Trending

Fakta Rosmini Pengemis Viral, Tinggal di Jalanan Belasan Tahun hingga Diduga ODGJ

Beberapa waktu lalu, viral sebuah video yang memperlihatkan seorang pengemis karena aksinya yang dianggap meresahkan. Terlihat seorang pengemis yang meminta uang sebesar Rp1 juta, namun ia marah-marah karena tidak diberi uang sebesar yang ia minta.

Ternyata, ia sudah kerap melakukan hal tersebut, di mana ia meminta-minta kepada orang lain, tapi akan marah jika tidak diberi. Hal ini tentu menjadi keresahan tersendiri bagi warga, terutama di Jawa Barat. Namun, ternyata belakangan diketahui bahwa ibu tersebut sudah lama tinggal di jalanan dan diduga merupakan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ. Berikut ulasan selengkapnya.

Ternyata Warga Bandung

Rosmini viral karena aksinya marah setelah tidak diberi uang 1 juta [Sumber Gambar]
Setelah aksinya yang meresahkan dan viral, pengemis tersebut diamankan oleh Satpol PP dan Dinas Sosial (Dinsos) pada hari Senin (29/4) di Kota Bogor. Melihat KTP yang dibawanya, perempuan bernama Rosmini ini ternyata ia merupakan Desa Margaasih, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Ia diketahui sudah tinggal di sana sejak tahun 2002, namun diungkapkan pengurus RT tempat tinggal Rosminii, ia sudah tidak pernah terlihat sejak tahun 2010. Sedangkan pada tahun 2014, rumah yang ditinggali Rosmini sudah dijual.

Sudah Cerai dari Suami dan Suaminya Meninggal Dunia

Tinggal di jalanan selama belasan tahun [Sumber Gambar]
Menurut pihak RT setempat, dulu Rosmini tinggal di rumah yang kini sudah dijual tersebut, bersama dengan suaminya. Sang suami merupakan seorang pegawai BUMN, dan keduanya memiliki anak-anak. Namun, ia dan suami sudah bercerai dan dikabarkan bahwa mantan suami Rosminii sudah meninggal dunia. Sedangkan anak-anak mereka tidak diketahui keberadaannya, karena mereka merupakan pendatang. Sempat dikatakan bahwa kemungkinan anak-anak Rosmini dititipkan di kakek nenek mereka.

Dirawat di Rumah Sakit Jiwa

Dirawat di RSJ [Sumber Gambar]
Pihak Dinsos juga memastikan bahwa Rosmini sudah tidak tinggal sesuai alamat KTP selama 14 tahun lamanya. Dikatakan Rosmini sudah hidup di jalanan dengan berpindah-pindah dari kota ke kota di area Jawa Barat. Setelah ditelusuri, ternyata Rosmini masih memiliki keluarga di Bogor dan Lampung. Dikatakan keluarganya akan menemui Rosmini. Selain fakta mengenai ia masih memiliki keluarga, ternyata Rosmini memiliki penyakit diabetes. Ia juga terindikasi gangguan jiwa. Oleh karena itu, Pihak Dinsos Kota Bogor membawa Rosmini ke Rumah Sakit Jiwa Marzuki Mahdi Bogor untuk melakukan perawatan.

BACA JUGA: Dapat 45 Juta sampai Punya Aset Miliaran, 3 Pengemis Kaya Ini Bikin Pegawai Kantoran Nangis

Meski sempat meresahkan warga Jawa Barat, namun di balik itu ada kisah pilu tentang hidup Rosmini. Ia harus menjalani hidup yang berat hingga tinggal di jalanan selama belasan tahun.

Share
Published by
H

Recent Posts

Pecahkan Rekor! Brigjen Aulia Dwi Nasrullah Jadi Jenderal Bintang 1 Termuda

Belakangan nama Brigadir Jenderal (Brigjen) Aulia Dwi Nasrullah menjadi sorotan publik karena prestasi yang ia…

1 week ago

Sejarah Panjang Sepatu BATA, Setia Temani Langkah Masyarakat Indonesia

Masyarakat Indonesia dikagetkan dengan berakhirnya produksi Pabrik Sepatu BATA yang bermarkas di Purwakarta, Jawa Barat.…

1 week ago

Virzha Tiba-Tiba Menikah, Banyak Netizen Salfok dengan Istri yang Begitu Cantik

Patah hati tampaknya tengah dialami para fans juara ketiga Indonesian Idol musim ke-8 sekaligus vokalis…

3 weeks ago

4 Fakta Timnas Indonesia Masuk Semifinal, Larangan Nobar hingga Kalah dari Uzbekistan

Masyarakat Indonesia sedang berbahagia dan bangga terhadap Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang baru saja menorehkan…

3 weeks ago

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

3 weeks ago

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

3 weeks ago