Bagaimana pun, masing-masing daerah atau negara memang memiliki agama dan kepercayaan uniknya. Ada yang melakukan perayaan dengan hal yang tak biasa, namun ada pula sosok yang disembahnya lebih unik dari lainnya. Namun bagaimana lagi, pasalnya itu semua adalah sebuah kepercayaan individu, jadi kita harus menghormatinya.

Seperti yang terjadi di Caracas Venzuela, pasalnya di sana ada sosok tak terduga yang disembah. Alih-alih orang suci atau yang memiliki sisi religius yang tinggi, yang ada malah sosok penjahat yang dipuja layaknya dewa. Lalu kenapa bisa begitu? Simak ulasan berikut.

Altar dan patung penyembahan penjahat yang bikin bengong

Jika umumnya sebuah agama dan kepercayaan menyembah sosok yang dianggap lebih suci ketimbang manusia, namun ada yang berbeda di Venezuela. Alih-alih yang dipuja itu adalah orang sakti atau hal suci lainnya, yang ada malah para penjahat serta bandit yangt dianggap layaknya dewa.

Para patung yang dipuja [sumber gambar]
Tak sampai di situ, bahkan sampai ada patung serta altar pemujaannya sendiri yang dibangun untuk mereka sehingga banyak orang bisa memohon perlindungan atau berdoa kepadanya. Usut punya usut, tradisi yang dilakukan di daerah bernama Caracas ini sudah ada bahkan sejak dulu dan sampai sekarang pun masih dilakukan, apalagi saat ada hari upacara khusus.

Layaknya sebuah patung suci, banyak orang membawa persembahan

Dinamakan Santos Malandos, mereka dikultuskan layaknya patung orang suci (santos) lainnya. Umumnya penduduk yang memuja para bandit dan kriminal ini berasal dari masyarakat miskin atau yang dulu sempat mengalami kemelaratan. Pada hari-hari besar, para Santos Malandos ini diberikan perawatan serta perayaan khusus untuk menghormati serta mengharap adanya berkah buat para penduduk yang ada di sana.

Diperlakukan seperti dewa [sumber gambar]
Tak hanya itu, bahkan sesembahan pun disediakan untuk para patung bandit ini, mulai minuman keras, rokok atau pun narkoba. Memang agak nyeleneh sesajen buat para penjahat yang disembah ini, namun ternyata barang-barang itu adalah yang disenangi mereka semasa hidup.

Bukan penyembahan biasa, ada sejarah panjang hingga mereka dipuja

Ternyata bukan tanpa alasan kalau penjahat Santos Malandos ini dipuja di Caracas. Usut punya usut, mereka bukanlah penjahat yang lekat dengan tindak kriminal dan kekerasan seperti yang selama ini kita bayangkan. Justru mereka melakukan perampokan pada orang-orang kaya yang bertindak curang kemudian hasilnya dibagikan untuk mereka yang membutuhkan.

Ceritanya mirip Robin Hood [sumber gambar]
Bisa dibilang kalau para Santos Mandalos ini ibarat Robin Hoodnya Venezuela. Jadi bukan hal yang aneh kalau kebanyakan yang melakukan pemujaan itu adalah orang-orang dengan kelas menengah ke bawah, pasalnya merekalah yang pernah ditolong oleh sosok yang dianggapnya suci itu.

Ismael Sanchez, Si Robin Hood sejati dari Venezuela

Kalau bicara mengenai Santos Mandalos, maka sosok yang paling cocok mewakilinya adalah Ismael Sanchez. Bagaimana tidak, pasalnya sosoknya lah yang paling mewakili sebagai Robin Hood sejati dari Caracas Venzuela. Kisahnya sudah melegenda dan sering didengar oleh banyak orang.

Kisah Ismael Sanchez [sumber gambar]
Jadi bukan hal yang aneh kalau patungnya selalu dibuat lebih bagus ketimbang yang lain serta dilabeli nama sendiri. Apalagi kalau mengingat kalau sosok ini dulu adalah sang kepala bandit yang memang memiliki posisi yang disegani. Namun akhir hayatnya bisa dibilang tragis lantaran harus meregang nyawa lantar ditembak oleh salah satu polisi.

Meskipun dianggap nyeleneh, namun tak dapat dipungkiri kalau ada nilai yang terkandung di dalamnya. Terlepas dari benar atau tidak apa yang dilakukan oleh penduduk Caracas ini, kita tak boleh menilai sesuatu dari satu sudut pandang. Ya, semua harus dihargai dengan baik.