5 Robot Hebat Buatan Indonesia ini Menjadi Bukti Jika Bangsa Ini Mulai Maju

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Feb 5, 2016

Untuk masalah teknologi terutama robotika, Indonesia mungkin masih kala jauh dengan Amerika atau pun Jepang. Namun bukan berarti bangsa ini tak bisa membuat robot kan? Apalagi dewasa ini banyak sekolah-sekolah dan kampus mulai membuat klub robotika untuk mengenalkan teknologi robot kepada siswa. Selain di sekolah dan kampus, saat ini banyak klub robotika hadir secara mandiri untuk mengenalkan teknologi kepada masyarakat secara umum.

Hingga sekarang, Indonesia sudah banyak membuat robot-robot hebat yang bisa berguna untuk bidang militer dan juga industri. Di bawah ini adalah contoh robot hebat yang sudah dibuat oleh Indonesia. Mari kita simak bersama-sama.

Baca Juga
Inilah 4 Kisah Pria Beruntung 2017, yang Berhasil Bikin Bule “Ngebet” Nikah
Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah

1. Robot Gegana

Robot Gegana adalah robot yang dibuat oleh Tim Penjinak bom, Gegana Brimob, Polri. Robot ini diciptakan untuk menjinakkan bom dari jarak jauh. Dengan menggunakan robot ini risiko terkena ledakan bom akan menurun dengan sangat dratis. Bahkan Gegana tak perlu terlalu mendekat ke lokasi dan cukup menggerakkan robotnya dari jauh.

Robot Gegana untuk menjinakkan bom [image source]
Robot Gegana untuk menjinakkan bom [image source]
Selain kemampuan untuk menjinakkan bom seperti robot MK2 buatan Kanada. Robot ini juga memiliki persenjataan yang bisa digunakan untuk menembak. Selain itu, robot Gegana ini juga mampu menarik benda hingga seberat 70 kg.

2. Robot Tempur TNI AD

Sebelum Polri melalui Gegana membuat robot yang mampu menjinakkan bom. TNI AD di Malang mampu membuat sebuah prototype robot tempur yang menyerupai miniatur sebuah tank. Robot ini mampu dikendalikan hingga jarak 1 km dari pusat kendali. Artinya, untuk perang jarak jauh, robot ini akan sangat berguna.

Robot tempur TNI AD [image source]
Robot tempur TNI AD [image source]
Oh ya, robot ini mampu menarik beban hingga 150 kg meski memiliki dimensi yang cukup mini. Robot tempur ini hanya memiliki panjang 1,5 meter dan lebar 0,5 m. Robot Tempur milik TNI AD ini mampu bergerak dengan kecepatan 60 km/jam dan energinya berasal dari dua baterai 36 volt yang ditanamkan di dalamnya.

3. MoroLipi

Selain robot Gegana yang diciptakan oleh Polri. Indonesia juga memiliki salah satu robot hebat yang difungsikan sebagai penjinak bom. Robot ini dibuat oleh LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sebagai salah satu proyek untuk pengembangan robotika di Indonesia agar semakin maju.

MoroLipi robot penjinak bom buatan LIPI [image source]
MoroLipi robot penjinak bom buatan LIPI [image source]
MoroLipi dibuat prototype pertama kali di tahun 2004. Sejak saat itu, penyempurnaan demi penyempurnaan terus terjadi hingga yang terbaru dirilis pada tahun 2010. Pihak LIPI yang mengembangkan robot ini mengatakan jika harga robot MoroLipi jauh lebih murah dari robot impor sejenis yang unik mencapai 1 miliar rupiah.

4. Beater 2.3 Robot Pemadam Api

Setiap tahun, salah satu universitas di Indonesia menyelenggarakan kontes robot yang memadamkan api. Kontes ini diikuti oleh banyak kampus besar di Indonesia untuk berlomba-lomba menunjukkan kehebatannya merakit sebuah robot pemadam api yang unik, canggih, dan mampu melakukan tugas dengan baik.

Robot pemadam kebakaran Beater 2.3 [image source]
Robot pemadam kebakaran Beater 2.3 [image source]
Salah satu robot yang mampu memenangkan kontes ini adalah Beater 2.3 yang dikembangkan oleh mahasiswa Universitas Sultan Agung. Ke depannya robot ini akan dikonteskan lagi dan mungkin akan dikembangkan ke bentuk yang lebih besar dan mampu membantu tugas dari pemadam kebakaran.

5. Aurora

Aurora adalah robot hebat lain yang mampu dibuat oleh pemuda di Indonesia. Robot Aurora diciptakan oleh seorang bernama Yohanes Surya dengan mencontoh salah satu kendaraan tempur miliki Amerika. Aurora pertama kali diperkenalkan ke publik saat ada pameran di The Biggest Premiere Exhibition in Indonesia.

Robot Aurora yang mirip sekali dengan kendaraan tempur Amerika [image source]
Robot Aurora yang mirip sekali dengan kendaraan tempur Amerika [image source]
Robot Aurora dilengkapi peralatan hebat seperti Airsoft Gun yang bisa digunakan untuk menyerang. Selain itu robot ini juga memiliki bodi yang sangat kuat, hingga kemungkinan besar mampu bertahan jika digunakan di medan pertempuran.

Nah, terbuktikan jika Indonesia sebenarnya sudah mampu membuat beberapa robot yang hebat. Ke depannya jika ada pembinaan yang jauh lebih baik, bukan tak mungkin robot ciptaan Indonesia akan semakin canggih dan mampu digunakan untuk membantu kehidupan manusia di negeri ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA