Naval Special Warfare Development Group, atau yang biasa dikenal dengan nama Seal Team Six adalah pasukan pembasmi teroris. Pasukan ini dikenal sangat mematikan dan merupakan salah satu unit terbaik yang dimiliki Amerika Serikat saat ini.

Pasukan militer ini hanya menangani misi yang paling sulit dari yang tersulit. Kedudukan mereka setara dengan pasukan militer AS lainnya, Delta Force yang terkenal itu.

Sudah banyak permainan video ataupun film yang mengangkat kisah heroik mereka. Contohnya adalah game Call of Duty atau Tom Clancy’s Rainbow Six Siege. Sedangkan film yang mengangkat kisah mereka berjudul Seal Team Six: The Raid on Osama Bin Laden

Untuk informasi selengkapnya langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Kisah Pendirian SEAL Team Six

SEAL Team Six dibentuk pasca operasi Eagle Claw. Pada penyanderaan warga Amerika Serikat di Iran tahun 1979, Richard Marchinko adalah salah satu dari dua perwakilan U.S. Navy atau angkatan laut Amerika Serikat yang tergabung dalam satuan khusus bernama TAT atau Terrorist Action Team.

SEAL Team Six
Richard Marchinko, pria yang berjasa mendirikan pasukan khusus ini. [Image Source].
Tujuan pembentukan TAT adalah untuk menyusun rencana menyelamatkan para sandera yang ditawan di Iran. Melihat kebutuhan yang sangat mendesak untuk membentuk suatu unit anti terorisme khusus, pihak Navy pun memerintahkan Marchinko untuk membentuk tim khusus yang kelak bernama SEAL Navy Six.

Perekrutannya ketat, tak sembarang orang bisa bergabung

Untuk dapat bergabung ke dalam pasukan ini, ditetapkan syarat-syarat yang sangat ketat dan berat. Mereka harus seorang lelaki yang berasal dari unit khusus, berusia minimal 21 tahun dan sedikitnya pernah terlibat dalam 2 pertempuran.

SEAL Team Six
Ilustrasi terjun payung. [Image Source].
Selain itu kemampuan berbahasa sangat vital lantaran nantinya mereka dituntut untuk dapat berkomunikasi dengan penduduk setempat di berbagai lokasi di dunia apabila sedang mendesak. Kemampuan untuk berbaur dengan penduduk ketika sedang menjalani misi. Dan terakhir, keterampilan SEAL. Anggota SEAL Team Six dipilih secara terpisah karena kemampuan yang dimiliki oleh satu sama lainnya juga berbeda-beda.

Senjata-senjata andalan yang sering digunakan

Beberapa senjata yang digunakan oleh SEAL Navy diantaranya adalah HK 416, Pirate Gun, MK46, serta AK-47. Untuk senjata sniper, mereka memercayakannya pada MK 12 SPR, McMillan TAC-338 serta M82.

SEAL Team Six
MK 12 SPR. [Image Source].
Ada seorang penembak jitu yang berasal dari pasukan ini yang bernama Chris Kyle. Ia begitu terkenal karena berhasil menghabisi ratusan nyawa teroris dan pemberontak. Sumber mengatakan bahwa jumlahnya mencapai 255 orang. Namanya memang kurang familier. Namun sebuah film berjudul Sniper mengangkat kisah pria ini. Aktor Bradley Cooper mendapatkan kehormatan untuk memerankan penembak jitu ini.

Prestasi-prestasi yang telah ditorehkan

Sebagai salah satu pasukan militer terbaik, tentu misi yang dibebankan pada mereka juga tak main-main. Namun, banyak operasi yang digelar oleh pasukan ini dirahasikan. Meski begitu, beberapa diantaranya yang terkenal adalah keterlibatan mereka di perang Bosnia dan tentunya keberhasilan melumpuhkan pemimpin Al-Qaeda saat itu, Osama Bin Laden.

SEAL Team Six
Ilustrasi pasukan melancarkan operasi. [Image Source].
Pada perang Bosnia, saat itu NATO ikut mengintervensi, maka dilibatkan pula SEAL Team Six yang beroperasi bersama pasukan implementasi NATO yang lain, seperti Delta Force dan SAS dari Inggris. Unit-unit ini ditugaskan untuk mencari dan menangkap orang yang bertanggung jawab atas kejahatan perang dan membawanya ke pengadilan HAM di Belanda. Mereka berhasil menangkap orang-orang yang diduga terlibat dalam kejahatan perang tersebut, yakni Goran Jelisic, Simo Zaric, Milan Simic, dan Miroslav Tadic.

Selanjutnya adalah operasi penyergapan Osama bin Laden. Saat itu Amerika Serikat yang telah diam-diam mengintai tempat persembunyian Osama bin Laden selama satu tahun mengirimkan pasukan khusus ini untuk menyergap dan membekuknya. Sebuah rumah yang berlokasi di Islamabad Pakistan ditengarai menjadi tempat persembunyiannya.

Atas perintah presiden Barrack Obama, Pada tanggal 1 Mei 2011 dini hari, CIA beserta pasukan khusus ini pun langsung menyerbu tempat tersebut. Dalam penyerangan yang berlangsung selama sekitar 40 menit tersebut, SEAL Six berhasil menewaskan Osama bin Laden beserta istri muda, beserta anak buahnya. Hebatnya, tak ada anggota mereka yang tewas dalam operasi ini.

Itulah sekelumit fakta mengenai satuan khusus rahasia dari Amerika Serikat, SEAL Team Six. Tentu saja negara kita juga punya satuan militer yang tak kalah hebatnya dengan mereka dalam tubuh Denjaka serta Kopassus. Kalau kamu mau tahu cerita lengkap pasukan elit kita, kami sudah membahasnya secara mendalam kok, dan kamu bisa mencarinya lewat kolom pencarian di pojok kanan atas.