5 Rumah Tradisional Terunik di Dunia

oleh Alfry
08:20 AM on Nov 19, 2014

Kita semua tahu bahwa di dunia ini banyak sekali suku bangsa dengan tradisi yang beraneka ragam. Mereka juga memiliki gaya arsitektur yang unik dalam membangun rumah tradisional mereka. Meski kini zaman sudah modern, namun tidak sedikit dari mereka yang tetap mempertahankan model bangunan tradisional sebagai tempat untuk mereka tinggali.

Baca Juga :Inilah Para Seleb Cantik yang Masuk Agama Islam

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

Rumah-rumah tradisional ini biasanya memiliki makna sendiri dalam setiap pembangunannya. Makna tersebut merujuk pada kegunaan, fungsi sosial dan juga arti budaya yang mengilhami pemberian motif dan corak bangunan. Beberapa rumah tradisional di dunia memiliki keunikan dilihat dari segi model, fungsi dan juga bahan-bahan yang digunakan untuk membangunnya. Berikut 5 rumah tradisional terunik yang ada di dunia.

1. Mbaru Niang, Rumah Tradisional di Desa Wae Rebo Flores yang Mendunia

Indonesia terkenal dengan negara yang memiliki lebih dari seribu suku bangsa sehingga tak heran jika di negara ini juga memiliki banyak jenis rumah tradisional. Salah satunya adalah rumah tradisional Mbaru Niang yang berada di desa Wae Rebo, Flores. Rumah ini termasuk rumah paling unik di dunia dan telah mendapatkan penghargaan tertinggi kategori konservasi warisan budaya dari UNESCO Asia Pasifik pada tahun 2012.

Mbaru Niang, Rumah Tradisional di Desa Wae Rebo Flores (c) mobgenic.com
Mbaru Niang, Rumah Tradisional di Desa Wae Rebo Flores (c) mobgenic.com

Bangunan ini terdiri dari 5 tingkat yang kesemuanya ditutupi atap yang berbentuk kerucut. Tingkat pertama disebut lutur atau tenda adalah tempat tinggal bagi penghuninya. Tingkat kedua, lobo atau loteng digunakan untuk menyimpan bahan makanan dan barang. Tingkat ketiga adalah lentar yang berfungsi menyimpan benih jagung dan tanaman lain untuk bercocok tanam. Tingkat keempat, lempa rae yaitu tempat menyimpan stok cadangan makanan. Dan tingkat terakhir, hekang kode, yaitu tempat menyimpan sesajian untuk para leluhur.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA