Sebagai manusia kebutuhan akan sandang, pangan dan papan tentu sangat penting. Untuk masalah papan atau hunian sendiri pada awalnya manusia hanya menetap dan tinggal di dalam gua. Kini tren untuk membuat rumah bawah tanah mulai mencuat kembali. Hal ini didasarkan pada makin tingginya tingkat pertumbuhan penduduk dunia tiap tahunnya, sehingga kebutuhan akan tempat tinggal makin tak terelakkan.

Baca Juga: 5 Fakta Mengejutkan Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Antartika

Rumah bawah tanah sendiri tidak selalu identik dengan rumah masa depan atau kuburan lho ya. Ide membuat konsep rumah semacam ini didasarkan atas penerapan gaya hidup rumah yang ramah lingkungan, yang artinya akan meminimalisir penggunaan energi. Nah, berikut ini jajaran rumah ramah bawah tanah yang menakjubkan dan ramah lingkungan pastinya.

1. Rumah Kasat Mata di Druidstone, Wales

Tidak seperti rumah-rumah bawah tanah pada umumnya yang didesain sedemikian rupa namun tetap tampak pintu masuk menuju ruangan bawah tanah. Pintu rumah ini tidak mudah terlihat dari permukaan. Rumah dengan sebutan Malator ini berada di Wales dan dipercaya sebagai suatu maha karya dari arsitektur Wales itu sendiri.

Malator Rumah Kasat Mata di Druidstone, Wales
Malator Rumah Kasat Mata di Druidstone, Wales

Rumah ini dirancang oleh perusahaan arsitektur Future System dan dibangun di atas bukit sehingga memiliki atap berupa rerumputan dengan cerobong asap baja plus pemandangan alam sekitar yang indah sekali. Dengan model arsitektur seperti itu rumah ini nampak sekali mirip dengan rumah tokoh kartun Teletubies. Keren bukan.

Selanjutnya : 2. Rumah Tersembunyi di Lower Silesia, Polandia

2. Rumah Tersembunyi di Lower Silesia, Polandia

Hidden House atau rumah tersembunyi yang berada di Lower Silesia, Polandia ini pada dasarnya berawal dari banyaknya terowongan panjang yang terdapat di daerah itu sehingga menjadi titik awal munculnya ide mendesain hunian tersembunyi di bawah tanah.

Rumah Tersembunyi di Lower Silesia, Polandia
Rumah Tersembunyi di Lower Silesia, Polandia

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa gua berfungsi sebagai tempat tinggal pada jaman dahulu dan dihuni dalam jangka waktu yang panjang. Rumah tersembunyi ini juga berada di dalam tanah dan hampir mustahil untuk dilihat dari luar sebab bagian atap rumah ini didesain sedemikian rupa menjadi sebuah taman yang subur dengan rerumputannya menutupi pintu sebagai akses masuk ke dalam rumah.

Selanjutnya : 3. Flower Petals Rumah Berbentuk Bunga Petals di Bolton, Inggris

3. Flower Petals Rumah Berbentuk Bunga Petals di Bolton, Inggris

Ide pembangunan rumah unik satu ini berasal dari mantan kapten Manchester United, Gary Neville. Ia memiliki rencana membangun sebuah rumah ramah lingkungan yang berada di Bolton, Inggris dengan desain rumah bawah tanah. Rumah inipun rencananya akan memiliki model arsitektur yang unik yaitu berbentuk kelopak bunga yang sedang mekar.

Flower Petals Rumah Berbentuk Bunga Petals di Bolton, Inggris
Flower Petals Rumah Berbentuk Bunga Petals di Bolton, Inggris

Sedianya rumah ini dibangun dengan luas sekitar 3000 meter persegi, namun rencana itu nampaknya terhalang oleh ijin dari dinas perencanaan kota setempat yang tidak mengeluarkan ijin pendirian rumah. Rumah yang akan dibangun ini rencananya memiliki empat kamar tidur dengan kaca menghadap keatas agar cahaya matahari dapat masuk langsung ke rumah sehingga lebih hemat energi.

Selanjutnya : 4. Rumah Hobbit di Vals, Swiss

4. Rumah Hobbit di Vals, Swiss

Rumah Bawah tanah yang mirip sekali dengan model rumah di film The Hobbit dirancang oleh SeArch dan Christian Muller Architects. Berada di Vals, Swiss rumah ini terkenal karena dilengkapi dengan pemandian air panas dan menawarkan pula pemandangan yang luar biasa.

Rumah Hobbit di Vals, Swiss
Rumah Hobbit di Vals, Swiss

Rumah ini sangat cocok untuk dihuni sebab lokasinya yang dibangun di bawah tanah maka memiliki keuntungan tersendiri, khususnya pada bidang energi. Betapa tidak, penghuni rumah ini tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pemanas ruangan saat musim dingin maupun pendingin ruangan saat muasim panas tiba.

Selanjutnya : 5.Estate Lattenstrasse, Dietikon, Swiss

5.Estate Lattenstrasse, Dietikon, Swiss

Masih dari Swiss, satu lagi rumah dengan desain di “perut bumi”. Di bangun oleh Vetsch Architektur rumah ini terdiri dari 9 rumah yang saling berhubungan. Untuk menghubungkan rumah satu dengan lainnya digunakan tangga yang mengarah ke ruang bawah tanah. Bahkan rumah ini memiliki garasi bawah tanah yang luas.

Estate Lattenstrasse, Dietikon, Swiss
Estate Lattenstrasse, Dietikon, Swiss

Tanah di atas bangunan ini berfungsi mengisolasi dan melindungi rumah dari hujan, suhu ekstrim, angin dan juga abrasi. Dan trik ini terbukti sangat jitu sehingga kenyamanan penghuni di dalamnya pastilah terjamin.

Selanjutnya : 6. Rumah Gua di Festus, Missouri

6. Rumah Gua di Festus, Missouri

Jika rumah-rumah sebelumnya dibangun di kawasan perbukitan, rumah yang satu ini memanfaatkan fenomena alam asli yaitu berupa gua yang disulap menjadi tempat tinggal. Meski begitu rumah ini mempunyai desain yang modern dan hemat energi tentunya. Berada di Festus, Missouri Rumah Gua ini dibangun di dalam gua batu pasir alam, dindingnya terbuat dari batuan gua yang dibiarkan alami agar terlihat lebih futuristik.

Rumah Gua di Festus, Missouri
Rumah Gua di Festus, Missouri

Rumah gua ini diarsiteki oleh Sleeper dan Deborah, dan berkat mendapatkan pemanasan dari dalam bumi rumah inipun menjadi hemat energi tanpa membutuhkan tungku untuk memanaskan suhu ruangan. Ruangan ini juga sebelumnya dimanfaatkan sebagai tempat konser sebelum akhirnya dilelang dan dijadikan hunian pribadi.

Setelah membaca ulasan rumah-rumah bawah tanah yang manakjubkan, adakah diantara Anda yang berencana membangun rumah dengan tipe serupa? Sangat unik bukan jika memilikinya suatu saat nanti.

Baca Juga Yuk: 5 Minuman Jorok Berharga Sangat Mahal