Keberadaan 5 Rumah Adat Indonesia Ini Hampir Punah

oleh Febri
11:25 AM on Jun 8, 2015

Indonesia tidak hanya kaya karena laut dan tambang-tambangnya saja, tapi juga karena keunikan dan ciri khas budayanya yang beragam, termasuk juga rumah yang berbeda suku, berbeda juga bentuk dan ciri rumah adatnya.

Selamatkan-Rumah-Adat-Indonesia

Baca Juga
Inilah 4 Kisah Pria Beruntung 2017, yang Berhasil Bikin Bule “Ngebet” Nikah
Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah

Rumah-rumah adat tersebut juga tak bisa dipandang sebelah mata hanya karena tampilannya yang sederhana, kenyataanya rumah tersebut sangat layak untuk dihuni dan berfungsi dengan baik. Tapi sayang, gerusan bangunan modern seakan menjadi ancaman bagi keberadaan rumah tradisional. Beberapa rumah adat bahkan sudah sulit ditemui dan nyaris punah, 5 rumah adat berikut ini contohnya.

1. Rumah Adat Bumbungan Lima

Permasalahan utama penyebab rumah adat terancam punah adalah semakin sedikitnya para ahli yang bisa membuat rumah tradisional, karena memang masyarakat saat ini jauh lebih menyukai rumah bergaya modern, daripada rumah khas yang menjadi identitas suku bangsanya sendiri.

Rumah Adat Bengkulu
Rumah Adat Bengkulu [imagesource]
Nasib seperti ini juga dialami oleh rumah tua bubungan lima yang menjadi identitas Bengkulu, yang unik dari rumah ini adalah Anda akan menemukan doa-doa adat yang terukir di tiang rumah ini untuk mendoakan penghuninya. Saat ini jumlah rumah ini bisa dihitung dengan jari, salah satunya adalah rumah Ibu Fatmawati Sukarno.

2. Rumah Panggung Jambi

Kata siapa Indonesia tidak punya kota istana seperti yang ada di China? Pada zaman dahulu saat kerajaan melayu Jambi berjaya, Anda akan menemukan sebuah bangunan kota yang terstruktur dengan baik. Salah satu yang mengisi kota ini adalah rumah panggung jambi yang sangat khas.

Rumah Adat Jambi
Rumah Adat Jambi [imagesource]
Rumah ini berbentuk panggung persegi panjang 12 meter x 9 meter dengan 30 tiang penyangga. Anda akan menemukan rumah seperti ini di kampung Lamo, Suku Bathin di Rantau Panjang. Mereka masih mempertahankan adat istiadat budayanya termasuk juga rumah tradisional.

3. Rumah Adat Mamasa

Kunjungilah kabupaten Mamasa dan Anda akan menemukan suatu keunikan, yaitu rumah tradisionalnya yang nyaman. Sama dengan rumah adat lainnya di negeri ini, keberadaannya kini juga sulit ditemui. Hanya orang-orang pedalaman yang masih bertahan menggunakan rumah Mamasa.

Rumah Adat Mamasa
Rumah Adat Mamasa [imagesource]
Bentuknya hampir mirip dengan rumah adat Toraja. Bangunan ini terdiri dari empat jenis sesuai dengan status sosial penghuninya, yang paling tinggi adalah Banua layuk yang dihuni oleh ketua adat hingga yang paling rendah dihuni oleh masyarakat biasa.

4. Rumah Adat Karo

Sangat disayangkan sekali apabila harta berharga negeri ini yang berupa rumah-rumah adat dan benda-benda tradisonal malah berakhir di museum, karena telah punah dan tak ada yang menggunakannya lagi. Rumah adat karo di Sumatra Utara ini contohnya.

Rumah Adat Karo
Rumah Adat Karo [imagesource]
Justru keberadaan rumah adat seperti ini malah dijadikan tujuan wisata menarik, Anda akan menemukan rumah karo di desa Lingga,Kabupaten Karo. Rumah yang ada disini terjaga keaslianya sejak ratusan tahun yang lalu dan masih berdiri kokoh. Ini adalah bukti bahwa rumah adat yang terlihat sederhana, juga tak kalah kuat dengan bangunan dari batu bata dan semen

5. Rumah Adat Kudus

Mempertahankan sebuah rumah adat tradisional ditengah-tengah gempuran bangunan modern seperti mall dan ruko seakan-akan hal yang mustahil dilakukan, apalagi di pulau Jawa ini. Hampir setiap suku di Jawa memiliki rumah khasnya masing-masing. Mulai dari Banten, hingga Jawa Timur, termasuk juga Kudus.

Rumah Adat Kudus
Rumah Adat Kudus [imagesource]
Bahkan rumah adat dalam jumlah kecil yang sudah dijadikan cagar budaya oleh pemerintah setempat, malah beralih fungsi dan dipindah tangankan karena alasan ekonomi. Dari yang semula berjumlah 68 kini berkurang menjadi 64, sungguh miris sekali.

Itulah 5 rumah adat Indonesia yang saat ini terancam punah, perlu kesadaran penuh untuk melestarikannya agar bisa tetap dinikmati dan tidak hanya menjadi kenangan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA