in

5 Kondisi Tubuh yang Kerap Ditandai dengan Sakit Perut Sebelah Kiri, Jangan Parno Dulu

Sakit perut kiri atas [sumber gambar]

Selain sakit kepala, sakit perut menduduki peringkat atas sebagai keluhan yang menyebabkan seseorang mencari pertolongan medis. Gejala-gejala “sakit perut”, “kram perut”, “melilit”, dan “nyeri perut” juga menjadi kata kunci yang paling banyak dicari di Google. Sayang, kebanyakan dari hasil googling itu akan mengacu pada penyakit-penyakit yang berbahaya dan membuat parno dan takut.

Sakit perut sebelah kiri juga sering sekali dirasakan oleh banyak orang. Namun, jangan parno dulu ya guys. Kamu harus mengetahui hal apa saja yang menjadi sebab sakit perut ini. Yuk, simak dalam ulasan Boombastis.com di bawah ini.

Sakit perut sebelah kiri atas

Sakit perut kiri atas [sumber gambar]
Penyebab sakit perut sebelah kiri disesuaikan dengan lokasi, kualitas, dan jenis nyeri serta intensitasnya. Untuk kamu yang merasa sakit perut sebelah kiri, boleh jadi karena beberapa sebab. Pada bagian atas perut terdapat organ seperti pankreas, ginjal kiri, dan limpa, lambung, serta usus besar. Namun, sakit perut bagian kiri itu tak berarti bahwa kamu memiliki gangguan organ seperti yang sudah disebutkan. Sakit perut atas juga bisa berarti bahwa seseorang sudah terlampau lapar atau juga bisa maag.

 Sakit perut kiri bawah

Sakit perut kiri bawah [sumber gambar]
Untuk kamu yang merasa sakit perut bagian bawah, maka bisa berarti adanya gangguan pada beberapa organ ini. Bisa jadi seseorang terkena radang usus, gangguan pada ginjal, serta kista ovarium. Namun, tidak hanya sakit perut bagian bawah saja ya, untuk radang usus biasanya diikuti dengan diare dan darah pada tinja. Sedangkan penyakit ginjal, ada gejala lain yang menyertai seperti demam, mual, nyeri di pangkal paha, dan muntah. Bila sakit berulang, maka coba langsung periksakan dirimu ke dokter.

Usus buntu, ini paling sering terjadi

Sakit perut [sumber gambar]
Sebab sakit perut sebelah kiri yang cukup populer di masyarakat adalah usus buntu. Usus buntu ini sering dikaitkan dengan sakit pada bagian kiri atau kanan pada perut. Gejala utamanya adalah rasa nyeri yang sering datang dan pergi. Rasa nyeri ini dapat berawal dari pusar, lalu bergerak ke bagian kanan bawah perut. Namun, posisi nyeri dapat berbeda-beda, tergantung pada usia dan posisi dari usus buntu itu sendiri. Kalau sudah sangat parah, usus buntu ini diatasi dengan cara operasi. Namun, untuk yang masih ringan, bisa sembuh dengan hanya konsumsi anti-biotik.

Hernia atau turun berok

Sakit perut karena hernia [sumber gambar]
Penyakit hernia ini umum disebut dengan turun berok di masyarakat. Hernia berarti organ di dalam tubuh keluar dari posisi asalnya atau merosot. Hal ini akan menyebabkan perut terasa sakit di sebelah kiri. Seorang penderita hernia bisa mendapatkan penyakit ini karena terlalu sering mengangkat beban berat, menumpuknya cairan dalam rongga perut, serta mengejan terlalu keras saat buang air. Hernia bisa diatasi dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat, berolahraga rutin, serta operasi yang menjadi jalan terakhir.

Infeksi kandung kemih

Infeksi saluran kencing [sumber gambar]
Yang tak kalah sering terjadi adalah sakit perut bagian kiri atau kanan yang disebabkan karena infeksi saluran kandung kemih. Hal ini bisa terjadi karena seringnya menahan kencing dalam waktu yang lama, serta kurang minum air putih. Selain perut terasa sakit, akan terasa nyeri saat pipis, serta air kencing yang tidak keluar dengan lancar. Infeksi ini bisa diobati dengan antibiotic dan obat dokter.

BACA JUGA: Jangan Takut Kram Perut Saat Menstruasi, Ini Cara Jitu Mengakalinya Agar Harimu Tidak Suram

Nah, jika kamu mengalami beberapa gejala di atas, tak usah parno dulu ya. Kalau memang sakit berlanjut terus menerus, maka jalan yang paling benar adalah pergi berobat ke dokter.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

5 Usaha Makanan Artis ‘Paling Niat’, Bukti Mereka Tak Hanya Jualan Nama Saja

4 Tokoh Anak Muda ‘Difabel’ yang Punya Peran Penting di Indonesia