Orang jaman sekarang mah, makan disambi main smartphone, berkendara juga sambil lirik handphone, bahkan mandi pun ada juga yang masih bawa-bawa benda itu. Saking tergantungnya dengan smartphone, pas benda satu itu hilang dari pandangan pasti langsung kelabakan.

Memang sih, smartphone memudahkan kita dalam komunikasi maupun informasil. Termasuk saat liburan, benda ini seperti kantong doraemon yang bisa menyediakan banyak hal. Mulai dari info perjalanan, booking hotel, navigasi, mencari kuliner terlezat, bahkan mencari pom bensin terdekat. Namun di samping itu, keberadaan smartphone bisa membuat kita sibuk pada hal-hal yang nggak penting sehingga perjalananmu bisa saja malah terganggu. Nah, coba deh liburan tanpa smartphone. Meski awalnya aneh, tapi dalam perjalanannya beberapa hal hebat ini bakalan kamu rasakan lho. Apa saja itu, yuk  simak.

Unconnect gadget, biar connect sama yang deket

Kebersamaan keluarga [image: source]
Nggak bisa dipungkiri ya, adanya smartphone kadang membuat orang yang jauh jadi dekat. Tapi sayangnya, orang-orang yang dekat malah seakan jauh karena masing-masing sibuk dengan gadgetnya. Karena itu, liburan tanpa smartphone bisa jadi salah satu cara untuk kembali merekatkan hubungan kamu dengan sahabat, keluarga, atau orang-orang baru di sekitarmu. Tentunya, keakraban ini nggak bakal terganggu sama ramainya notifikasi sosial media.

Artikel Lainnya
Sedang Menjadi Tren Make-Up Kekinian, Begini Fakta Terkait Freckles atau Kulit Berbintik Coklat
Dari Pujian Hingga Cacian, 4 Ragam Penyambutan Tim ‘Gagal’ Piala Dunia 2018

Terbebas dari hiruk pikuk informasi yang membingungkan

Ilustrasi berita hoax [image: source]
Bagi kamu yang hobi mengikuti berita di tanah air entah itu tentang politik, entertainment, atau lainnya, pasti tetap memburu informasi-informasi di tengah waktu luang saat berlibur. Namun tanpa kamu sadari, informasi-informasi tersebut kadang membuatmu marah, merasa nggak nyaman, atau malah penasaran. Sedikit banyak, hal ini bakalan nggaruh di mood kamu. Nah, liburan tanpa smartphone bakal membawamu sejenak bebas sebebas-bebasnya

Fokus penuh pada liburan, nggak sibuk karena hal sepele seperti cari colokan atau Wi-Fi

Ilustrasi mencari charger [image: source]
Kamu pasti pernah deh misal pas liburan ke pantai, tiba-tiba bingung sebab handphone mati. Akhirnya, bukannnya menikmati indahnya pemandangan pantai dan segarnya berenang bersama orang-orang terdekat, kamu malah sibuk ke sana ke mari mencari colokan. Sayang banget kan, liburanmu nggak bakalan memuaskan.

Menikmati perjalanan antimainstream yang menantang

ilustrasi perjalanan menantang [image: source]
Sadar atau enggak, travelling orang kekinian saat ini cenderung bergantung dengan smartphone ketimbang sosialiasasi dengan orang baru di sekitar. Kalau dulu nih, orang-orang bakalan turun dari mobil atau kendaraan untuk sekedar bertanya jalan ke tempat liburan, kini peran itu digantikan oleh smartphone. Nggak cuma itu, booking hotel, tiket dan lain-lain juga digantikan benda ajaib ini. Lha, melakukan hal seperti ini bakal membuat liburanmu datar dan gitu-gitu aja. Mencoba liburan tanpa smartphone bakalan membuatmu lebih mandiri, dan pastinya akan lebih banyak interaksi dengan orang di sekitar wilayah travelling. Tentu, hal ini lebih menyenangkan bukan ketimbang mantengi handphone yang gitu-gitu aja.

Nggak sibuk pamer foto-foto di Facebook

Selfie [image: source]
Fenomena pamer di sosial media belakangan ini nggak hanya dilakukan oleh anak muda, tapi emak-emak bapak-bapak  pun nggak ketinggalan. Baru jalan beberapa meter dari rumah, upload foto dengan caption “jalan-jalan dulu”, di tengah jalan upload “kemacetan yang terjadi”. Setelah itu, sepanjang perjalanan pasti kamu sibuk mantau siapa yang like atau komentar. Nah, kalau sudah gini maka orang-orang di sekiarmu bakalan nggak kamu hiraukan. Pun juga dengan destinasi yang jadi nggak menarik sebab kamu lebih fokus ke gadget.  Karena itu, tidak menyertakan gadget saat perjalanan bisa jadi solusi keren agar kamu nggak pamer-pamer foto dan bisa menikmati destinasi wisata dengan lebih baik.

Memiliki waktu untuk mengenal secara jujur diri sendiri

Ilustrasi [image: source]
Barangkali bukan rahasia bahwa setiap orang ingin tampil keren di sosial media. Karena itu nggak heran bila kamu berlomba-lomba berpenampilan menarik, kece, dan lainnya. Ada juga orang-orang yang sampai membeli smartphone terbaik, baju terbaik, untuk menunjang penampilannya di dunia maya. Tapi jika direnungkan lagi, tampil yang kebanyakan orang bilang ‘keren’ bisa jadi bukan hal yang nyaman untuk kita. Simplenya, hal itu bukan sesuatu yang membahagiakan. Kita hanya berpura-pura demi feed instagram yang bagus. Karena itu, perlu juga bagimu untuk sejenak melepas gadget dan menemukan sebenar-benar dirimu, dan apa yang kamu inginkan.

Membuktikan bahwa kamu bisa survive tanpa smartphone

Kompas [image: source]
Sesekali bepergian tanpa smartphone ada baiknya juga buat kamu. Tanpa benda ini, justru otak kamu akan lebih maksimal bekerja dan nggak hanya bergantung pada smartphone. Kamu juga mengecek tingkat keberanian dan daya tahanmu sendiri. Seberapa kamu kuat melakukan mencapai tempat-tempat tertentu dengan kemampuanmu.

Belajar menikmati kehidupan warga di pinggiran nusantara

Kehidupan tanpa listrik [image: source]
Boro-boro mau mainan internet, saudara-saudari kita yang ada di pedalaman dan di penggiran negeri ini loh dapat listrik saja sudah untung. Sesekali jalan-jalan tanpa smartphone bisa kamu coba untuk merasakan kehidupan mereka. Untuk apa? Agar kita bisa lebih bersyukur guys.

Melatih kemampuan membaca peta dan mengikuti petunjuk jalan

Ilustrasi melihat kompas dan peta [image: source]
Kamu boleh deh ketawa dengan poin yang ini. Tapi buktinya, nggak semua orang tahu cara membaca peta dan mengikuti petunjuk jalan. Mereka selama ini ngerasa pinter padahal cuma ngikuti suara petunjuk dari Google Maps “5m dari sekarang belok kanan”. Nah, tanpa smartphone kamu bisa mencoba seberapa mampu kamu membaca peta atau menafsirkan petunjuk yang ada di dalamnya. Kalau yakin bisa, jangan lupa buktikan ya.

Sesekali kamu mesti cobain deh jalan-jalan tanpa smartphone biar liburanmu nggak gitu-gitu aja. Pasti nantinya kamu bakal merasakan sensasi liburan yang nggak bakal terlupakan. Jadi, berani nggak nih mau coba guys?