in

Menjelajahi Keunikan Route 66, Jalan Darat Terpanjang di Amerika yang Penuh Pesona

Route 66 [image source]

Jika Indonesia memiliki jalur Pantura yang merupakan jalan panjang yang menghubungkan banyak kota, maka Amerika memiliki Route 66. Jalanan ini memiliki panjang sekitar 3.940 kilometer dan membentang di 8 negara bagian seperti California, Arizona, Texas, dan Oklahoma. Route 66 kerap disebut sebagai Mother Road karena merupakan jalan utama yang dibangun pada tahun 1926.

Jalanan ini melewati kawasan hutan, bukit, gunung, padang pasir, dan masih banyak lagi penampakan alam yang unik. Tidak heran, di sepanjang jalan Route 66 muncul berbagai destinasi menarik yang sangat unik untuk dijelajahi. Dan berikut keunikan dari Route 66 yang membuatnya terus terkenal hingga kerap dijadikan lokasi syuting film.

Cadillac Ranch – Texas

Seperti yang telah dikatakan di awal, kawasan Route 66 selalu menyajikan sesuatu unik, bahkan membuat banyak orang penasaran. Pada bagian jalan yang berada di Texas ini misalnya. Kamu bisa menemukan deretan mobil Cadillac kuno yang sengaja dikubur separuh hingga mirip mobil yang nyungsep ke dalam tanah. Setidaknya ada 10 mobil yang dijajar secara rapi sejak tahun 1974 dan bertahan hingga sekarang.

Cadillac Ranch [image source]
Cadillac Ranch [image source]
Pada event-event tertentu, deretan mobil yang sejatinya merupakan karya seni ini akan dicat dengan aneka warna. Dari kejauhan akan tampak sangat unik hingga membuat banyak pengendara berhenti untuk mendekat dan mengambil foto. Cadillah Ranch sudah menjadi trademark jalanan di Texas sehingga siapa saja yang lewat kawasan ini akan berhenti sejenak untuk mengaguminya dari dekat.

Painted Desert – Arizona

Route 66 juga melewati kawasan padang pasir di Arizona. Sepanjang jalan kamu akan menemukan bukit-bukit batu yang berwarna coklat dan abu-abu dan beberapa gradasi warna lainnya. Jika dilihat dari kejauhan terutama saat senja tiba, kawasan padang pasir ini akan mirip sekali dengan lukisan alam yang sangat memukau. Bahkan kamu akan dengan senang hati menghabiskan memori kamera untuk mengabadikan momen ini.

Painted Desert [image source]
Painted Desert [image source]
Painted Desert terletak di kawasan Petrufield Forest dan juga Grand Canyon yang sudah kondang keindahannya. Ketika melewati kawasan Painted Desert, biasanya akan banyak orang menunggu senja agar keindahannya yang terkenal itu bisa langsung ditangkap oleh mata tanpa harus melihatnya dari gambar.

Shea’s Gas Station Museum – Illionis

Kalau kamu melihat serial TV Amerika dengan seting jalanan Route 66, pasti akan menemukan tempat-tempat seperti rest area lengkap dengan bom bensinya. Di salah satu kawasan Illionis yang dilalui oleh Route 66 juga memiliki hal itu. Bahkan, diubah menjadi sebuah museum yang sangat unik hingga membuat siapa saja jadi penasaran dan ingin melihatnya secara langsung.

Shea’s Gas Station Museum [image source]
Shea’s Gas Station Museum [image source]
Shea’s Gas Station Museum menyimpan banyak sekali memorabilia dari pom bensin di masa lalu. Semuanya masih autentik berasal dari awal pembangunan Route 66. Kamu bisa melihat kotak telepon umum, rambu-rambu lalu lintas, foto, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pom bensin di masa lalu.

Wigman Motel

Wignam Motel adalah sebuah hotel dengan bentuk kerucut dan mirip sekali dengan rumah tradisional para Indian. Motel ini dibangun di tujuh tempat berbeda di Amerika dengan konsep seperti desa kecil. Saat ini hanya tersisa 3 dari Wigman Motel yang mampu bertahan dan menjadi salah satu kawasan bersejarah di Amerika.

Wigman Motel [image source]
Wigman Motel [image source]
Wigman Motel dibangun pada tahun 1930-1940-an. Motel ini menjadi daya tarik dan selalu dibanjiri oleh pengunjung setiap hari. Lambat laun Wigman Motel terutama di kawasan Route 66 menjadi kawasan bersejarah yang menjadi saksi bisu peristiwa-peristiwa besar di kawasan Amerika.

Inilah beberapa keunikan di kawasan jalan Route 66 yang sangat fenomenal itu. Kalau Sobat Boombastis kebetulan sedang berada di Amerika, sempatkan untuk menjelajahi Route 66 paling tidak sekali seumur hidup.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Proxima B, Planet Kembaran Bumi yang 100 Persen Aman untuk Ditinggali

Tanda-Tanda Kiamat dari Berbagai Agama Ini Membuktikan Hari Akhir Sudah Dekat, Bersiaplah!