Walaupun Ronaldo dan Messi menjadi Idola di jagad sepak dunia saat ini. Nama Ronaldinho pastinya melekat di hati dan juga pikiran kita semua. Sebagai pesepakbola dunia, pemain yang sudah memutuskan pensiun memang tidak sehebat kedua pemain terbaik dunia saat ini itu. Namun pria asal Brasil merupakan pemain yang selalu dicintai. Tidak seperti Ronaldo atau Messi, mantan pemain Barcelona ini terkenal tak pernah punya musuh (heters).

Ketika banyak mendebatkan siapa yang terbaik antara Ronaldo dan Messi, orang akan langsung mengiyakan apabila Ronaldinho yang jadi terhebat. Menjadi sosok friendly dan selalu menjunjung respect terhadap lawan menjadikan pria 38 tahun itu selalu dihormati. Bahkan melalui aksi hebatnya di atas lapangan sepak bola jauh lebih indah untuk ditonton. Kisah hebat Ronaldinho, tentunya tidak hanya mengenai hal tersebut. Beberapa ulasan di bawah ini juga menunjukkan bagaimana dirinya.

Sikapnya penuh canda menjadi daya pikat ia selalu di cinta

Pemain penuh canda [Sumber Gambar]
Senyum menjadi suatu hal yang tidak pernah terlepas dari pesepakbola 37 tahun ini. Hampir dalam semua pertandingan Ronaldinho menunjukkannya ke semua penonton, rekan, dan juga lawan. Berkat senyum inilah dirinya terlihat selalu menikmati sepak bola layaknya anak kecil. Suasana yang selalu dihadirkannya menjadikan ia selalu di cinta. Bahkan dirinya tidak pernah mempunyai musuh meski sudah berganti klub berkali-kali. Lantaran hal ini juga dirinya menjadi pemain pertama Barcelona yang mendapatkan standing ovation dari suporter Madrid yang sebenarnya adalah musuh bebuyutan.

Mampu menghidupkan sepak bola dengan aksi di luar nalar

Skill Ronaldinho [Sumber Gambar]
Magic, itulah kata yang pas untuk menggambarkan pria memiliki rambut gondrong ini. Tumbuh besar dari sepak bola jalanan Brazil, Dinho kecil seperti telah diwarisi skill yang luar biasa. Hal inilah yang pada akhirnya membuatnya  selalu mampu melakukan sihir di atas lapangan. Bagi pecinta bola kemampuan hebatnya acap kali membuat orang sok dan kaget. Lantaran semuanya dilakukan di luar nalar  dan juga pikiran. Salah satu momen yang paling memukau adalah golnya ke gawang klub Inggris Chelsea. Saat itu dirinya dikawal lima orang pemain tim asal London tersebut, tapi berkat kejeliannya ia tetap mampu mencetak gol.

Sikap respect terhadap lawan dan kawan menjadikan ia hebat

Dihormati pemain lain [Sumber Gambar]
Selain memiliki kemampuan olah bola yang aduhai dirinya terkenal memiliki sikap respect yang tinggi. Hal ini ditunjukkannya dari kebiasaan selalu menaruh hormat kepada pemain lain. Sikap luar bisa inilah yang menjadikannya hampir bisa dikatakan tidak memiliki musuh. Sebagai pemain sepak bola ia juga terkenal mempunyai jiwa sosial tinggi, dengan ikut beberapa pertandingan amal yang diselenggarakan PBB. Bahkan ia kini mempunyai sekolah bola gratis yang ditunjukkannya kepada anak-anak miskin di negara Brasil.

Pernah menawarkan diri gratis untuk tim asal Brazil

Bermain untuk laga amal [Sumber Gambar]
Selain memiliki sikap hormat kepada pesepak bola lain, ia juga pernah menawarkan diri gratis untuk bermain dengan klub Brasil Chapecoense. Saat itu tim yang identik dengan kostum warna hijau tengah berduka lantaran ditinggal para pemainnya dalam kecelakaan pesawat. Hal tersebut membuat Dinho tergerak hatinya dan menawarkan diri untuk mengganti pemain yang jadi korban itu secara gratis. Meski akhirnya belum sempat bergabung, namun hal ini menunjukkan kepada kita kalau olahraga ini bukan hanya sekedar menendang bola atau meraih penghargaan saja.

Semua gelar bergengsi di dunia ini sudah dimiliki

Pemain terbaik dunia [Sumber Gambar]
Sebagai pesepakbola dunia karier pria Brasil ini bisa dikatakan luar biasa. Hal ini lantaran hampir semua trophy bergengsi dunia pernah ia menangi, dari mulai Piala Dunia, Liga Champions dan juga beberapa gelar Individu. Prestasi hebat mantan pemain AC Milan ini. dimulai saat ia berseragam Barcelona. Bersama tim asal Catalan tersebut Dinho mampu menjadi raja Eropa dan sabet penghargaan pemain terbaik dunia. Sebagai pemain asal daerah miskin Brasil, dirinya memang dianugrahi bakat olah bola yang luar biasa.

Sebelum tubuh subur nama Ronaldo dan Messi di atas rumput sepak bola. Ronaldinho lah yang menjadi pemain terhebat di dunia ini. Melalui dirinya kita dapat belajar bagaimana persaingan di sepak bola bukan untuk memecah belah, tapi juga dapat digunakan untuk memperkuat sikap hormat ke sesama orang. Hal ini juga semakin menunjukkan apabila olahraga ini dapat digunakan untuk perdamaian dan persatuan.