Jika ada sebuah daftar yang membahas negara-negara paling misterius di dunia, maka nama Korea Utara jelas bakal masuk ke dalamnya. Seperti yang kita tahu, negara satu ini memang sangat enggan membuka diri dan lebih suka terisolasi daripada bersosialisasi. Ibarat rumah, Korut adalah hunian yang pagarnya tinggi sekali dan tak pernah terbuka. Meskipun demikian, Korut perlahan mulai membuka tabirnya.

Ya, Korut hari ini bisa dibilang jauh lebih terbuka daripada ketika masih dipimpin oleh Kim Il Sung atau anaknya Kim Jong Il. Lantaran keterbukaan ini, akhirnya misteri Korut pun pelan-pelan terkuak pula. Salah satunya adalah tentang Room 39. Ruangan ini dipercaya sebagai tempat super rahasia di mana Kim Jong Un merencanakan dan melakukan aksi-aksi edannya. Macam memonopoli uang di Korut sampai melancarkan aksi-aksi kriminal terorganisir.

Pihak Korut sendiri tak pernah ngaku soal keberadaan Room 39 ini. Namun, khalayak percaya jika Kim memang memiliki ruang maut tersebut. Lalu, seperti apa sih sesungguhnya Room 39 itu? Ulasan berikut akan memberimu jawabannya.

Room 39 Jadi Tempat Paling Rahasia di Dunia

Ada begitu banyak tempat di dunia ini yang sangat disembunyikan dan dilarang untuk dikunjungi. Misalnya saja Area 51-nya militer Amerika atau Data Center milik Google. Nah, Room 39 ini pun sama. Ia jadi tempat yang sangat rahasia dan terlarang untuk disambangi.

Dugaan lokasi Room 39 [Image Source]
Dugaan lokasi Room 39 [Image Source]
Menurut kabar, hanya orang-orang tertentu yang bisa memasuki ruang rahasia ini. Bangunan fisiknya sendiri juga didesain sedemikian rupa sehingga benar-benar tersembunyi dan susah diakses. Kabarnya, Room 39 berada di daerah Pyongyang dan berdekatan dengan kediaman Kim Jong Un.

Aktivitas Haram di Room 39

Meskipun sangat rahasia, namun ada banyak berita soal Room 39 ini. Kabar mengatakan jika ruangan ini adalah kamar operasional untuk segala macam aktivitas haram yang dilakukan Kim Jong Un dkk. Diketahui, di dalam Room 39 ini sang pemimpin Korut itu melakukan sejumlah kejahatan macam pencucian uang, transaksi ilegal, serta produksi narkotika.

Ilustrasi pencucian uang [Image Source]
Ilustrasi pencucian uang [Image Source]
Tak hanya itu, di sini juga jadi ajang transaksi senjata-senjata gelap, kemudian dipakai juga untuk mengontrol sekitar 130 perusahaan milik Kim Jong Un. Kabarnya lagi, dari tempat ini saja Kim bisa mengantongi miliaran dolar. Diduga uang-uang yang dihasilkan Kim dari Room 39 ini adalah untuk membiayai program-program nuklirnya.

Sejarah Room 39

Meskipun hari ini dioperasikan dan dikepalai oleh Kim Jong Un, tapi Room 39 sendiri sudah ada sejak lama. Tepatnya di zaman Kim Il Sung, sang kakek. Diduga Room 39 ini dibangun pada tahun 70an dan secara khusus memang difungsikan untuk tujuan-tujuan di atas.

Kim Il Sung pencipta Room 39 [Image Source]
Kim Il Sung pencipta Room 39 [Image Source]
Diketahui, dulu ada juga ruangan yang bernama Room 38 yang dibangun pada masa Kim Jong Il, ayah Jong Un. Namun, dengan alasan tertentu kemudian ia menggabungkan ruang ini dengan Room 39 dan jadilah seperti sekarang ini. Soal nama, sama sekali tidak tahu kenapa Kim Il Sung menamai ruangan tersebut dengan Room 39. Namun, yang jelas nama itu mengandung arti tertentu.

Pemerintah Korut Menyangkal Keberadaan Room 39

Sejak pemberitaan pertamanya, Room 39 ini jadi perbincangan banyak orang. Sayangnya, itu bukan sesuatu yang baik karena Room 39 ini seolah jadi bukti kekejaman nyata sang diktator. Dan setelah dicerca dengan berita-berita soal Room 39 ini, akhirnya pemerintah Korut angkat bicara.

Korut menyangkal keberadaan Room 39 [Image Source]
Korut menyangkal keberadaan Room 39 [Image Source]
Ya, mereka mengatakan jika ruang rahasia macam ini tak pernah ada dan hanya fantasi sebagian orang saja. Mendengar pernyataan ini tentu saja tak semua orang langsung percaya. Bahkan ada yang menganggap statement itu adalah langkah untuk mengaburkan pandangan orang-orang dari ruang rahasia yang sangat penting bagi Kim itu.

Seperti inilah Room 39, tempat super rahasia di mana seorang Kim Jong Un melakukan aksi-aksi edannya. Agak susah dipercaya sih soal eksistensi ruangan ini, mengingat Korut sendiri secara keseluruhan adalah tempat yang misterius. Tapi, kalau melihat kekejian yang dilakukan Kim Jong Un, mungkin saja tempat rahasia ini memang ada.