penyakit

Bentuk virus corona SARS-CoV-2, diambil dari seorang pasien yang terinfeksi COVID-19 [sumber gambar]
Pandemi Covid-19 menjadi bukti bahwa makhluk sekecil virus bisa jadi ancaman besar bagi manusia. Dalam dua tahun, jutaan nyawa melayang tak terselamatkan. Meski sudah ada vaksinasi, beberapa negara tetap saja mengalami gelombang serangan Covid-19. Hal ini menjadi catatan bagi masyarakat Indonesia untuk selalu waspada dan taat protokol kesehatan, meski jumlah penderita mengalami penurunan.

Keegoisan manusia salah satu faktor pemicu kiamat

Di era yang serba internet, begitu mudah untuk memantik emosi orang lain. Hoaks bertebaran, membuat yang benar menjadi salah dan yang salah menjadi benar. Ketika egoisme manusia tak lagi bisa dibendung, di situlah kehancuran berada.

Pertanda Kiamat (ytimg)
Ancaman perang nuklir membayangi kehidupan manusia masa kini. [sumber gambar]
Negara akan memerangi negara lainnya. Perang dunia ketiga berbalut nuklir dan teknologi bakal sangat mungkin terjadi. Awan cendawan terlihat membumbung tinggi, menghapus angka populasi sekaligus merusak planet indah ini dengan radiasi.

BACA JUGA: Ilmuwan Beri Peringatan Bahaya Badai Matahari, Dampaknya Bisa Bikin Kiamat Internet

Kehancuran dunia bisa terjadi dalam banyak versi. Tidak ada yang bisa menebak, kiamat mana yang akan terjadi. Bila disebabkan oleh alam, berarti memang sudah waktunya. Namun bila disebabkan oleh kita, berarti anggapan bahwa manusia adalah makhluk yang destruktif itu benar adanya.

Written by Bayu Yulianto

5 Fakta Aipda Ambarita, Petarung Jalanan yang Dipindahtugaskan Akibat Periksa Ponsel Warga

Cantik Bak Barbie! Intip 10 Potret Mantan Miss Turki Amine Gulse, Istri Tercinta Mesut Ozil