in

Mengenal 4 Fakta Menakjubkan dari Satelit Militer Pengintai Indonesia yang Siap Mengudara

3. Pembuatan Satelit Militer Pertama Indonesia

Setelah melalui pertimbangan yang sangat matang, satelit militer pertama dari Indonesia akhirnya dibuat. Saat ini Airbus Defense dan Space atau ADS sedang menggarap proyek ini di Amerika. Proyek ini dijadwalkan akan selesai di tahun 2019 dan bisa diterbangkan untuk memperkuat sistem pertahanan Indonesia yang dewasa ini masih penuh celah untuk disusupi.

Satelit militer [image source]
Satelit militer [image source]
Biaya yang digunakan untuk membuat satelit militer ini terbilang mahal. Untuk biaya produksi, penerbangan, dsb. Pemerintah Indonesia harus menggelontorkan uang sebanyak $1 Miliar atau kalau dirupiahkan menjadi Rp13 triliun. Proyek ini mulai dicicil pembayarannya di tahun 2016 ini sebesar Rp1,3 triliun, sisanya akan dibayarkan secara bertahap oleh pemerintah.

4. Kemudahan-Kemudahan Pasca Satelit Mengorbit

Setelah satelit militer mengorbit di luar angkasa pada tahun 2019 silam. Indonesia akan memiliki sistem navigasi yang sangat andal dalam komunikasi antar pesawat Jet. Data-data yang dikirimkan oleh satelit akan diterima oleh pesawat jet secara real time hingga bisa segera melakukan tindakan.

kemudahan satelit militer [image source]
kemudahan satelit militer [image source]
Selain berguna untuk pesawat jet, satelit militer juga bisa digunakan sebagai pengendali jarak jauh. Drone pengintai tanpa awak bisa dikendalikan dari jauh hingga bisa menjangkau banyak tempat di seluruh Indonesia. Terakhir, satelit ini akan memberikan detail yang akurat jika sampai terjadi bencana hingga penyelamat bisa dilakukan dengan secepat mungkin.

Baca Juga :Mengenal 4 Kehebatan SS3, Senapan Serbu Tercanggih Milik TNI yang Bikin Dunia Was-Was

Inilah beberapa fakta menakjubkan dari satelit militer pengintai yang kelak diorbitkan oleh Indonesia. Semoga rencana hebat ini bisa segera terlaksana agar Indonesia menjadi negara yang lebih dihormati karena kekuatan militernya.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Mengenal Quinjet, Pesawat Canggih Marvel yang Dipercaya Bakal Tercipta di Masa Depan

5 Fakta Ini Jadi Bukti Kenapa Mudik Bisa Bikin Mati