VAT-69, Satuan Malaysia Paling Rahasia dengan Kemampuan Tiada Tara

oleh Rizal
14:06 PM on Dec 23, 2016

Soal militer, Malaysia bukanlah siapa-siapa. Alasannya apalagi kalau bukan peringkat angkatan perang mereka yang cukup terjerembab dan terpaut begitu jauh dengan Indonesia. Namun, meskipun demikian, adalah kesalahan besar kalau kita memandang remeh militer negeri tetangga ini. Pasalnya, diam-diam mereka menyimpan satu kekuatan yang digadang sangat hebat bahkan di level dunia.

Ya, kekuatan rahasia yang dimaksud ini adalah VAT-69, satuan super elit Malaysia yang kemampuannya sangat oke, bahkan jika diadu dengan tentara elit kita. Tentu ada alasannya kenapa sampai seperti itu. Beberapa di antaranya misalkan pengalaman mereka yang sungguh luar biasa, lalu rutinitas latihan bak neraka, sampai supply senjata mahal mematikan. Tak hanya itu, mereka ini juga merupakan bentukan SAS Inggris yang kamu tahu merupakan salah satu satuan elit paling disegani di dunia.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Pasukan ini punya sejarah yang sangat panjang, termasuk salah satunya adalah soal awal pembentukannya yang bertujuan untuk menghadang Komunisme di negeri jiran, atau tentang perseteruan mereka dengan pasukan elit kita. Lebih jauh tentang si pasukan elit Malaysia ini, berikut adalah beberapa fakta tentang VAT-69.

VAT-69 Adalah Salah Satu Satuan Elit Tertua Malaysia

Sama sekali bukan guyon ketika dibilang VAT-69 ini begitu sarat pengalaman. Pasalnya, kalau kita melihat sejarah pembentukannya, satuan ini memang berumur begitu tua. Menurut data yang ada, VAT-69 dibentuk pada tahun 1969 dan jadi satuan elit paling uzur dari semua angkatan bersenjata di Malaysia.

Pasukan tertua Malaysia [Image Source]
VAT-69 mungkin terkesan seperti pasukan elit dari ketentaraan, namun sebenarnya mereka adalah cabang dari kepolisian. Kalau di Indonesia mungkin seperti Brimob dengan kemampuan paramiliter. Meskipun tidak murni tentara, namun jangan tanya soal kemampuan dan kualitas. Kalau diadu, pasukan satu ini sungguh bisa memberikan perlawanan sengit yang menakutkan.

Dibentuk untuk Memberangus Komunis di Negeri Jiran

VAT-69 tidak dibentuk tanpa tujuan. Ya, ada semacam urgensi khusus sehingga dibangunlah pasukan ini oleh pemerintahan Malaysia. Tujuannya utama dibikin VAT-69 tak lain adalah memerangi komunisme di sana. Kasusnya hampir mirip dengan Indonesia di mana gerakan komunis di sana sudah mulai mengancam stabilitas pemerintahan.

Tujuan VAT-69 dibentuk [Image Source]
Lalu untuk mencegah hal-hal buruk terjadi macam kudeta dan semacamnya, kemudian dibentuklah VAT-69 untuk mengantisipasi. Dibantu dan dibimbing oleh SAS Inggris, kemudian pasukan ini pun lahir. Pada proses perekrutannya, VAT-69 dipilih dari mereka yang sudah ahli. Awalnya hanya terkumpul 30 orang saja. Namun karena semuanya sangat hebat dan terlatih, maka gerakan komunis di sana bisa disikat habis dengan lumayan gampang.

Kemampuan Hebat VAT-69

Secara umum, para anggota VAT-69 memiliki tiga kualifikasi, yakni Task Force, Charlie Force, serta Tim Tugas Khusus. Gampangnya, mereka ini memiliki semua keahlian SWAT dan SEAL yang kurang lebih sama seperti kemampuan Tri Matra-nya TNI. Jadi, bisa dikatakan jika VAT-69 ini pasukan yang lengkap karena ahli di semua ranah, situasi, dan apa pun itu.

Kemampuan hebat VAT-69 [Image Source]
Sama seperti pasukan elit pada umumnya, VAT-69 pun memiliki anggota-anggota yang mempunyai kemampuan khusus. Mulai dari ahli tembak jarak jauh alias sniper, spesialis raid alias serbu, ahli sandi dan kode, medis, komunikasi, dan juga demilition alias penghancuran. Tidak sampai situ, kemampuan hebat itu masih ditambah dengan peralatan perang canggih yang mematikan.

Jadi Tandingan Pasukan Elit Indonesia di Konflik Kalimantan

Seperti yang kamu tahu, Indonesia pernah satu kali berhadapan secara militer dengan Malaysia. Momennya adalah ketika Bung Karno merasa terhina oleh si Jiran kemudian memutuskan untuk angkat senjata melawan Malaysia. Saat itu, Malaysia dibantu oleh berbagai pasukan, termasuk SAS, Gurkha, dan tentara-tentara India bikinan Inggris.

Diduga pernah melawan pasukan elit Indonesia [Image Source]
Ketika itu kita menurunkan para pasukan elit yang sukses bikin Gurkha dan yang lain terkencing-kencing. Sayangnya, Malaysia ketika itu tak juga takluk. Alasannya tak lain karena di sisi mereka berdiri para anggota VAT-69 yang berkemampuan sama. Cerita ini agak disangsikan sebenarnya, namun diduga kuat memang benar terjadi.

Latihan-Latihan Neraka ala VAT-69

Alasan kenapa VAT-69 begitu kuat tak lain karena para anggotanya adalah personel-personel yang diseleksi ketat. Namun, sebenarnya tak hanya itu. Ya, latihan-latihan bak neraka yang mereka punya juga ikut andil membentuk VAT-69 menjadi pasukan yang sangat mematikan. Lalu seperti apa sih latihan berat mereka?

Latihan hebat VAT-69 [Image Source]
Secara umum latihan para anggota VAT-69 ini tak ada bedanya dari pasukan elit pada umumnya. Hanya saja, menu trainingnya lebih kompleks dengan intensitas yang agak tinggi. Dan tak hanya itu, mereka pun dituntut untuk melakukan latihan-latihan mandiri sehingga membuatnya semakin mumpuni.

Malaysia mungkin ecek-ecek ya soal militer, tapi bukan berarti kita boleh menganggapnya remeh. Siapa sangka di balik peringkat mereka yang jauh dari kita, si negeri Jiran ini memiliki VAT-69 yang super duper mematikan itu. Namun, meskipun mereka sangat ahli, tentu kita tak perlu terlalu segan atau bagaimana karena Indonesia punya tandingannya. Ya, kita punya Satbravo, Kopassus, atau si mematikan Denjaka.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA