Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri

Kadang hilangnya nyawa bisa karena hal-hal kecil.

oleh Aisyah Putri
16:00 PM on Mar 6, 2017

Rok adalah bagian dari fashion cewek yang tidak pernah kehilangan peminat, khususnya muslimah. Rok panjang, bisa jadi bagian sehari-hari dari seorang cewek muslim. Selain karena terlihat lebih sopan, rok juga membuat penampilan cewek lebih feminin dan elegan.

Selain rok, ada satu hal yang terkadang menjadi bagian kehidupan perempuan yang tidak bisa dipisahkan, yaitu sepeda motor. Bagi perempuan muda, khususnya mahasiwa, sepeda motor bisa jadi satu-satunya kendaraan yang bisa mereka tumpangi untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Sayangnya, dua bagian kehidupan perempuan di atas bisa menyebabkan kecelakaan yang fatal jika digunakan secara bersama-sama. Ya, mengenakan rok saat berkendara menggunakan sepeda motor sama berbahayanya dengan lupa mengecek rem kendaraan sebelum berangkat. Akibatnya bisa sangat mengerikan.

Baca Juga
Bak Romeo dan Juliet, 5 Pasangan Ini Meninggal Dunia dengan Tragis
Saat Nyawa di Ujung Tanduk, Ini 7 Cara Selamatkan Diri Dari Bencana Gedung Runtuh

Membuat Tubuh Kita Tidak Seimbang

Kelihatannya nggak berpengaruh, tapi rok bisa bikin sepeda motor kehilangan keseimbangan [Image Source]
Rok, khususnya jika terbuat dari bahan yang ringan dan lebar sangatlah mudah terbawa angin. Jika kita menggunakannya saat naik sepeda motor, rok kita akan terbawa angin dan membuat tubuh kita tidak seimbang. Padahal, kunci dari mengendarai sepeda motor adalah keseimbangan tubuh.

Rawan Terbuka

Rok bikin kita hilang konsentrasi di jalan [Image Source]
Angin tidak hanya membuat kita susah menyeimbangkan tubuh, tetapi juga membuat rok kita mudah terbuka. Kalau sudah begini, kita akan repot menutupi rok supaya tidak berkibar. Padahal, kita harus konsentrasi penuh di jalanan. Berusaha menutupi rok hanya akan membuat konsentrasi kita terpecah dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Bisa Tersangkut Roda atau Kipas

Mau rok kesayanganmu bernasib seperti ini? [Image Source]
Bagi yang belum mengalami mungkin akan mengangap ini mitos. Padahal, sudah banyak kasus rok panjang tersangkut di roda atau kipas sepeda motor yang letaknya tepat di bawah jok. Rok yang tersangkut membuat sepeda motor berhenti tiba-tiba dan terjatuh. Sebagai pengendara, kita juga ikut terjatuh. Berbeda dengan jatuh dari sepeda motor biasa, kita tidak akan bisa berdiri atau jauh-jauh dari sepeda motor sampai rok kita berhasil dilepaskan. Dalam banyak kasus, rok yang tersangkut susah untuk dilepas sehingga harus dipotong. Sudah jatuh, rok kesayangan kita pun harus rela digunting. Sedih, kan?

Membahayakan Orang Lain

Berpakaian syari bukan alasan untuk mengabaikan keselamatan [Image Source]
Menggunakan rok yang lebar saat bersepeda motor tidak hanya membahayakan diri kita sendiri, namun juga orang lain, khususnya saat kita dibonceng orang lain. Menggunakan rok membuat kita harus duduk menyamping di jok belakang. Pengendara biasanya akan kesulitan dalam menyeimbangkan sepeda motornya jika penumpang di belakang duduk menyamping. Potensi untuk terjatuh sangatlah besar. Kalau sudah begini, kan kasihan mereka yang sudah susah-susah bonceng. Bukannya bisa mengantarkan dengan selamat, dia juga ikutan jadi korban.

Menggunakan rok memang bisa bikin kita terlihat lebih cantik dan lucu. Tapi kalau membahayakan nyawa kita dan orang lain, apa masih harus digunakan? Lebih baik gunakan celana jika kamu sering wawa-wiri dengan sepeda motor . Jika memang tidak mau mengenakan celana, kamu bisa pilih rok dengan potongan yang tidak terlalu lebar dan berbahan berat seperti denim. Ikat bagian bawah rok atau gunakan peniti supaya rok tidak mudah berkibar.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren! Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia
BACA JUGA